6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi. Selesai Beberapa Bulan!

Skripsi adalah tugas akhir yang berupa suatu karya tulis ilmiah yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Menyusun skripsi memang bukanlah perkara yang mudah. Kenyataannya ada banyak sekali mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan skripsi hingga waktu kuliahnya molor hingga beberapa semester. Maka dari itu, perlu adanya tips khusus agar bisa cepat mengerjakan skripsi dan selesai dalam beberapa bulan.

Berbicara mengenai cara cepat mengerjakan skripsi, tidak bisa terlepas dari niat mahasiswa itu sendiri. Bagaimanapun juga, cepat atau lambat proses menyusun skripsi berada pada tangan si mahasiswa. Kebanyakan dari mereka yang terlambat dalam menyelesaikan karya tulis ini, disebabkan oleh faktor persiapan serta strategi dalam mengerjakan yang tidak tertata. Padahal ini adalah langkah penting supaya alur kerja yang akan dilaksanakan menjadi lebih efektif dan efisien.

6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi. Selesai Beberapa Bulan!

Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi Hanya Dalam Waktu Beberapa Bulan

Mencari cara cepat untuk mengerjakan skripsi bukanlah sebuah hak yang mustahil. Bahkan kamu juga bisa menyelesaikan tugas akhir ini hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Banyak mahasiswa semester akhir yang menginginkan proses skripsi ya bisa berjalan lancar. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan persiapan khusus dan juga strategi tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan ketika mengerjakan skripsi agar bisa cepat selesai dan segera di wisuda.

Mencari Banyak Informasi Dilapangan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa cepat mengerjakan skripsi hanya dalam waktu beberapa bulan saja adalah dengan mencari informasi di lapangan. Semakin sering terjun di lapangan maka informasi, ide serta gagasan yang akan kamu dapat juga akan semakin banyak. Ini dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan diri ketika penelitian berlangsung. Jadi kamu tidak akan kebingungan dalam mencari solusi jika ada hambatan ditengah jalan.

Menguasai Masalah Yang Akan Diangkat

Cara cepat mengerjakan skripsi yang kedua adalah dengan menguasai masalah yang akan diangkat dalam topik atau tema skripsi. Dalam menyusun skripsi, kamu harus benar-benar fokus pada satu masalah yang diangkat supaya bisa selesai dalam beberapa bulan. Cari tahu segala sesuatu tentang masalah tersebut baik itu latar belakang, isu-isu yang sedang hangat, hingga teori-teori yang berkaitan. Selain cepat selesai, kamu juga akan mudah menjawab pertanyaan dosen ketika ujian.

Memilih Judul Skripsi Yang Dikuasai

Salah satu cara cepat dalam menyelesaikan skripsi adalah dengan memilih judul yang benar-benar  kamu kuasai. Sebaiknya pilihlah judul skripsi sesuai dengan disiplin ilmu yang kamu pelajari saat ini. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memilih judul skripsi berdasarkan minat serta kemampuan yang kamu miliki secara lebih spesifik. Pada dasarnya kamu akan kesulitan jika memilih judul karena ikut-ikutan teman atau hanya sekedar ingin terlihat hebat dengan judul yang rumit.

Siapkan Referensi Sebanyak-banyaknya

Selanjutnya, kamu dapat menyiapkan sumber referensi yang sesuai dengan topik atau tema skripsi sebanyak-banyaknya. Ini adalah cara cepat dalam mempersiapkan dan mengerjakan skripsi menjadi lebih mudah. Kamu dapat mengumpulkan referensi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber seperti artikel ilmiah, jurnal ilmiah, buku, e-book atau  skripsi sebelumnya. Kamu dapat menyiapkan referensi jauh-jauh hari sebelum proses skripsi berlangsung.

Segera Melakukan Perbaikan Saat Revisi

Salah satu hal yang paling dibenci oleh mahasiswa dalam proses menyusun skripsi adalah revisi. Revisi adalah pembenaran yang dilakukan oleh dosen terhadap isi skripsi, susunan atau tata cara penulisan. Umumnya, proses revisi adalah hal yang menyita waktu sehingga proses skripsi menjadi molor. Nah, salah satu cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan mengerjakan revisi skripsi sesegera mungkin. Sebaiknya setiap ada revisi saat bimbingan, langsung kamu lakukan perbaikan.

Baca Juga:
  1. 7 Langkah Sebelum Menyusun Skripsi Yang Perlu Dipersiapkan
  2. 6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai
  3. 7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah

Bersikap Disiplin dan Konsisten

Apapun cara cepat dalam mengerjakan skripsi yang kamu lakukan, tidak akan bisa berjalan dengan maksimal jika tidak disiplin dan konsisten. Oleh karena itu, kamu harus bisa bersikap disiplin pada dirimu sendiri dengan mengerjakan bagian bab dan sub-bab secara rutin setiap hari. Tak hanya itu, kamu juga harus konsisten melakukannya setiap hari jika ingin skripsi bisa selesai dalam waktu beberapa bulan saja. Disiplin dan konsisten adalah kunci sukses paling utama dalam menyusun skripsi.

Gunakan Metode "Satu Hari Dua Halaman"

Agar bisa cara cepat mengerjakan skripsi, kamu perlu sebuah strategi. Salah satu strategi yang bisa kamu terapkan adalah dengan memakai metode "satu hari dua halaman". Artinya, kamu wajib menyusun skripsi sebanyak dua halaman setiap harinya. Semakin banyak jumlah halaman yang bisa kamu kerjakan dalam sehari maka akan semakin baik. Sebagai gambaran, jika skripsimu terdiri dari 200 halaman, maka dengan metode "satu hari satu halaman", kamu dapat selesai dalam waktu 3-4 bulan.

Miliki Sebuah Motivasi Sebagai Penyemangat

Dalam menyelesaikan skripsi, seorang mahasiswa tidak hanya butuh materi, teori, dan referensi saja, namun ia juga butuh motivasi. Carilah sebuah motivasi yang bisa jadi penyemangat supaya cara cepat mengerjakan skripsi yang sudah kamu rencanakan bisa berjalan maksimal. Sebagai contoh, setelah wisuda ingin menikah, ingin cepat wisuda supaya segera bekerja, ingin mengambil beasiswa S2 dan sebagainya. Yuk, cari motivasimu!

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara cepat mengerjakan skripsi yang bisa kamu coba. Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa menyelesaikan skripsi dalam waktu beberapa bulan itu bukanlah hal mustahil jika di persiapkan dan direncanakan secara matang. Buat kamu yang saat ini sedang proses skripsi, beberapa poin diatas bisa kamu jadikan sebagai daftar chek list. Dengan begini, diharapkan dapat memudahkan dan membantumu dalam proses menyusun skripsi.

6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi. Selesai Beberapa Bulan!