Ubah Masalah Jadi Peluang Usaha? 6 Bisnis Ini Contohnya

Tidak selamanya mendirikan bisnis harus berdasarkan pada kesempatan yang ada. Namun ternyata kita juga dapat mengubah masalah jadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Di era modern seperti saat ini, sudah bisa kita temukan disekitar beberapa bisnis yang dijalankan sebagai solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah dalam kehidupan. Namun jumlahnya belum terlalu banyak karena kesadaran seorang pengusaha untuk memanfaatkan sebuah masalah menjadi peluang usaha.

Mengubah masalah jadi peluang usaha merupakan gagasan yang sangat cemerlang. Wajar nampaknya jika cara ini cuma bisa dilakukan oleh orang-orang yang mau berpikir dan juga memiliki visi yang jauh kesedan. Kebanyakan orang hanya mampu mencari ide bisnis dengan memanfaatkan kesempatan yang ada saat ini seperti tren atau kebutuhan masyarakat. Padahal, jika kita mampu mengolah sebuah masalah menjadi peluang bisnis, maka akan banyak dicari oleh konsumen.

Ubah Masalah Jadi Peluang Usaha? 6 Bisnis Ini Contohnya

Sebagai seorang pengusaha, nampaknya kamu harus banyak belajar dari orang-orang jenius yang mempunyai pikiran untuk mengubah masalah jadi peluang usaha. Kebanyakan dari mereka mampu meraih keberhasilan karena menawarkan solusi bagi para pelanggannya. Alhasil mereka mampu meraup keuntungan jutaan rupiah bahkan hingga milyaran rupiah dalam sebulan.

6 Contoh Bisnis Yang Memanfaatkan Masalah Jadi Peluang Usaha

Mungkin beberapa diantara kalian tidak sadar akan keberadaan bisnis disekitar yang memanfaatkan masalah jadi peluang usaha. Padahal, ini adalah referensi yang sangat baik untuk menambah wawasan bisnis. Kamu juga bisa melakukan teori ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada contoh bisnis ini untuk menciptakan usaha baru yang serupa. Lalu apa saja contoh bisnis yang memanfaatkan masalah jadi peluang usaha? Berikut ini adalah penjelasannya.

Bisnis Ojek Online

Contoh bisnis pertama yang mengubah masalah jadi peluang bisnis adalah ojek online. Bisnis ini berdiri atas dasar carut-marut transportasi umum yang ada di Indonesia salah satunya adalah ojek. Ojek konvensional tidak memiliki dasar tarif yang pasti sehingga banyak konsumen yang tidak percaya.

Dari sinilah ojek online hadir membawa solusi. Sangat mudah digunakan dengan penetapan tarif yang pasti. Satu hal yang harus kamu tahu bahwa perusahaan ojol seperti Gojek dan Grab bukan bergerak dibidang jasa, namun bisnis 4.0 yaitu bisnis aplikasi. Saat ini aplikasi Gojek dan Grab juga sudah berkembang dengan melayani pengantaran barang dan pemesanan makanan.

Bisnis Laundry

Kedua, ada bisnis laundry yang juga satu dari sekian banyak bisnis dengan mengubah masalah jadi peluang usaha. Bisnis laundry awalnya hadir di daerah perkotaan dimana banyak orang entah itu pria atau wanita yang berkarir sehingga tidak punya banyak waktu mengurus pakaian kotor. Dari sini muncullah ide untuk membuka jasa cuci sekaligus setrika yang sampai saat ini dikenal dengan nama laundry.

Saat ini tidak hanya orang-orang sibuk saja yang menggunakan jasa laundry, namun ibu rumah tanggapun banyak yang memakai jasa ini karena dianggap sangat praktis. Tidak heran jika laundry saat ini menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi besar. Bahkan bisnis ini sudah mulai masuk dan berkembang hingga di pedesaan.

Bisnis Penitipan Anak

Masih pada contoh bisnis yang sama, bisnis yang mengubah masalah jadi peluang usaha yaitu penitipan anak. Bisnis ini berawal dari masalah yang banyak dialami oleh wanita karir yang tidak bisa menjaga anak seharian penuh karena adanya pekerjaan. Dari sini muncullah bisnis penitipan anak yang menawarkan solusi bagi para wanita karir. Bahkan bisnis jasa ini semakin mengalami inovasi dengan menawarkan berbagai macam fasilitas lebih kepada para pelanggannya.

Bisnis Jasa Titip

Kemudian ada jasa titip yang juga merupakan bisnis dengan memanfaatkan masalah menjadi peluang usaha. Jasa titip menawarkan kemudahan bagi orang-orang di pedesaan yang ingin berbelanja suatu barang namun tidak tersedia di daerah tempat tinggalnya. Keberadaan bisnis ini memang banyak membantu penduduk yang jauh dari pusat kota dalam memenuhi kebutuhan. Ada banyak barang yang dilayani jasa titip mulai dari makanan, alat elektronik hingga kebutuhan fashion.

Baca Juga:
  1. 5 Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa
  2. Cara Melihat Peluang Usaha Untuk Memulai Bisnis
  3. 7 Peluang Bisnis Yang Potensial Dalam Bidang Olahraga

Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

Hampir sama seperti penitipan anak, bisnis penitipan hewan juga menjadi satu bisnis yang mengubah masalah jadi peluang usaha. Umumnya bisnis ini banyak ditemukan di kota-kota besar dimana sebagian penduduk bukanlah penduduk asli yang kadang bepergian ke daerah asalnya. Diantara mereka pasti tidak mungkin membawa hewan peliharaan dalam perjalanan. Dari sini muncullah salah satu bisnis yang menawarkan solusi bagi mereka yaitu penitipan hewan peliharaan.

Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Saat ini bisnis jasa pengiriman atau yang biasa disebut sebagai ekspedisi menjadi salah satu yang paling dicari. Ekspedisi menjadi salah satu bisnis yang juga mengubah masalah jadi peluang usaha. Bisnis ini berawal ketik jaman dahulu orang kesulitan jika akan mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Satu-satunya penyedia jasa pengiriman barang adalah POS Indonesia. Karena pelayanan yang kurang memuaskan, maka muncullah berbagai ekspedisi baru mulai JNE, J&T, Sicepat, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa contoh bisnis yang mengubah masalah jadi peluang usaha. Dengan mempelajari berbagai bisnis yang didirikan atas dasar hal yang tak biasa tersebut, diharapkan kamu juga akan mampu berpikir lebih kreatif lagi dalam menemukan peluang usaha baru. Beranilah untuk memulai dan melakukan hal yang tak biasa karena salah satu kunci sukses bisnis adalah ide yang gila namun dalam batas logika yang bisa direalisasikan dan direncanakan.

Ubah Masalah Jadi Peluang Usaha? 6 Bisnis Ini Contohnya