7 Langkah Sebelum Menyusun Skripsi Yang Perlu Dipersiapkan

Seorang mahasiswa yang ingin meyelesaikan studi strata satu (S1), maka diakhir masa kuliah ia harus menyusun sebuah karya tulis yang disebut skripsi. Sederhananya, skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang disusun secara terstruktur dan sistematis berdasarkan sebuah pedoman yang sudah ditentukan oleh masing-masing kampus. Proses mengerjakan skripsi bisa dibilang cukup sulit dan memakan waktu yang panjang. Maka dari itu seorang mahasiswa harus mematangkan beberapa langkah sebelum menyusun skripsi.

Dengan mematangkan langkah sebelum menyusun skripsi, seorang mahasiswa pasti dapat menyelesaikan karya ilmiah tersebut tepat waktu. Biasanya, untuk menyelesaikan sebuah skripsi diperlukan waktu selama beberapa bulan. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan dalam proses menyusun sehingga tidak dapat waktu untuk menyelesaikannya jadi molor. Hal ini mengakibatkan gelar wisuda juga tertunda.

Langkah Sebelum Menyusun Skripsi

Agar mudah dikerjakan, seharusnya skripsi disusun dari awal dengan memilih judul skripsi yang mudah dan cepat diselesaikan. Ini adalah salah satu langkah sebelum menyusun skripsi yang perlu dipersiapkan. Bagaimanapun juga, persiapan yang matang memang harus dibuat. Apalagi kamu akan menemukan berbagai macam masalah dan persolaan ditengah jalan yang dapat membuatmu menyerah atau putus asa.

Lalu, Apa Saja Langkah-langkah Sebelum Menyusun Skripsi?

Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa skripsi memang bisa menjadi sulit dikerjakan jika kamu tidak mampu mengatur langkah-langkah sebelum menyusun skripsi dengan baik dan benar. Terlebih skripsi yang kamu buat akan menjadi suatu maha karya baik itu buat kamu sendiri maupun untuk kampusmu. Jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang akan memulai proses skripsi, sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut ini mulai dari sekarang.

Banyak Melakukan Observasi di Lapangan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menyusun skripsi adalah banyak-banyak melakukan observasi atau pengamatan langsung di lapangan. Cara ini akan memberimu banyak informasi serta gagasan yang nantinya akan kamu butuhkan ketika proses pengerjaan skripsi sudah berjalan. Kamu dapat mengamati permasalahan yang berpotensi untuk kamu angkat menjadi tema atau topik pembahasan untuk skripsimu.

Sering Membaca Jurnal dan Artikel Ilmiah

Kedua, langkah menyusun skripsi ini bisa kamu mulai dengan sering-sering membaca jurnal dan artikel ilmiah. Kedua karya tulis ini hampir mirip dengan skripsi namun dibuat lebih ringkas dan tidak kompleks seperti halnya skripsi. Kamu dapat memperoleh jurnal dan juga artikel ilmiah di halaman-halaman web atau perpustakaan online berbagai kampus yang ada di Indonesia. Cara ini akan menambah daftar rujukan yang nanti akan kamu butuhkan.

Menganalisa Skripsi Dari Kakak Tingkat

Kemudian, kamu juga dapat melakukan analisa terhadap skripsi dari kakak tingkat sebagai salah satu langkah sebelum menyusun skripsi. Biasanya, skripsi dari kakak tingkat bisa kamu temukan di perpustakaan kampus baik itu dalam bentuk fisik atau digital. Cobalah untuk mengamati lebih dalam dari bab ke bab dan lembar ke lembar supaya kamu paham dan tahu seperti apa susunan skripsi yang nantinya akan kamu kerjakan.

Mengikuti Seminar Hasil Skripsi

Jika ada kesempatan, kamu juga bisa mengikuti seminar hasil skripsi dari kakak tingkatmu. Dari sini kamu akan mendapatkan banyak pengalaman yang seama ini tidak pernah kamu dapatkan dalam perkuliahan. Tidak hanya mengetahui lebih jauh tentang isi dan susunan skripsi, dengan mengikuti kegiatan seperti ini kamu juga akan paham seperti apa proses seminar hasil skripsi itu berlangsung. Ini penting buat kamu sebagai langkah sebelum menyusun skripsi.

Mengumpulkan Berbagai Macam Referensi

Sebelum benar-benar memulai proses skripsi, sebaiknya kamu persiapkan berbagai macam referensi sebanyak-banyaknya. Berbagai macam sumber referensi tersebut bisa kamu dapatkan dari skripsi, jurnal, artikel ilmiah, atau buku. Sebaiknya, kamu pilih sumber referensi yang masih relevan dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Langkah sebelum menyusun skripsi yang satu ini akan memudahkan kamu dalam mencari sumber rujukan saat proses penyusunan.

Baca Juga
  1. 6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai
  2. 9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah
  3. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya

Menggali Informasi Dari Dosen atau Alumni

Jangan pernah merasa hebat dan menganggap remeh skripsi. Karena kamu tidak akan pernah tahu apa saja halangan dan rintangan yang akan kamu temui nantinya. Sebaiknya kamu banyak-banyak bergaul dengan alumni atau dosen untuk menggali berbagai macam informasi terkait proses penyusunan skripsi. Dengan cara ini kamu akan punya banyak gambaran seperti apa proses skripsi itu. Dengan mempersiapkan langkah sebelum menyusun skripsi ini, jalanmu mungkin akan mudah.

Mempersiapkan Beberapa Judul Skripsi

Langkah terakhir sebelum menyusun skripsi yang perlu kamu persiapkan adalah membuat dan mencari beberapa judul skripsi. Judul-judul ini nantinya akan memudahkan kamu dalam mencari referensi yang sesuai. Selain itu, kamu juga akan memiliki banyak cadang judul lain ketika judul skripsi utama ditolak oleh dosen pembimbing. Jadi kamu sudah punya alternatif tanpa harus memikirkan judul lain yang bisa memakan waktu lama.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa langkah sebelum menyusun skripsi yang harus kamu persiapkan. Karena proses menyusun skripsi itu tidak mudah, maka kamu harus memiliki strategi dan pengetahuan yang lebih agar mampu menyelesaikannya. Selain persiapan yang matang, kebanyakan mahasiswa yang gagal dalam menyusun skripsi diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kedisiplinan, kerajinan, ketelatenan, kesabaran, kecermatan dan lain sebagainya. Untuk itu perisapkan segala yang akan kamu butuhkan sedini mungkin.

7 Langkah Sebelum Menyusun Skripsi Yang Perlu Dipersiapkan