Awas! Ini 7 Masalah Saat KKN Yang Sering Dialami Mahasiswa

Kuliah kerja nyata atau biasa disingkat KKN adalah sebuah kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam kelompok, lokasi dan juga waktu tertentu dengan tujuan mengabdi kepada masyarakat. Dalam KKN, biasanya disusun suatu program kerja tertentu yang bisa dilaksanakan secara kelompok atau individu. Namun dalam prakteknya, ada masalah-masalah saat KKN yang sering dialami oleh para mahasiswa sehingga menimbulkan kendala.

Awas! Ini 7 Masalah Saat KKN Yang Sering Dialami Mahasiswa

Dengan mengikuti kegiatan KKN ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan manfaat baik dari pengetahuan yang ia miliki dan juga dari pengalaman yang mereka peroleh selama di kampus kepada masyarakat. Kehadiran para mahasiswa juga dapat memberikan harapan bagi lingkungan sekitar lokasi KKN untuk membawa perubahan yang lebih baik kedepannya. Oleh karena itu banyak masyarakat yang antusias ketika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN tersebut.

Masalah Yang Sering Dialami Mahasiswa Saat KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Berbicara mengenai masalah saat KKN yang sering dialami mahasiswa, akan sangat mengganggu jalanya kegiatan jika tidak segera diselesaikan. Yang namanya kegiatan dalam kelompok pasti akan terdapat banyak pendapat yang berbeda antar mahasiswa karena terdiri dari latar belakang dan juga kemampuan akademi yang berbeda pula. Terlebih mereka harus hidup di lingkungan baru yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Berikut ini beberapa contohnya.

Kekurangan Dana atau Keuangan

Masalah KKN pertama yang sangat umum dialami oleh mahasiswa adalah dana atau keuangan. Setiap program kerja yang akan dilaksanakan pasti membutuhkan dana atau keuangan supaya dapat terlaksana dengan baik. Setiap program kerja memerlukan jumlah anggaran yang berbeda. Namun disinilah kreatifitas mahasiswa diuji, mereka harus bisa menyelenggarakan kegiatan meski minim dana. Salah satu cara yang bisa diperoleh adalah dengan mencari sponsor atau sumbangan.

Kesulitan Adaptasi Terhadap Lingkungan Baru

masalah saat KKN yang sering dialami mahasiswa selanjutnya adalah adaptasi terhadap lingkungan baru. Hal ini biasanya akan sulit untuk dilakukan terlebih bagi mahasiswa yang jarang hidup diluar lingkungan keluarganya. Para mahasiswa akan dihadapkan oleh kebiasaan baru dan juga kondisi sosial yang baru. Terkadang kondisi geografis yang baru juga nampak asing sehingga butuh adaptasi. Sebaiknya, adaptasi ini dilakukan secara perlahan dan bertahan supaya tetap betah tinggal di lokasi KKN tersebut.

Tidak Ada Sinyal atau Jaringan Seluler

Rata-rata lokasi KKN adalah daerah-daerah pelosok yang terkadang belum tersentuh oleh dunia luar. Lokasi seperti ini sengaja dipilih supaya mahasiswa memiliki andil dalam memajukan daerah tersebut. Karena di pelosok, terkadang sinyal seluler akan sulit dijangkau sehingga membuat komunikasi antar mahasiswa, kampus ataupun keluarga jadi sedikit agak terhambat. Terkadang kondisi geografis yang di perbukitan atau di pegunungan membuat sinyal seluler susah untuk dijangkau.

Program Kerja Yang Tidak Berjalan Lancar

Biasanya, sebelum kegiatan KKN benar-benar dimulai, para kelompok mahasiswa merencanakan serta menyiapkan berbagai program kerja yang sesuai dengan lokasi. Meski sudah melakukan survei lokasi, namun pada prakteknya beberapa program kerja yang sudah dirancang tidak dapat dilaksanakan karena satu dan lain hal. Nah, didalam kondisi seperti ini mahasiswa dituntut untuk kompak guna memutar otak agar mendapatkan ide-ide kegiatan yang dapat dilaksanakan.

Konflik Dengan Mahasiswa Lain

Pelaksanaan KKN dilakukan oleh mahasiswa dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 10 orang hingga 20 orang mahasiswa. Nah, karena ada banyak orang yang terlibat, pasti akan ada konflik yang disebabkan oleh perbedaan pendapat atau perbedaan pandangan. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar. Namun jika tidak segera diselesaikan dapat menimbulkan perpecahan dalam kelompok. Disini peran ketua dan wakil ketua sangat dibutuhkan sebagai penengah guna menyelesaikan konflik.

Baca Juga:
  1. 30 Contoh Program Kerja atau Kegiatan KKN Yang Menarik
  2. 6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar
  3. 6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi. Selesai Beberapa Bulan!

Perbedaan Pandangan Dengan Masyarakat

Selain konflik internal kelompok KKN, mahasiswa juga sering dihadapkan dengan perbedaan pandangan dengan masyarakat. Masalah saat KKN yang sering dialami mahasiswa satu ini kadang dapat membuat kegiatan terhambat. Namun, biasanya masalah seperti ini dapat dihindari asalkan mahasiswa mau berkomunikasi dengan baik kepada warga. Sebelum melaksanakan kegiatan secara keseluruhan, alangkah baiknya jika meminta saran dan pendapat terhadap tokoh masyarakat yang ada di lokasi KKN.

Sulitnya Akses Jalan Menuju Lokasi KKN

Masalah saat KKN yang sering dialami mahasiswa yang terakhir adalah akses jalan. Karena rata-rata lokasi KKN ada di daerah pelosok maka akses jalan menuju kesana juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Selain akses jalan yang sulit, lokasi KKN biasanya juga agak jauh dari pusat kota. Namun, hal ini sebaiknya tidak dijadikan sebagai hambatan dalam menyukseskan kegiatan KKN tersebut.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai masalah saat KKN yang sering dialami mahasiswa. Meski akan ada kendala yang bisa ditemui kapan saja, namun hal ini tidak boleh dijadikan rasa takut untuk para mahasiswa. Sebaliknya kondisi ini harus mampu dijadikan sebagai tantangan yang harus dilewati bersama. Bagaimanapun juga, kegiatan KKN akan memberikan wawasan serta pengalaman baru bagi para mahasiswa yang tidak pernah mereka dapatkan di lingkungan kampus atau dari kegiatan perkuliahan.

Awas! Ini 7 Masalah Saat KKN Yang Sering Dialami Mahasiswa