Wow! Ini 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Grogi adalah salah satu perasaan yang bisa muncul ketika kita tidak siap dalam menghadapi sesuatu. Umumnya, grogi bisa timbul karena rasa malu, gugup atau gemetar yang berlebihan ketika kita berhadapan dengan orang banyak. Kebanyakan orang merasa grogi ketika melakukan kegiatan dengan lebih dari satu orang seperti pidato, wawancara atau presentasi. Namun pada kesempatan kali ini wisklik akan membahas tentang cara mengatasi grogi saat presentasi baik itu didepan kelas maupun didepan umum.

Berbicara mengenai rasa grogi, masalah ini memang bisa dialami oleh siapapun. Bahkan seorang profesional yang sering menghadapi banyak orang sekalipun. Maka dari itu, dalam mengatasi grogi saat presentasi tidak dapat dilakukan sekejap namun butuh proses yang bertahap. Terlebih yang mengalami masalah ini adalah orang-orang yang tidak terbiasa berbicara didepan umum seperti halnya presentasi. Maka dari itu perlu adanya proses yang bertahap untuk menghilangkan rasa grogi tersebut.

Wow! Ini 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Grogi menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu ketika seseorang berbicara didepan umum. Seseorang yang terlihat grogi ketika presentasi, maka akan tampil kurang menarik bahkan terlihat tidak baik di mata para audiens. Akibatnya banyak audiens yang tidak memperhatikan bahkan mengabaikannya. Akibat grogi, presentasi yang kamu lakukan bisa jadi kurang berkesan bahkan terlihat buruk.

Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi Didepan Banyak Orang

Berbicara mengenai cara mengatasi grogi saat presentasi didepan banyak orang, maka ada banyak aspek yang perlu diperbaiki terutama pada perasaan-perasaan yang menimbulkannya. Tingkatan grogi seseorang berbeda-beda. Ada yang grogi parah dan ada yang ringan. Namun, bagaimanapun juga untuk menghilangkan grogi perlu waktu dan proses serta praktek yang berulang agar terbiasa. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat presentasi agar tidak gugup dan gemetar.

Lakukan Persiapan Yang Matang

Persiapan matang adalah salah satu kunci sukses dalam melakukan presentasi. Dengan melakukan persiapan kamu pasti bisa mengatasi grogi saat presentasi. Sebelum presentasi, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya seperti materi dan juga slide presentasi. Buat materi sebaik mungkin dan juga susun secara runtut supaya mudah dijelaskan.

Selain itu, buang materi yang menimbulkan pro dan kontra karena dapat membuat audiens melontarkan pertanyaan yang tidak kamu duga. Jangan lupa untuk menguasai materi terlebih dahulu. Kuasai materi yang akan kamu tampilkan dan juga materi yang berkaitan dengan tema presentasi tersebut. Dengan menguasai materi inti dan turunannya, maka kamu akan lebih yakin ketika melakukan presentasi.

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Cara kedua untuk mengatasi grogi saat presentasi adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri. Salah satu penyebab kenapa seseorang menjadi grogi biasanya karena rendahnya rasa percaya diri sehingga membuatnya tidak yakin bisa melakukan presentasi dengan baik atau tidak. Nah salah satu cara yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan melakukan  persiapan semaksimal mungkin seperti yang dijelaskan pada poin pertama diatas.

Kenali Siapa Saja Audiens-nya

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi presentasi adalah audiens. Maka dari itu, kamu harus mengenali siapa saja peserta yang akan mendengarkan kamu presentasi. Kamu dapat mengklasifikasikan apakah audiens tersebut adalah orang akademisi atau bukan. Hal ini berguna untuk menyiapkan strategi dalam menyusun materi dan juga mencari gaya bahasa yang akan dipakai. Audiens dari kalangan bukan akademisi akan lebih mudah menerima materi dengan bahasa yang sederhana dan ringkas.

Lawan Rasa Malu

Rasa dari dalam diri lainnya yang dapat menimbulkan grogi adalah rasa malu. Oleh karena itu, kamu harus bisa melawan rasa malu yang ada didalam diri supaya tidak muncul perasaan gugup atau gemetar. Rasa malu ini biasanya muncul karena jarang atau bahkan tidak pernah berbicara didepan umum. Satu-satunya cara mengatasi grogi saat presentasi adalah dengan membiasakan. Ini memang bukan hal mudah namun harus bisa kamu lakukan agar jadi terbiasa.

Perlihatkan Pose Tubuh Yang Meyakinkan

Seorang peneliti dari Harvard Business School pernah mengungkap didalam penelitian yang dibuatnya bahwa cara kita duduk atau berdiri dapat mempengaruhi perasaan kita. Ketika kamu mampu memposisikan diri yang menunjukkan bahwa kamu memiliki daya maka perasaan juga akan merespon hal yang sama sehingga dapat mengurangi level stress dan mengatasi gentar dab gugup. Jadi, cobalah untuk selalu menunjukkan pose tubuh yang meyakinkan.

Baca Juga:
  1. 15 Pola Pikir Pengusaha Yang Membuat Mereka Sukses
  2. Kiat Menjadi Pemimpin Wirausaha Yang Baik
  3. Ini 7 Cara Kerja Dari Rumah Namun Tetap Menghasilkan Uang

Atur Pernafasan Kamu

Biasanya, ketika grogi sudah mulai muncul, maka detak jantung akan lebih cepat dari kondisi normal. Kondisi ini seakan mendramatisir suasana yang berakibat pada gugup dan gemetar. Saat mengalami keadaan ini, cobalah untuk mengatur pernafasan. Usahakan untuk mengatur nafas sejak presentasi belum dimulai. Sesekali tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan sambil berfikir positif. Mengatur nafas akan membuat otak dan tubuh jadi lebih rileks sehingga mengatasi rasa grogi saat presentasi jadi lebih mudah.

Fokus Terhadap Materi Yang Disampaikan

Selanjutnya, usahakan untuk terus fokus terhadap materi yang akan kamu sampaikan supaya dapat mengatasi grogi saat presentasi. Fokus terhadap materi akan meningkatkan keyakinan dalam diri dan otak bahwa kamu dapat melakukan presentasi secara baik dan benar. Dengan tetap fokus, kamu juga akan terjaga untuk selalu berpikir dingin sehingga timbul ide serta gagasan. Hal ini juga dapat membuat kamu mudah melakukan improvisasi sehingga presentasi terlihat mengesankan.

Sesekali Lakukan Intermezo

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gugup ketika presentasi adalah dengan melakukan intermezo. Hal ini berguna untuk mencarikan suasana agar tidak tegang. Suasana tegang pada saat presentasi inilah yang membuat grogi muncul. Sebagai intermezo, kamu dapat bercerita sedikit keluar topik pembahasan atau mengeluarkan lelucon singkat kepada para peserta. Suasana yang cari akan mudah membuatmu menguasai panggung.

Penutup

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi grogi saat presentasi didepan orang banyak. Dengan menerapkan beberapa tips diatas, diharapkan kamu akan mampu melakukan presentasi secara baik dan mengesankan. Memang jika dibiarkan, rasa grogi dapat mempengaruhi penampilan seseorang dalam berbicara sehingga materi yang dibahas tidak dapat tersampaikan dengan baik. Maka dari itu teruslah belajar dan praktek agar kemampuan berbicaranya semakin meningkat.

Wow! Ini 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Grogi Saat Presentasi