Mudah! Begini Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

Semua orang khususnya pengguna HP Android pasti tahu bahwa salah satu penyebab memori internal penuh adalah file. Semakin banyak file yang ditampung maka akan semakin penuh pula direktori. Jika yang disimpan dan memenuhi memori adalah file penting nampaknya tidak masalah. Lalu bagaimana jika isinya hanya berkas sampah sisa atau file yang tidak penting. Pastinya sangat merugikan pengguna. Solusinya hanyalah dengan membersihkan file sampah tersebut.

Mungkin bagi kamu, mendengar kata berkas sampah masih nampak asing. Namun percayalah bahwa file singgahan yang bisa memenuhi memori itu benar adanya. File sampah di HP Android ini bisa datang selama ponsel terus digunakan untuk berbagai aktivitas entah itu memasang atau mencopot aplikasi, chatting, browsing, download, dan lain sebagainya. Biasanya berkas sampah ini muncuk dalam waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana cara membersihkan file sampah di HP Android?

Mudah! Begini Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

Asal Mula Berkas Sisa atau File Sampah di HP Android

Hingga saat ini masih banyak pengguna smartphone yang tidak sadar akan keberadaan berkas sampah yang merugikan. Akibatnya banyak diantara mereka yang tidak membersihkan file sampah di HP Android mereka. File sampah ini sebenarnya tidak datang begitu saja, namun bisa muncul dari berbagai macam aktivitas ponsel seperti sisa file aplikasi hingga berkas singgahan aplikasi selama digunakan. Lalau darimana saja asal berkas sampah tersebut?
  • Bekas File Sistem Aplikasi
  • File Cache Pada Aplikasi
  • File Yang Tidak Dikenal
  • Folder Yang Kosong
  • File Singgahan

Cara Mudah Untuk Membersihkan File Sampah di HP Android

Dimanapun, entah itu dunia nyata ataupun didalam gadget yang namanya sampah pasti dapat menyebabkan masalah sehingga harus segera dibuang. Agar terhindar dari berbagai dampak buruk seperti memori yang penuh, kinerja ponsel menjadi lambat, file berserakan hingga menyulitkan dalam mencari berkas, maka sebaiknya kamu segera membersihkan file sampah di HP Android secara berkala. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya.

Bersihkan Dengan File Manager Bawaan

Pertama, kamu bisa membersihkan file sampah di HP Android secara manual dengan menggunakan file manager bawaan sistem. Biasanya setiap file manager sudah dibekali fitur scanning dan cleaning file sampah. Caranya adalah silahkan buka file manager, kemudian di taskbar atas sebelah kanan ada gambar ikon sapu, klik saja. Pilih Bersihkan, maka aplikasi akan memindai cache, berkas sampah, file tak berguna dan sebagainya. Setelah selesai, kamu akan dapat laporan hasil pindai. Klik Bersihkan, maka file-file tersebut akan dihapus.

Membersihkan Chache Setiap Aplikasi

Kedua, kamu bisa membersihkan file sampah yang berupa cache pada setiap aplikasi yang sering digunakan. Biasanya aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Email, Browser, Youtube dan sejenisnya memiliki jumlah file cache besar bahkan hingga beberapa Giga Bytes. Kamu dapat membersihkan cache secara manual pada aplikasi apa saja yang kamu kehendaki. Meski hanya membersihkan cache, namun sudah lumayan untuk membuat lega memori internal.

Cara membersihkan file sampah di HP Android yang berupa cache ini adalah sebagai berikut. Pertama, masuk ke menu Pengaturan atau Setelan. Kemudian buka bagian Aplikasi & Notifikasi. Lalu klik pada bagian Lihat Semua Aplikasi. Cari aplikasi mana yang ingin di hapus file cache-nya. Misalkan ingin hapus cache Instagram, maka klik pada Instagram, lalu pilih Penyimpanan. Kamu akan melihat pilihan Hapus Cache, klik saja maka cache akan langsung terhapus.

Hapus File Sampah Dengan Bantuan Aplikasi

Meski kamu sudah melakukan beberapa langkah membersihkan file sampah seperti yang sudah dibahas diatas, namun hasilnya kurang maksimal. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke tahap yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa kamu downlaod di Playstore. Disana kamu akan menjumpai banyak sekali aplikasi dengan fungsi "bersih-bersih". Disini penulis rekomendasikan aplikasi pembersih memori seperti berikut.

1. Aplikasi Clean Master

Clean Master adalah aplikasi pembersih memori paling populer dikalangan pengguna Android. Selain bisa membersihkan file sampah di HP Android, aplikasi ini juga bisa dipakai sebagai RAM boster. Tak hanya itu, Clean Master juga masih menyediakan fitur plus-plus lainnya antara lain adalah security checker, pendingin CPU dan juga application lock. Cara menggunakannya cukup mudah, buka aplikasinya lalu pilih menu Berkas Sampah, maka aplikasi akan membersihkan secara otomatis.

Baca Juga:
  1. 7 Tips Menjaga Baterai Tanam HP Android Tetap Awet
  2. 6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor
  3. Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Macet? Ini Penyebabnya

2. Apliksi Easy Clean

Sama halnya dengan Clean Maseter, aplikasi Easy Clean juga akan membantumu untuk membersihkan file sampah di HP Android yang dapat memenuhi memori internal. Selain bersih-bersih, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang di klaim bisa mempercepat kinerja ponsel dan juga pendingin perangkat. Cara memakainya cukup mudah, install dan buka aplikasinya lalu akan muncul status memori ponsel. Klik tombol bersihkan dengan logo sapu di samping kanan, maka aplikasi akan membersihkan file sampah didalam memori.

3. Aplikasi Nox Cleaner

Selanjutnya ada aplikasi Nox Cleaner yang bisa membantumu dalam membersihkan file sampah di HP Android. Meski fungsi utamanya sebagai pembersih memori, namun aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti pendingin perangkat dan virus scanner. Cara menggunakan aplikasi Nox Cleaner untuk membersihkan berkas sampah adalah sebagai berikut. Pertama install dan buka aplikasinya, lalu kamu akan disuguhi tampilan status file sampah di memori. Lalu tap saja, maka aplikasi akan melanjutkan pembersihan.

4. Aplikasi iClean

Terakhir ada aplikasi iClean yang sangat berguna untuk membersihkan file sampah di HP Android kamu. Diantara aplikasi diatas, iClean memiliki tampilan yang lebih futuristik dengan animasi yang apik. Aplikasi ini juga dilengkapi pembersih file sampah otomatis yang terjadwal. Cara menggunakannya juga cukup mudah, untuk membersihkan berkas sampah kamu cukup menekan tombol bersihkan. Sedangkan untuk mengatur jadwal pembersihan, kamu bisa masuk ke setelan auto clean lalu tentukan jadwalnya.

Penutup
Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membersihkan file sampah di HP Android yang dapat mengakibatkan dampak buruk seperti kinerja menjadi lambat serta memenuhi memori internal. Agar lebih maksimal, lakukan pembersihan ini secara rutin paling tidak selama seminggu sekali. Selain membuat berkas sampah jadi lebih terkontrol, pembersihan secara rutin juga akan membuat aplikasi bekerja secara maksimal dalam menghapus file sampah.

Mudah! Begini Cara Membersihkan File Sampah di HP Android