6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit

Lapangan pekerjaan memang menjadi masalah serius dibelahan dunia manapun saat ini. Semakin hari, lapangan pekerjaan yang tersedia jumlahnya semakin menurun. Kondisi ini membuat angka pengangguran juga semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berbagai macam faktor yang dituding menjadi penyebab lapangan pekerjaan semakin sedikit kini mulai bermunculan dan menjadi isu hangat pembicaraan banyak orang.

Di Indonesia sendiri, jumlah lapangan pekerjaan yang semakin sedikit membuat pemerintah kalang kabut. Selain menyebabkan kesenjangan sosial, tidak tersedianya lapangan kerja dapat menyebabkan tingginya angka kriminalitas yang terjadi akibat faktor ekonomi. Jika dibiarkan terus menerus, lapangan kerja yang semakin sedikit dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi sebuah negara yang akan berdampak buruk pada perkembangannya.

6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit

Berbagai upaya pencegahan pun dilakukan demi meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan. Mulai dari membuat program-program strategis hingga menggandeng investor asing agar membuka lapangan kerja di Indonesia. Upaya ini nampaknya masih jauh dari harapan dimana para pengangguran masih terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini juga diperparah dengan banyaknya pencari kerja yang tiap tahun terus mengalami peningkatan.

Ini 6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit

Setiap permasalah yang timbul, pasti ada penyebab yang melatarbelakanginya. Begitu juga dengan masalah ketersediaan lapangan pekerjaan yang semakin sedikit. Masalah yang serius ini membawa dampak sangat buruk terhadap kondisi sebuah negara. Jika dikaji dan ditelaah lebih jauh, ternyata ada banyak sekali faktor penyebab kenapa lapangan pekerjaan semakin sedikit dari hari ke hari. Berikut ini adalah 7 faktor penyebab lapangan pekerjaan semakin sedikit.

Pekerjaan Digantikan Teknologi

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang mulai hilang. Bahkan diprediksi bahwa 65% pekerjaan formal di masa depan akan hilang. Bukan sengaja dihilangkan, namun akan tergantikan oleh teknologi. Sebagai contoh adalah penjaga gerbang tol, dahulu ada banyak sekali pekerja yang berjaga selama 24 jam. Namun kini pekerjaan ini sudah diambil alih oleh teknologi sehingga peran manusia sudah tidak lagi dibutuhkan.

Kualitas SDM Yang Kalah Saing

Faktor penyebab lain kenapa lapangan lapangan kerja semakin sedikit adalah karena kualitas SDM yang kalah saing. Kualitas SDM dari sebuah negara sangat menentukan banyaknya lapangan pekerjaan. Jika kualitas SDM tersebut tidak layak, maka lapangan pekerjaan yang ada bisa jadi diambil dan dikuasai oleh SDM dari luar negeri. Ini adalah faktor yang jarang disadari oleh masyarakat namun justru mereka terlalu banyak menyalahkan perintah.

Minimnya Pencipta Lapangan Kerja

Minimnya lapangan pekerjaan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh pencari kerja yang jumlahnya jauh lebih banyak. Namun, lapangan kerja yang sedikit juga dipengaruhi oleh faktor minimnya pencipta lapangan kerja. Dalam hal ini yang dimaksud adalah orang-orang yang mau menjalankan usaha. Semakin banyak wirausaha di suatu negara, maka peluang terciptanya lapangan pekerjaan juga semakin meningkat. Pencipta lapangan kerja yang sedikit ini jadi satu faktor penyebab lapangan pekerjaan semakin sedikit di Indonesia.

Jumlah Pencari Lapangan Kerja Meningkat

Ketika di suatu negara terjadi penurunan jumlah lapangan pekerjaan, penyebab yang pertama ditudingkan adalah jumlah pencari kerja yang jauh lebih banyak daripada lapangan kerja yang tersedia. Kondisi seperti ini memang benar adanya karena membuat jumlah lapangan pekerjaan menjadi semakin sedikit. Jika ini masalahnya, seharusnya pemerintah lebih gencar melakukan pembinaan kepada mereka yang tidak kebagian lapangan pekerjaan untuk menjadi wirausahawan.

Baca Juga:
  1. 8 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat
  2. 12 Hal Yang Dapat Membuat Generasi Milenial Jadi Lebih Sukses 
  3. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya

Tidak Mendapat Edukasi Sejak Dini

Harus di akui bahwa pendidikan profesi masih sangat minim di Indonesia. Kebanyakan profesi yang dikenalkan kepada siswa hanya sebatas pekerjaan formal. Padahal diluar sana ada banyak sekali profesi non-formal seperti pengusaha, seniman, pedagang, eksportir dan lain-lain yang dapat berpotensi membuka serta menambah lapangan kerja bagi orang lain. Kurangnya edukasi sejak dini terkait profesi menjadi salah satu faktor penyebab lapangan pekerjaan semakin sedikit.

Tingginya Tuntutan Upah Minimun

Faktor terakhir yang jadi penyebab lapangan kerja menjadi semakin sedikit adalah tingginya tuntutan upah minimun. Jika para pekerja pada suatu negara mematok upah minimum yang tinggi namun tidak dibarengi dengan kualitas SDM maka akan semakin berkurang perusahaan yang mau berinvestasi di negara tersebut. Mereka pasti tidak ingin rugi secara operasional hanya untuk membayar gaji karyawan yang kualitasnya biasa saja. Hal ini dapat membuat kesehatan finansial perusahaan jadi memburuk.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai faktor penyebab kenapa lapangan pekerjaan semakin sedikit. Sebenarnya lapangan pekerjaan yang semakin sedikit tidak akan terjadi jika adanya keseimbangan antara pencipta lapangan  pekerjaan dan pencari kerja. Lapangan pekerjaan yang sedikit memang bisa jadi masalah serius jika dibiarkan. Namun bagaimanapun juga, kualitas SDM itu sendiri ikut mempengaruhi kondisi tersebut.

6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit