Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Macet? Ini Penyebabnya

HP Android merupakan jenis ponsel yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang diberbagai penjuru dunia. Dengan sistem operasi yang di klaim cukup canggih, membuat HP dengan sistem operasi Android mendapatkan tempat dihati para pecinta gadget, terlebih harganya yang sangat terjangkau. Performa HP Android yang masih baru memang sangat baik, namun terkadang setelah dipakai dalam kurun waktu cukup lama kinerjanya menurun jadi lemot dan sering macet.

Ada banyak pengguna android yang bertanya-tanya, kenapa HP Android saya semakin lama rasanya semakin jadi lemot dan gampang macet? Rasanya pertanyaan semacam itu sudah tidak asing lagi kita dengar. Keluhan menurunnya performa HP Android setelah dipakai dalam waktu yang lama sejak pertama dibeli sudah jadi hal yang lumrah. Setiap HP Android memang berpotensi menjadi lemot dan mudah macet seiring dengan pemakaian penggunanya.

Penyebab Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Macet

Sebenarnya HP Android yang macet dan lemot dapat dicegah mulai pada saat pertama kali beli alas pada saat masih baru. HP Android yang masih baru akan lebih mudah dicegah agar tidak lemot dan gampang macet ketimbang HP Android yang sudah lama digunakan. Hal ini dikarenakan HP Android yang masih baru belum terlalu banyak "terkontaminasi" dengan software dan juga pemakaian yang masih minim.

Penyebab Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Mudah Macet

Ternyata ada banyak sekali faktor yang dapat membuat HP Android jadi lemot dan mudah macet. Kinerja yang menurun ini bisa disebabkan oleh cara pengguna memperlakukan HP Android itu sendiri atau bisa juga disebabkan oleh perubahan sistem operasi dan juga aplikasi yang terpasang dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa jadi penyebab HP Android lemot dan macet.

Terlalu Banyak Aplikasi Terpasang

Penyebab kenapa HP Android performanya menurun hingga jadi lemot dan mudah macet yang pertama adalah terlalu banyaknya aplikasi terpasang. Memang sih ketika pakai HP Android, kamu akan disuguhi oleh banyak aplikasi di Playstore yang mungkin akan memudahkan pekerjaan kamu. Namun satu hal yang harus kamu tahu, bahwa memasang terlalu banyak aplikasi dalam HP Android akan membuat performanya menurun seiring berjalannya waktu. Hingga pada akhirnya ponsel pintarmu akan jadi lemot dan mudah macet.

Banyak Aplikasi Yang Berjalan Dilatar Belakang

Penyebab yang kedua ini masih berkaitan dengan penyebab yang pertama. Semakin banyak aplikasi yang kamu pasang di HP Android maka akan semakin banyak pula aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan membuat penggunaan Random Access Memory (RAM) menjadi sangat boros. Ketika ada aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang tersedia, maka HP Android akan jadi lemot dan mudah macet.

Memori Internal Yang Hampir Habis

Penyebab ketiga yang membuat HP Andorid kamu jadi lemot dan macet ini masih jadi lanjutan poin satu dan dua diatas. Setiap aplikasi yang terpasang akan membutuhkan direktori untuk menyimpan file-file sistem ke memori internal. Sehingga semakin banyak aplikasi yang terpasang maka akan semakin banyak pula memori internal yang digunakan.

Padahal memori internal pada HP Android tidak hanya digunakan untuk menyimpan file sistem aplikasi saja, namun juga digunakan untuk menyimpan file-file lain. Semakin hari akan semakin banyak file yang tersimpan di memori sehingga kapasitasnya akan semakin habis. Hal inilah yang membuat HP Android kamu semakin lama kinerjanya menjadi semakin menurun hingga menyebabkan lemot dan gampang macet.

Penggunaan Widget Yang Berlebihan

Salah satu kelebihan HP Android yang diklaim canggih adalah banyaknya berbagai macam widget keren yang bisa membuat tampilan menjadi lebih keren. Namun ternyata penggunaan widget yang berlebihan juga dapat memakan kapasitas RAM dalam jumlah banyak. Alhasil, ketika kamu membuka sebuah aplikasi yang notabene juga memerlukan memori RAM, maka HP Android kamu akan jadi lemot bahkan dapat menjadi macet.

Memasang dan Sering Ganti Wallpaper Animasi

Salah satu penyebab performa HP Android menurun sehingga jadi lemot dan mudah macet namun banyak tidak disadari oleh pengguna adalah penggunaan live wallpaper atau wallpaper animasi. Memang sih, wallpaper jenis akan "memanjakan mata" saat kamu mulai beraktifitas menggunakan HP Android. Namun satu hal yang harus kamu tahu bahwa penggunaan wallpaper animasi pada HP Andorid juga memakan cukup banyak RAM yang dapat membuatnya menjadi lemot dan macet ketika digunakan untuk membuka aplikasi lain.

Aplikasi Android Yang Selalu Update

Tahukah kamu bahwa update aplikasi yang sudah terpasang di HP Android tidak banyak membuatnya menjadi lebih terbaru, namun juga meningkatkan kinerja serta file direktorinya. Dalam artian, aplikasi yang update ke versi terbaru juga semakin berat dan semakin besar pula kapasitasnya. Kembali ke poin satu, ketika semakin banyak aplikasi terpasang yang update, maka akan semakin banyak pula memori dan RAM yang bisa membuat HP Android jadi lemot dan mudah macet.

Cara Mencegah HP Android Agar Tidak Lemot dan Mudah Macet

Kalau kamu sudah tau hal-hal yang menyebabkan HP Android kamu jadi lemot dan macet, maka sebaiknya kamu segera melakukan langkah pencegahan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius. Langkah pencegahan ini akan optimal ketika dilakukan pada saat kondisi HP Android masih baru. Namun langkah pencegahan ini juga tidak salah jika dilakukan saat HP Android sudah mulai lemot dan macet. Berikut ini caranya.

Pasang Aplikasi Seperlunya Saja

Jika kamu tidak ingin HP Adroid menjadi lemot dan mudah macet, maka sebaiknya kamu pasang aplikasi yang diperlukan saja. Memasang aplikasi sesuai dengan kebutuhan akan membuat performa HP Android akan jadi lebih stabil karena minimnya penggunaan memori internal dan juga RAM. Dengan begini HP Android kamu tidak akan mudah lemot dan macet.

Hapus Aplikasi dan File Yang Sudah Tidak Terpakai

Langkah pencegahan lain yang bisa kamu lakukan agar HP Android tidak lemot dan mudah macet adalah dengan menghapus semua aplikasi dan file yang sudah tidak terpakai. Salah satu ciri file dan juga aplikasi yang sudah tidak kamu butuhkan yaitu sangat jarang dibuka dan hampir tidak pernah dipakai lagi. Jika ada file atau aplikasi dengan ciri tersebut di HP kamu, sebaiknya dihapus saja.

Baca Juga:
  1. 7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot
  2. Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar
  3. 8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus

Hindari Penggunaan Widget Yang Tidak Perlu

Memang benar widget aplikasi pada HP Android dapat memudahkan kita dalam melakukan suatu pekerjaan, namun tidak usah semua widget dipasang karena dapat membuat performa HP Android menurun hingga jadi lemot dan mudah macet. Sebaiknya pilih dan pilah widget lalu gunakan yang dirasa paling diperlukan saja. Dengan begini kamu bisa mengemat RAM dan menghindarkan HP Android dari resiko lemot dan mudah macet.

Gunakan Wallpaper Gambar Biasa

Tidak usah peduli dengan tampilan yang keren seperti halnya memakai wallpaper animasi jika pada akhirnya membuat performa HP jadi lemot dan mudah macet. Lebih baik gunakan wallpaper gambar biasa saja yang jelas lebih ringan dan tidak memakan RAM. Hal ini juga jadi langkah untuk mencegah HP Android jadi lemot dan mudah macet.

Install Ulang, Jangan Update Aplikasi

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa update aplikasi dapat meningkatkan resiko HP Android jadi lemot dan mudah macet. Maka dari itu, lebih baik install ulang aplikasi ketika ada veris yang lebih barunya. Update aplikasi terkadang dapat menumpuk file sistem pada direktori yang dapat memakan ruang berlebih. Hal ini dapat mencegah penurunan performa HP Android agar tidak jadi lemot dan mudah macet.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai penyebab performa HP Android menurun jadi lemot dan mudah macet beserta cara mencegahnya. Meskipun canggih, setiap ponsel pasti akan mengalami yang namanya penurunan kinerja seiring dengan berjalannya waktu dan juga penggunaan. Kamu tidak dapat menghindarinya namun dapat mencegahnya dengan meminimalisir penyebabnya seperti yang sudah dibahas pada artikel diatas.

Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Macet? Ini Penyebabnya