Gawat! Begini 9 Dampak Buruk Jika Suka Menunda Pekerjaan

Pekerjaan adalah salah satu hal yang perlu dijadikan prioritas dalam beraktivitas. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap karir dan diri sendiri. Namun sayang, diluar sana masih ada banyak sekali orang yang suka menunda pekerjaan dengan berbagai alasan. Beberapa diantaranya menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sepele. Padahal, akan ada dampak buruk yang harus dialami jika suka menunda pekerjaan. Baik itu akan dialami dalam waktu dekat atau dalam waktu yang lama.

Banyak orang sukses mempunyai pendapat bahwa mereka yang suka menunda pekerjaan akan membuat mimpinya sulit dicapai. Salah satu kunci sukses adalah disiplin, sedangkan tidak segera menyelesaikan tugas adalah kebalikan dari sikap tersebut. Malahan, kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah baru yang akan membuatmu terbebani. Terlebih jika pekerjaan yang harus dikerjakan itu bersifat penting. Maka akan menjadi kerugian besar saat kamu memilih menundanya.

Begini 9 Dampak Buruk Jika Suka Menunda Pekerjaan

9 Dampak Buruk Yang Kamu Alami Jika Suka Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan memang terlihat enak untuk saat ini. Kamu bisa lebih bersantai tanpa harus berfikir terlalu berat. Namun kenikmatan seperti ini hanya datang sesaat. Selain kamu akan terburu-buru ketika deadline sudah tiba, kondisi kesehatanmu juga akan menurun karena harus memaksa tubuh dan otak untuk bekerja keras. Akan ada lebih banyak dampak buruk yang akan kamu rasakan ketika suka menunda pekerjaan seperti halnya berikut ini.

Pekerjaan Jadi Menumpuk

Dampak buruk jika suka menunda pekerjaan yang pertama adalah pekerjaan kamu akan jadi menumpuk. Hal ini dapat membuat kamu semakin pusing. Apalagi jika pekerjaan lain selalu menyusul untuk segera diselesaikan juga. Pekerjaan yang menumpuk dapat membuat pikiran sangat terbebani sehingga dalam mengerjakan kamu bisa jadi sangat tertekan. Terlebih jika batas waktu untuk menyelesaikannya terlalu pendek, maka juga akan berisiko tidak terselesaikan.

Dapat Menurunkan Produktivitas

Salah satu alasan kenapa suka menunda pekerjaan dikategorikan sebagai kebiasaan buruk adalah karena dapat menurunkan produktivitas. Dengan kondisi tertekan agar bisa segera menyelesaikannya, maka kamu hanya akan fokus pada satu hal saja. Pada akhirnya pekerjaan yang lain bisa terbengkalai. Kondisi ini akan membuat produktivitas kamu menurun karena beberapa pekerjaan yang seharusnya sudah selesai malah banyak yang terbengkalai dan tidak terselesaikan.

Tidak Dapat Mencapai Target

Tidak hanya membawa dampak buruk, ketika kamu suka menunda pekerjaan juga dapat menimbulkan kerugian seperti halnya target yang tidak dapat dicapai. Dalam bekerja entah itu usaha pribadi atau urusan kantor, akan ada target tertentu yang harus kamu capai. Bisa dalam waktu harian, mingguan, ataupun bulanan. Mencapai target memang tidak bisa dilakukan dengan santai apalagi menunda-nunda. Sebaliknya, kamu justru harus bekerja ekstra keras supaya bisa sesuai harapan.

Pekerjaan Akan Terasa Sulit Meski Sebenarnya Mudah

Apapun pekerjaan yang akan kamu lakukan entah itu sulit atau mudah, maka ketika ditunda akan menjadi sangat sulit. Kenapa bisa begitu? Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena faktor tekanan. Ya, ketika kamu suka menunda pekerjaan maka dalam proses menyelesaikannya kamu harus melawan waktu sehingga pikiran menjadi tertekan. Akan muncul perasaan khawatir sekaligus was-was jika dalam waktu yang sudah ditentukan pekerjaan tersebut tidak selesai.

Kualitas Pekerjaan Jadi Menurun

Lagi-lagi faktor tekanan menjadi dampak buruk yang harus kamu rasakan jika suka menunda pekerjaan. Akibat lain dari faktor tekanan yang kamu peroleh ketika mencoba mengerjakan adalah kualitas pekerjaan yang jadi menurun. Karena sedang dalam kondisi "kepepet", maka otak kamu akan memaksa untuk menyelesaikannya sebisanya saja sehingga kamu akan sulit untuk berpikir jernih. Akibatnya, hasil dari pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan harapan. Bahkan dapat terjadi kesalahan.

Baca Juga:
  1. Wow! Ini 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Grogi Saat Presentasi
  2. Ini 7 Cara Kerja Dari Rumah Namun Tetap Menghasilkan Uang
  3. 12 Hal Yang Dapat Membuat Generasi Milenial Jadi Lebih Sukses

Jadi Penyebab Hancurnya Karir

Kualitas pekerjaan yang menurun adalah salah satu faktor yang dapat membawa karir kamu menuju kehancuran. Pekerjaan yang dikerjakan dengan terburu-buru hasilnya tidak akan mengesankan. Kondisi ini dapat membuat kualitas pekerjaan orang lain menjadi terlihat lebih unggul yang berpotensi menggeser posisi kamu. Kebanyakan orang tidak menyadari dampak buruk dari suka menunda pekerjaan yang sangat fatal ini.

Bisa Menjadi Kebiasaan Buruk

Tahukah kamu ketika kamu sudah pernah menunda pekerjaan, maka kamu akan jadi kecanduan. Lama-kelamaan kondisi ini akan menjadi kebiasaan buruk yang tertanam pada dirimu. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka akan sulit sekali untuk diubah atau dihilangkan. Apalagi jika sudah sangat sering melakukannya. Maka dari itu, sebaiknya kamu mencegah untuk lebih rajin dalam mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu supaya tidak menjadi kebiasaan buruk.

Kehilangan Kesempatan Berharga

Jika kamu suka menunda pekerjaan, sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada. Kehilangan kesempatan berharga dapat menjadi penyesalan yang selalu diingat seumur hidup. Terlebih, kesempatan itu biasanya tidak dapat dua kali. Rumus sukses dalam berkarir, seseorang wajib memanfaatkan sebuah kesempatan sebaik mungkin meskipun itu peluangnya kecil. Karena pada dasarnya setiap orang tidak tahu bagaimana hasil yang diraihnya. Bisa saja memuaskan jika beruntung.

Kepercayaan Orang Lain Menurun

Terakhir, dampak buruk dari suka menunda pekerjaan adalah hilangnya kepercayaan dari orang lain. Hal ini berlaku pada siapa saja entah itu karyawan, pegawai, pengusaha ataupun pedagang. Orang-orang terdekat yang ada di lingkungan kamu berkarir akan meremehkan reputasimu termasuk klien, boss, atasan, konsumen, pelanggan dan lain sebagainya. Asal kamu tahu, bahwa membangun kepercayaan terhadap orang lain itu sangat sulit dan memerlukan proses yang sangat lama.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk jika suka menunda pekerjaan. Dengan membaca artikel ini diharapkan kamu menjadi lebih rajin dan disiplin dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Meninggalkan kebiasaan buruk seperti dapat membawamu menuju kesuksesan. Jadi buat kamu yang masih suka menunda tugas dan apapun itu, segera tinggalkan lalu biasakan diri untuk menjadi lebih baik lagi. Karena hidup hanya sekali, maka bangunlah dan maksimalkan karirmu mulai dari sekarang.

Gawat! Begini 9 Dampak Buruk Jika Suka Menunda Pekerjaan