Inilah 7 Alasan Kenapa Tetangga Kamu Suka Nyinyir

Dalam kehidupan bermasyarakat kita tidak bisa lepas dengan yang namanya tetangga. Tetangga menjadi orang terdekat dalam sebuah lingkungan karena lokasi rumahnya berada paling dekat. Namun, para tetangga disekitar kita memiliki sifat yang beragam. Ada yang baik hati, ada yang acuh, dan ada yang suka nyinyir. Namun diantara ketiganya yang paling membuat sebuah lingkungan jadi tidak kondusif adalah tetangga yang suka nyinyir.

Dalam bahasa gaul, nyinyir sendiri bisa diartikan sebagai orang yang banyak bicara namun konteks dan isi bicaranya bersifat negatif serta merugikan orang lain. Tetangga yang suka nyinyir biasanya suka mengumbar dan membicarakan aib orang lain kepada orang-orang disekitarnya atau teman kumpulnya. Biasanya mereka selalu suka mencari tahu atau biasa disebut kepo terhadap tetangganya yang lain untuk dijadikan bahan pembicaraan.

Inilah 7 Alasan Kenapa Tetangga Kamu Suka Nyinyir

Sifat nyinyir atau suka membicarakan aib orang lain ini merupakan salah satu penyakit hati yang akut dan dapat mempengaruhi orang lain. Jadi jika kamu memiliki tetangga yang suka nyiyir, sebaiknya jangan terlalu banyak berbincang dan memberikan informasi baik itu dirimu sendiri maupun keluargamu. Dampaknya, kamu sendiri bisa jadi korban nyinyir dan bahan pembicaraannya ketika kamu tidak ada.

Lalu Kenapa Ada Tetangga Yang Suka Nyinyir? Ini 7 Alasannya

Tetangga yang suka nyinyir biasanya tidak mendapatkan apa yang ia inginkan serta memiliki latar belakang yang buruk didalam keluarganya itu sendiri. Selain itu juga masih ada banyak faktor yang mempengaruhi mereka hingga suka membicarakan aib orang lain. Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa ada tetangga yang suka nyinyir yang harus kamu ketahui.

Iri Hati Kepadamu

Jika ada tetangga yang berbuat nyinyir kepadamu, itu merupakan salah satu tanda bahwa dia tidak suka dengan apa yang kamu miliki dan dan dapatkan saat ini. Ia ingin sekali jadi seperti kamu namun ketidak beruntungan justru memihak kepadanya. Pada akhirnya ia tidak suka melihat prestasi atau kesuksesan yang kamu raih. Ia merasa sakit hati dan menganggap hal itu tidak pantas kamu dapatkan. Tetanggamu nyinyir karena ingin menjatuhkanmu dengan cara yang jahat.

Hidupnya Tidak Bahagia

Salah satu alasan kuat kenapa seorang tetangga suka nyinyir kepada orang lain adalah hidupnya tidak bahagia. Kebahagiaan dalam keluarga dapat mempengaruhi kondisi psikologi seseorang. Orang yang sering bahagia didalam keluarganya sendiri pasti tidak akan pernah merebut kebahagiaan orang lain. Namun tetangga yang suka nyiyir bertolak belakang dengan hal tersebut. Didalam keluarga, ia tidak pernah merasakan kebahagiaan hingga pada akhirnya meluapkannya dengan cara membicarakan sisi negatif orang lain.

Kurang Mendapat Perhatian

Tetanggamu yang suka nyinyir juga bisa disebabkan oleh kurangnya perhatian yang ia dapatkan dari anggota keluarganya entah itu suami, istri, orang tua, atau anak. Kasih sayang dalam keluarga itu sangat penting untuk mempererat hubungan sedarah. Namun jika seseorang tidak mendapatkan itu didalam keluarga, akibatnya adalah kondisi psikologinya terganggu. Ia akan memiliki sifat jahat sehingga tidak suka tetangganya bahagia.

Tidak Memiliki Kesibukan

Seseorang yang tidak memiliki kesibukan akan berpotensi menjadi orang nyinyir. Jika ada tetanggamu yang suka nyinyir, mungkin dia juga tidak memiliki kesibukan sehingga mencari kegiatan salah satunya dengan membicarakan orang lain disekitarnya. Orang yang sibuk cenderung tidak memiliki waktu untuk nyinyir. Jangankan membicarakan orang lain, menyelesaikan pekerjaannya saja terkadang waktunya 24 jam sehari terasa masih kurang.

Baca Juga:

  1. 8 Tips Untuk Menghadapi Tetangga Yang Suka Nyinyir
  2. 8 Manfaat Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga
  3. 7 Tips Untuk Memilih Teman Yang Baik di Era Milenial


Memiliki Sifat Dasar Jahat

Satu hal yang dapat membuat seorang tetangga suka nyinyir adalah sifat dasarnya. Sifat dasar seseorang yang jahat akan membuatnya cenderung berbuat merugikan terhadap orang lain. Salah satunya dengan cara membicarakan keburukan atau nyinyir kepada orang lain. Tetangga yang suka nyinyir karena memiliki sifat dasar yang jahat akan sulit berubah untuk jadi lebih baik. Cara paling logis untuk menghindarinya adalah dengan menjauhinya.

Ingin Menutupi Kekurangannya

Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, alasan lain tetangga suka nyinyir adalah untuk menutupi kekuranggannya. Orang memiliki banyak kekurangan namun tidak ingin mengakuinya kepada orang lain cenderung lebih suka menutupinya dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menjatuhkan orang lain supaya ia terlihat lebih hebat melalui nyinyir dan menyebarkan hal buruk kepada orang lain.

Kurang Bersyukur

Salah satu kunci menikmati hidup adalah dengan bersyukur. Mensyukuri segala hal yang sudah diberikan oleh tuhan akan menambah kebahagiaan. Berbeda halnya dengan orang yang kurang bersyukur. Maka hidupnya akan jauh dari rasa bahagia. Ini bisa jadi alasan terakhir kenapa tetangga kamu suka nyinyir. Mungkin dia tidak bahagia dengan apa yang dimiliki karena kurangnya rasa syukur terhadap tuhan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa alasan kenapa tetangga kamu suka nyinyir. Tetangga yang nyinyir terkadang sulit untuk disembuhkan, malahan terkadang setiap hari semakin menjadi. Mereka menjadi nyinyir juga karena dilatarbelakangi oleh berbagai macam faktor. Ya mungkin salah satu alasan diantaranya sudah disebutkan diatas. Jika ada tetangamu yang nyinyir, sebaiknya kamu hindari dan jangan sering kontak dengannya.

Inilah 7 Alasan Kenapa Tetangga Kamu Suka Nyinyir