7 Cara Untuk Menghadapi Pembeli Yang Menawar Harga Rendah

Dalam berjualan, harga menjadi salah satu patokan penting sebagai acuan utama untuk negosiasi. Dalam sistem jual beli kita mengenal dua cara menentukan harga yaitu harga tetap dan harga fleksibel. Ketika seorang pedagang mematok harga fleksibel maka dia harus siap untuk melakukan kegiatan tawar menawar dengan para pembelinya. Proses tawar menawar kadang bisa jadi alot karena pihak pembeli yang menawar dengan tidak wajar. Lalu bagaimana cara menghadapi pembeli yang menawar harga rendah?

Membahas mengenai cara menghadapi pembeli yang menawar harga rendah, memang dapat membuat pedagang merasa kesal. Namun ini adalah hal yang wajar ketika kamu sebagai pedagang tidak membuat sistem harga tetap yang mengakibatkan terjadinya negosiasi atau tawar menawar dengan pembeli. Sebenarnya, tidak masalah jika seorang penjual memakai sistem harga tetap atau fleksibel. Yang penting kamu sebagai penjual harus mampu mengatasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

7 Cara Untuk Menghadapi Pembeli Yang Menawar Harga Rendah

Ketika kamu sebagai penjual memakai sistem harga fleksibel sehingga ada konsumen yang menawar, maka kamu harus pandai negosiasi agar konsumen tetap mau membeli namun harga yang disepakati tidak terlalu rendah. Meski terkadang kamu harus menghadapi pembeli yang menawar harga rendah, namun jangan sampai kejadian seperti ini membuat kamu membenci konsumen tersebut. Pada dasarnya setiap pembeli memang memiliki insting untuk membeli barang dengan harga semurah mungkin.

Begini Cara Menghadapi Pembeli Yang Menawar Harga Rendah

Ketika kamu menghadapi pembeli yang menawar harga rendah lebih baik atasi dengan kepala dingin. Tidak semua pembeli yang seperti ini memiliki niatan buruk, namun mereka hanya mencoba mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga semurah mungkin. Kejadian seperti ini memang hal yang wajar dan bisa terjadi dimanapun dalam negosiasi. Sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghadapinya.

Jangan Terpancing Emosi

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menghadapi pembeli yang menawar harga rendah adalah tidak boleh sampai terpancing emosi. Memang sih terkadang rasanya sangat kesal ketika menjumpai konsumen yang seperti ini. Tapi bagaimanapun juga kamu harus memberikan kesan pertama yang baik. Tetap memberikan pelayanan yang baik akan membuat engagement kamu terhadap pelanggan akan semakin tinggi. Jadi sebisa mungkin tetap tahan emosi ya.

Bersikap Tenang dan Berpikir Jernih

Kemudian cara yang kedua dalam menghadapi pembeli yang menawar harga rendah adalah dengan bersikap tenang. Sikap tenang akan membuat kamu mampu bersiap jika terjadi negosiasi yang alot. Selain itu, dengan tenang kamu juga bisa berpikir jernih. Pikiran jernih dapat membuat kamu mudah mendapatkan ide dan argumen yang dapat membawamu memenangkan negosiasi dengan pembeli. Meski sedang kesal, namun kamu harus bisa memberikan pelayanan terbaik namun jangan kalah.

Beri Penjelasan Harga Terbaik

Selanjutnya, kamu harus memberi penjelasan bahwa harga yang sudah kamu tawarkan adalah harga terbaik. Ini adalah cara yang dapat kamu mulai untuk memenangkan negosiasi ketika menghadapi pembeli yang menawar harga rendah. Berikan segala macam alasan terbaik kamu dari produk yang kamu jual. Termasuk kelebihan dari produk tersebut dan juga apa saja kelebihan produk tersebut. Seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Jelaskan Kelebihan Produk

Untuk mendukung penjelasanmu kepada pembeli kenapa harga yang sudah kamu tawarkan adalah harga terbaik, maka paparkan semua kelebihan produk yang kamu miliki. Jika memang produkmu memiliki kualitas lebih daripada produk lain, kamu dapat membandingkannya secara detail. Biasanya pembeli akan tertarik ketika penjual mulai memberikan penjelasan apa saja kelebihan produk yang dijualnya dibandingkan produk yang dijual di tempat lain.

Yakinkan Bahwa Produk Berkualitas

Selain menjelaskan berbagai macam kelebihan produk, kamu juga harus mampu meyakinkan bahwa produk yang kamu jual tersebut benar-benar berkualitas. Tunjukkan pada pembeli seperti apa kualitasnya dari berbagai sisi baik itu bahan, manfaat, keunggulan, ukuran, kenyamanan, keamanan dan lain sebagainya. Biasanya hal ini dapat mempengaruhi pikiran pembeli untuk merubah pendiriannya yang awalnya menawar harga rendah menjadi tertarik dengan harga yang kamu tetapkan.

Baca Juga:
  1. 5 Cara Mempengaruhi Pembeli Agar Berbelanja Lebih Banyak
  2. 6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli
  3. Patut Dicoba! 5 Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik

Jangan Terpancing Oleh Tawaran Pembeli

Perjuanganmu dalam menghadapi pembeli yang menawar harga rendah belum usai, selanjutnya kamu harus menahan diri agar tidak terpancing. Maksudnya ketika pembeli tersebut ngotot untuk memakai harga yang ditawarnya di awal, kamu jangan terpancing untuk melepaskan produk dengan harga rendah tersebut. Jika pembeli tersebut tidak jadi membeli, sebaiknya biarkan saja. Anggap saja dia bukanlah target pasarmu yang sebenarnya.

Fokus Pada Harga Target Jual Kamu

Terakhir, kamu harus tetap fokus terhadap harga jual yang sudah kamu target. Buat sendiri berapa ambang harga minimal kamu bisa melepaskan produk tersebut kepada pembeli. Dengan begini kamu bisa memperkirakan berapa target harga minimal ketika menghadapi pembeli yang menawar harga rendah. Cara ini akan membuat kamu jadi tidak mudah terkecoh dengan proses tawar menawar yang dilakukan oleh pembeli.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi pembeli yang menawar harga rendah. Masalah seperti ini bukanlah sebuah hal buruk, kamu harus bisa memakluminya. Tipe pembeli juga beraneka ragam, salah satunya adalah mereka yang suka negosiasi secara "sadis". Dengan mempelajari beberapa hal diatas diharapkan kamu sudah tidak lagi kebingungan ketika menghadapi pembeli yang negosiasi secara tidak wajar. Jadikan hal ini sebagai momentum kepada pembeli agar tahu kualitas barang yang kamu jual.

7 Cara Untuk Menghadapi Pembeli Yang Menawar Harga Rendah