Yuk Cari Tahu! Apa Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet?

Jika saat ini kamu ingin membeli printer, pasti kamu akan dibuat bingung oleh dua pilihan yaitu jenis printer itu sendiri. Saat ini ada dua jenis printer yang bisa ketahui yaitu inkjet dan laserjet. Perbedaan printer inkjet dan laserjet pada dasarnya ada pada teknologi pengaplikasian tinta pada media kertas yang digunakan. Namun diluar itu masih banyak hal-hal yang membedeakannya yang bisa kamu ketahui secara detail pada artikel yang akan kita bahas kali ini.

Berbicara mengenai perbedaan printer inkjet dan laserjet, maka bisa diartikan bahwa kita akan mengupas serta membandingkan keduanya tanpa memandang kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dilihat secara lebih mendalam, memang ada banyak perbedaan yang perlu kamu ketahui untuk bisa memutuskan mana yang lebih baik dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Ini adalah hal yang wajar mengingat printer saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang.

Apa Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet

Perbedaan Antara Printer Inkjet dan Laserjet

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas perbedaan printer inkjet dan laserjet secara lebih detail mulai dari teknologinya, hasil cetaknya, tingkat kesulitan perawatannya, harganya, biaya perawatannya dan lain sebagainya. Buat kamu yang saat ini akan membeli printer wajib membaca dan memahaminya hingga tuntas supaya tidak salah memilih nantinya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui.

Perbedaan Dari Segi Teknologi

Dari segi teknologi, perbedaan printer inkjet dan laserjet memang terlihat sangat jelas. Keduanya memiliki cara mengaplikasikan tinta terhadap media cetak yang berbeda. Pada printer inkjet, memanfaatkan semburan tinta cair yang diaplikasikan melalui sebuah komponen bernama Cartridge. Sedangkan printer laserjet mengaplikasikan tinta menggunakan sinar laser dengan prinsip elektrik statis. Jadi, sinar laser akan ditembakkan ke photopreceptor secara tegak sehingga menghasilkan karakter atau gambar.

Perbedaan Jenis Tinta Yang Digunakan

Jenis tinta yang digunakan memiliki perbedaan antara printer inkjet dan laserjet. Pada printer inkjet menggunakan tinta cair dengan jumlah empat warna yang berbeda-beda yakni hitam, cyan, blue dan magenta. Warna lain yang beragam dihasilkan oleh cartridge dengan cara menyampurnya saat melakukan proses cetak. Sedangkan tinta yang digunakan oleh printer laserjet berbentuk bubuk atau toner.

Perbedaan Kecepatan Cetak

Dari segi kecepatan, perbedaan printer inkjet dan laserjet akan sangat bisa dirasakan. Kecepatan cetak printer inkjet paling maksimal hanya 6 lembar dalam waktu satu menit. Namun pada printer laserjet, kecepatan cetaknya menembus 20 halaman dalam waktu satu menit. Artinya priter laserjet memiliki kecepatan cetak lebih cepat 3 kali lipat daripada jenis printer injet.

Perbedaan Kualitas Hasil Cetak

Dari hasil cetak, perbedaan printer inkjet dan laserjet terletak pada detail dan ketajamannya. Jika untuk mencetak teks, hasil dari keduanya nampak sama bahkan tidak ada bedanya. Namun jika digunakan untuk mencetak gambar pada media kertas khusus, maka printer laserjet akan nampak jernih dan detail. Sedangkan printer inkjet akan nampak memudar dan kabur. Printer inkjet hanya bisa mencetak gambar dengan hasil lumayan baik di kertas HVS.

Dari segi ketahanan, hasil cetak pritner inkjet jauh lebih tahan lama bahkan jika terkena air sekalipun. Hal ini disebabkan karena teknologi laser yang digunakan sehingga hasilnya lebih kering dan padat. Sedangkan hasil cetak printer inkjet akan mudah luntur jika terkena air atau suhu yang lembab. Maka dari itu printer inkjet tidak cocok digunakan untuk mencetak dokumen jangka panjang.

Perbedaan Dari Segi Harga

Jika berbicara masalah harga, tentu sampai disini kamu sudah bisa menebak mana yang mahal dan mana yang murah. Ya benar sekali, perbedaan printer inkjet dan laserjet dari segi harga bisa dibilang cukup mencolok. Printer laserjet memiliki harga paling murah 1-3 juta untuk yang hitam putih. Untuk yang bisa berwarna harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah dan ukuran printer-nya juga sangat besar.

Sedangkan printer inkjet dari segi harga lebih terjangkau. Bahkan sangat terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa. Satu unit printer inkjet yang paling murah bisa kamu dapatkan dengan harga 700 ribu hingga 1 juta rupiah saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan printer berwarna yang bisa mencetak gambar di media kertas. Namun printer inkjet dengan kualitas lebih baik bisa kamu beli di harga 2-3 jutaan.

Baca Juga:
  1. Penyebab dan Cara Memperbaiki Selang Infus Printer Yang Tidak Mengalir
  2. Terbukti! Ini 7 Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet
  3. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perbedaan Tingkat Kesulitan Perawatan

Kemudian perbedaan printer inkjet dan laserjet dari segi perawatan juga cukup kontras. Dalam merawat printer inkjet, kamu cukup menjaga fisiknya supaya tidak terkena debu dan kotoran. Dari segi non-fisik, printer ini memiliki sistem yang mampu membersihkan dirinya sendiri baik itu dari sisa tinta ataupun penyumbatan aliran dengan perintah tertentu melalui software. Namun printer inkjet yang kualitas low end akan lebih sering bermasalah.

Sedangkan pada printer laserjet, tingkat kesulitas perawatannya bisa diakui cukup susah. Printer ini lebih sering mengalami kendala berupa kertas yang nyangkut pada saat mencetak. Jika hasil cetak tidak maksimal, maka kamu tidak bisa memperbaikinya sendirian. Umumnya, untuk memperbaiki masalah seperti ini kamu harus mengundang teknisi yang ahli dibidangnya. Jika ada spare part yang rusak pada printer laserjet, kamu harus mengeluarkan uang yang jauh lebih mahal.

Perbedaan Popularitas di Masyarakat

Dari segi popularitas, perbedaan printer inkjet dan laserjet tidak bisa disamakan. Karena di masyarakat sendiri untuk penggunaan rumahan umumnya memakai jenis inkjet. Sedangkan printer laserjet umumnya dipakai untuk kebutuhan komersil seperti percetakan. Maka dari itu, diantara masyarakat, printer inkjet lebih populer karena harganya yang terjangkau dan perawatannya yang cukup mudah.

Lebih Baik Mana Printer Inkjet atau Laserjet?

Jika kamu mengajukan pertanyaan seperi diatas, maka jawabannya tergantung pada kebutuhan. Jika digunakan untuk komersil seperti percetakan, sudah jelas yang harus digunakan adalah printer laserjet karena kualitas hasil cetaknya yang bagus dan tahan lama. Terlebih printer laserjet mampu mencetak kertas dalam ukuran A3+. Sedangkan jika hanya digunakan untuk kebutuhan rumahan atau kantor seperti mencetak surat menyurat, tugas sekolah, tugas kuliah, materi pelajaran, soal-soal latihan dan sebagainya, maka penggunaan printer inkjet saja sudah cukup.

Kesimpulan

Dengan membaca penjelasan mengenai berbagai macam perbedaan printer inkjet dan laserjet diatas, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama baik jika dipakai sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ingin membeli printer, pilihlah yang sesuai kebutuhanmu. Karena pada dasarnya jika terlalu mempertimbangkan hal-hal yang bersifat mubazir akan membuat kamu rugi secara materi. Jadi lebih baik belilah printer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Yuk Cari Tahu! Apa Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet?