10 Cara Sederhana Untuk Membentengi Diri Dari Virus Corona

Beberapa bulan terakhir, hampir seluruh negara di penjuru dunia sedang digemparkan dengan temuan virus terbaru yang diklaim berasal dari kota Wuhan, China. Corona Virus atau yang disebut COVID-19 itu menyerang lebih dari 200.000 orang dari berbagai negara. Dari keseluruhan jumlah kasus, 9.800 lebih diantaranya telah dinyatakan meninggal dunia, dan sebanyak 84.962 berhasil sembuh.

Di Indonesia sendiri, pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 309 orang, 15 diantaranya berhasil disembuhkan, dan 25 pasien lainnya dinyatakan meninggal dunia. Dengan terkonfirmasinya corona virus di Indonesia, beberapa masyarakat mengalami kepanikan yang luar biasa. Terlebih stok masker maupun cairan antiseptik sudah sangat sulit dijumpai.

10 Cara Sederhana Untuk Membentengi Diri Dari Virus Corona

Pemerintah dengan sigap mengeluarkan kebijakan guna mengurangi aktivitas penyebaran virus corona di Indonesia dengan melakukan Social Distancing. Masyarakat dihimbau untuk tinggal di rumah, tidak bepergian dan menjaga jarak dengan orang lain. Presiden Joko Widodo pun juga menghimbau untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

10 Cara Sederhana Untuk Membentengi Diri Dari Virus Corona

Dengan situasi dan kondisi wabah yang terus bergejolak, siapkah kamu untuk melawan virus korona bersama-sama? Lalu Bagaimana caranya? Simak tips-tips cerdik yang akan kita bahas di bawah ini.

1. Memakai masker

Memakai masker merupakan langkah sederhana yang juga harus dilakukan. Orang yang sehat dianjurkan memakai masker untuk mencegah virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh kita, sedangkan orang yang sakit memakai masker untuk mencegah virus kita menular ke orang yang sehat.Meskipun masker semakin sulit untuk ditemukan, dan harga masker pun di pasaran menjadi sangat mahal, bukan menjadi alasan kita untuk tidak melindungi diri.

Kamu bisa memakai masker kain yang bisa dicuci.  Belilah beberapa buah masker, lalu kamu bisa memakainya secara bergantian. Biasakan langsung mencuci masker yang sudah kamu gunakan agar tetap steril. Apabila kamu merasa belum aman, kamu bisa melapisi masker dengan tisu wajah.

2. Rajin mencuci tangan dan kaki

Membiasakan mencuci tangan dan kaki sebelum dan setelah melakukan aktivitas adalah hal yang paling mendasar dalam mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Cucilah tangan dan kaki menggunakan sabun dan air yang mengalir sesering mungkin. Misalnya, sehabis beraktivitas di luar rumah, cuci lah tangan dan kaki terlebih dahulu, baru masuk ke dalam rumah.

3. Mandi minimal 2x sehari

Membasuh seluruh tubuh setiap hari minimal2x sehari juga menghindarkan kita dari virus yang menempel pada anggota tubuh. Ada 2 tips menentukan jadwal mandi yang efektif untuk dilakukan. Pertama, apabila kamu beraktivitas dirumah saja maka mandilah pagi sesudah menyelesaikan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, dan sebagainya agar kita berada dalam keadaan bersih ketika beristirahat. Sama halnya dilakukan di sore hari. Mandilah sore setelah aktivitas atau pekerjaanmu selesai, dan istirahatlah dalam keadaan bersih.

Tips kedua, apabila kamu melakukan aktivitas/kerja di luar rumah maka mandilah di pagi hari sebelum kamu pergi bekerja. Sepulang bekerja, bergegaslah untuk mandi sebelum beristirahat di kamar maupun ruang keluarga. Dengan melakukan hal ini setiap hari, tentu akan meminimalisir masuknya virus ke dalam tubuh.

4. Rajin mengganti pakaian

Tips selanjutnya dalam mencegah virus corona adalah rajin mengganti pakaian setelah beraktivitas minimal setelah mandi di pagi dan sore hari. Virus dan kuman bisa menempel di permukaan tubuh maupun permukaan benda yang kita pakai. Dengan rajin mengganti dan mencuci pakaian kita, tentu akan membunuh virus yang menempel dan mencegahnya untuk berkembang biak dalam tubuh.

5. Membawa hand sanitizer ketika bepergian

Ketika kamu ada keperluan mendesak yang memaksa harus bepergian, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer sebagai alat pencegahan yang efektif dan praktis dibawa. Pakailah hand sanitizer sesering mungkin selama perjalanan.

6. Rajin membersihkan benda-benda yang sering kita gunakan

Seringkali kita mengabaikan persoalan yang satu ini, yakni membersihkan benda yang sering kita sentuh dan kita gunakan contohnya ponsel, laptop, gagang pintu, dsb. Bersihkan minimal 1 atau 2 kali sehari agar tetap aman kita gunakan setiap hari.

7. Tidak menyentuh area wajah sembarangan

Corona virus dapat masuk melalui hidung dan mulut. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak sembarangan menyentuh wajah. Bersihkan tangan kita terlebih dahulu sebelum membersihkan, atau menyentuh wajah kita, terlebih area hidung dan mulut. Pastikan tangan kita bersih dan steril, barulah dapat menyentuh area wajah dengan aman.

Baca Juga:
  1. Inilah 7 Alasan Kenapa Tetangga Kamu Suka Nyinyir 
  2. 7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan 
  3. 9 Cara Merawat dan Menggunakan Softlens Agar Tetap Aman Dipakai

8. Menghindari kerumunan

Seperti yang sudah disampaikan oleh pemerintah, saat ini kita dianjurkan untuk tidak mendatangi tempat-tempat yang banyak kerumunan/ramai. Kita juga dianjurkan untuk menjaga jarak dari satu orang ke orang lainnya untuk menghindari penularan virus melalui kontak manusia.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai corona virus, serta dapat mempermudah melacak orang-orang yang sudah terkena covid-19. Pemerintah menghimbau untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan mengurangi aktivitas yang berada di luar rumah. Tentu hal ini sangat efektif untuk membentengi diri kita dari paparan virus berbahaya.

9. Minum air mineral dan istirahat cukup

Sudah menjadi teori pasti bahwa minum air putih yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mendorong penyakit yang bersarang di dalam tubuh untuk keluar. Namun tidak lupa kita juga harus rajin berolahraga dan istirahat yang cukup untuk terus menjaga badan kita tetap fit. Kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin sekali dalam sehari. Dengan menerapkan hal tersebut dalam kehidupan , semakin kita bisa melawan virus jahat disekitar kita.

10. Pergi ke dokter jika sakit

Ketika kita merasakan badan kita sakit, maka jangan tunda dan ragu untuk menghubungi dokter yang terdekat dengan kita. Penting untuk mengetahui jenis penyakit dan cara pengobatan yang tepat. Ketika kamu bergerak cepat untuk ke dokter, mereka pasti akan memberikan penanganan yang terbaik untuk kesembuhanmu.

Penutup

Corona virus bukan lagi masalah yang sepele. Virus tersebut sudah menjadi polemik bagi sebagian besar negara di penjuru dunia. Covid-19 tersebut menyebar dan menular dengan sangat cepat sehingga ratusan ribu orang bisa terkena virus tersebut dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan tips-tips yang sudah kita sebutkan diatas, semoga dapat membentengi diri kita dari serangan virus berbahaya sehingga tetap sehat mulai sekarang hingga seterusnya.

10 Cara Sederhana Untuk Membentengi Diri Dari Virus Corona