-->

Ternyata Ini 7 Alasan Kenapa Setelah Menikah Banyak Cobaan

Kenapa setelah menikah banyak cobaan? Tentu pertanyaan semacam ini cukup sering terlintas dipikiran kamu yang masih berstatus sebagai pengantin baru. Ya, pada proses awal menikah pasti akan ada banyak masalah dan cobaan yang harus kalian lewati berdua. Berbagai macam masalah tersebut bisa saja datang dari luar maupun dari dalam rumah tangga kalian sendiri. Tapi jangan merasa paling susah sendiri, karena kondisi seperti ini rata-rata pernah dialami hampir semua orang setelah menikah.

Mulai tahun pertama bahkan hingga tahun kelima memang merupakan waktu paling berat untuk dijalani pasca pernikahan. Tak ayal banyak pasangan yang berpikiran kenapa setelah menikah banyak cobaan yang silih berganti datang menghampirinya. Bukan sekedar perasaan saja, namun memang benar begitulah kenyataannya. Supaya bisa naik kelas, jangan pernah menjadikan ujian ini sebagai penghalang untuk kalian melanjutkan kehidupan ke jenjang yang lebih tinggi.

Alasan Kenapa Setelah Menikah Banyak Cobaan

Seperti halnya anak sekolah yang akan melalui tingkatan demi tingkatan ke jenjang yang lebih tinggi dan sulit, kalian disini juga memiliki posisi yang sama. Maka dari itu, setiap cobaan setelah pernikahan harus dilalui bersama. Bertahan menjadi tim yang solid dengan pasangan akan membuat kehidupan kamu perlahan tapi pasti menjadi lebih baik lagi. 

Lalu Apa Saja Alasan Kenapa Setelah Menikah Banyak Cobaan?

Buat kamu yang mungkin saat ini masih berstatus pengantin baru, harus benar-benar kuat menghadapi kehidupan pasca menikah. Memang sih banyak pasangan yang kaget dengan kondisi ini karena gambaran mereka ketika awal menikah adalah kebahagiaan tanpa banyak tahu sisi sebaliknya. Lalu sebenarnya apa saja sih alasan kenapa setelah menikah banyak cobaan? Coba simak beberapa penjelasan berikut ini.

Proses Adaptasi Dengan Hal Baru

Alasan kenapa setelah menikah banyak cobaan yang pertama adalah adaptasi. Bagaimanapun juga kehidupan kamu ketika lajang dan setelah menikah akan sangat jauh berbeda. Maka dari itu kamu saat ini masih dalam tahap proses adaptasi dengan berbagai hal baru. Kamu harus adaptasi dengan lingkungan baru, suasana baru, budaya baru bahkan hingga kebiasaan baru. Beberapa hal mungkin akan menjadi kontradiksi. Inilah salah satu penyebab kenapa kehidupan menjadi lebih sulit.

Minimnya Perencanaan Pasca Menikah

Membuat perencanaan dalam hal apapun itu penting. Terlebih untuk menjalani kehidupan berumah tangga yang akan dijalani di sisa hidup. Minimnya perencanaan pasca menikah hanya akan membuat hidup dengan pasangan menjadi lebih sulit. Terlebih apabila kamu tidak pernah membuat rencana dan persiapan apapun dengan pasangan sebelum pernikahan berlangsung. Hal ini memang sangat sering diabaikan oleh para calon pengantin, padahal sangat penting dan tidak boleh terlewatkan.

Konsep Rumah Tangga Yang Tidak Jelas

Selain minimnya perencanaan pasca menikah, alasan lain kenapa setelah menikah banyak cobaan adalah konsep rumah tangga yang tidak jelas. Membangun rumah tangga sama seperti membangun sebuah bangunan. Maka kamu dan pasangan harus punya konsep seperti apa rumah tangga kalian akan berdiri. Bagaimana membangun pondasinya dan apa tujuan yang ingin dicapai. Banyak calon pengantin yang kurang paham sehingga mereka tidak pernah membicarakan konsep rumah tangga yang membuat arah dan tujuan menikah jadi tidak menentu.

Tanggung Jawab dan Tekanan Lebih Besar

Dalam hidup berumah tangga, kondisi yang dirasakan akan amat sangat berbeda dengan kehidupan ketika masih lajang. Disini kalian berdua memiliki tanggung jawab yang besar dalam memikul rumah tangga kalian secara mandiri. Tekanan akan menjadi jauh lebih besar baik dari dalam maupun luar rumah tangga itu sendiri. Terlebih berbagai tekanan itu bisa datang kapan saja dan dari siapa saja. Ini adalah salah satu alasan kenapa setelah menikah banyak cobaan dan berat.

Baca Juga:
  1. 7 Penyebab Stress Setelah Menikah Ini Sering Dialami Pengantin Baru
  2. Cewek Harus Tahu! Inilah 9 Ciri Pria Yang Siap Menikah
  3. Kenali 11 Tanda Cowok Kamu Sudah Mulai Bosan Menjalin Hubungan

Faktor Finansial Yang Belum Mapan

Salah satu alasan kenapa setelah menikah banyak cobaan adalah karena faktor finansial yang belum mapan. Pada kenyataannya hidup berumah tangga itu perlu biaya yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makan, perlengkapan sehari-hari, listrik, bensin dan lain sebagainya. Terlebih jika sudah punya anak, maka secara otomatis kebutuhan juga akan bertambah seperti untuk biaya persalinan, susu, popok, pakaian anak serta kebutuhan lainnya. 

Belajar Memahami Satu Sama Lain

Apabila kamu dan pasangan masih belum terlalu dalam dalam berkenalan, maka salah satu proses yang harus kamu lalui setelah menikah adalah belajar memahami satu sama lain. Proses ini lumayan sulit dan memakan waktu cukup lama. Selama proses ini berlangsung, kalian akan merasa berat dalam menjalani hidup karena adanya beberapa perbedaan baik itu dari segi pendapat, pikiran, pola pikir maupun kebiasaan. Terkadang ego yang sama-sama tinggi juga turut membuat proses ini menjadi lebih sulit.

Memulai Tingkat Kehidupan Yang Baru

Alasan terakhir kenapa setelah menikah banyak cobaan adalah tingkatan kehidupan yang lebih tinggi yang kamu lalui. Ibarat sekolah, menikah berarti kamu telah naik kelas satu tingkat lebih tinggi. Dimana pelajaran dan juga persoalan yang akan kamu dapatkan juga lebih sulit dari sebelumnya. Oleh karena itu, hidup akan terasa lebih susah terlebih lagi saat kamu dapat ujian. Satu-satunya cara untuk melewatinya hanyalah kerja sama yang baik dengan pasanganmu.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai alasan kenapa setelah menikah banyak cobaan. Buat kamu yang saat ini sedang stress akibat kondisi seperti ini, jangan putus asa ya. Kalian harus saling rangkul dengan pasangan supaya bisa melalui ini semua. Jadikan pasanganmu sebagai partner kerja sama dalam menghadapi masalah apapun. Lebih sering melakukan komunikasi dengan pasangan adalah salah satu cara terbaik dalam menghadapi sulitnya kehidupan.

Ternyata Ini 7 Alasan Kenapa Setelah Menikah Banyak Cobaan