Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Speaker adalah salah satu output penting pada sebuah laptop. Jika pada manusia, speaker bisa diibaratkan sebagai mulut yang berfungsi mengeluarkan suara. Jika speaker tidak berfungsi, maka laptop bisa dianggap bisu karena tidak bisa bersuara. Pada sebuah laptop sendiri, umumnya memiliki dua buah speaker di samping kiri dan kanan untuk mendapatkan efek suara 3 dimensi. Namun jika speaker laptop mati sebelah, maka suara yang keluar dari laptop menjadi tidak enak di dengar.

Speaker laptop juga menjadi salah satu hardware yang sering bermasalah. Salah satu masalah tersebut adalah speaker laptop mati sebelah yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Masalah ini nampaknya bisa terjadi di sistem operasi apa saja entah itu Windows 10, Windows 8, Windows 7 dan sebagainya. Masalah ini biasanya datang secara tiba-tiba namun juga kadang hilang sendiri. Meski begitu, jika tidak diatasi maka akan bermasalah secara permanen.

Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Penyebab Speaker Laptop Mati Sebelah

Setiap masalah yang terjadi pada laptop pasti disebabkan oleh faktor tertentu. Begitu pula dengan masalah speaker laptop mati sebelah yang kamu alami saat ini. Akan tetap ada dua kemungkinan yang jelas bermasalah disini. Bisa jadi itu karena setelan yang berubah atau software, kemudian yang kedua bisa jadi hardware-nya yang bermasalah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan mengenai beberapa penyebab kerusakan pada speaker laptop seperti berikut ini.
  • Pertama, kesalahan pengaturan left and right stereo pada driver sound atau pemutar musik.
  • Kedua, file audio yang memiliki kualitas setero tidak seimbang antara left dan right.
  • Ketiga, adanya masalah pada driver sound yang kamu gunakan saat ini.
  • Keempat, sound card laptop yang bermasalah sehingga output menjadi tidak lagi seimbang.
  • Kelima, Speaker laptop mengalami kerusakan di salah satu bagiannya.
  • Keenam, kemungkinan ada kabel putus pada salah satu loudspeaker laptop tersebut.

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Dengan mencari tahu berbagai macam penyebab diatas akan membuatmu lebih mudah mendiagnosa masalah sehingga proses perbaikan akan lebih efektif. Cobalah cek satu-persatu dari beberapa penyebab yang mungkin timbul seperti dijelaskan diatas. Setelah itu kamu bisa mengatasi speaker laptop mati sebelah dengan beberapa cara berikut ini.

Menyeimbangkan Pengaturan Stereo

Pertama silahkan pastikan bahwa pengaturan stereo pada driver sound atau media player yang kamu gunakan sudah seimbang antara kiri dan kanan. Kebanyakan masalah speaker laptop mati sebelah yang sering terjadi disebabkan oleh pengaturan stereo yang lebih condong ke satu sisi entah itu kanan atau kiri. Untuk menyeimbangkannya, maka ubah pengaturannya supaya berada ditengah-tengah.

Gunakan Mode Mono Untuk File Audio Kualitas Rendah

Terkadang file audio yang rendah memiliki kualitas stereo yang tidak seimbang. Akibatnya jika diputar pada output stereo dengan pengaturan stereo juga, maka speaker laptop yang berbunyi jadi tidak seimbang antara kiri dan kanan. Atau bisa juga malah speaker laptop mati sebelah. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memutarnya secara mono dengan mengubah pengaturan pada media player atau driver sound. Pengaturan mono akan membuat volume kedua speaker sama.

Gunakan Driver Sound Yang Lebih Cocok

Jika masalahnya ternyata terletak pada driver sound, maka kamu harus memperbaiki driver tersebut. Kadang driver yang bermasalah membuat speaker laptop mati sebelah. Solusinya adalah dengan download dan install driver yang lebih kompatible atau bisa juga dengan melakukan update driver sound ke versi yang lebih baru. Kamu bisa mendapatkan driver yang cocok dari CD bawaan laptop atau bisa juga mengunduh di website resmi merk laptop kamu. Biasanya website resmi produsen menyediakan berbagai macam driver yang sesuai dengan produk mereka.

Pasang Sound Card Eksternal Pada Laptop

Apabila yang bermasalah adalah sound card sedangkan kamu masih belum punya uang untuk mengganti yang baru, kamu bisa memakai sound card eksternal untuk sementara waktu. Harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tentu harga sangat mempengaruhi kualitas. Kamu bisa membeli di toko komputer terdekat atau beli secara online. Umumnya, cara penggunaan sound card eksternal ini cukup di colokkan pada port USB laptop saja.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop
  2. 7 Rahasia Menjaga Baterai Tanam Laptop Tetap Awet
  3. 9 Gejala Harddisk Laptop Rusak [Serta Cara Antisipasinya]

Ganti atau Sambung Kabel Yang Putus

Jika ada kabel speaker yang putus, maka kamu bisa menyambungnya. Namun hal ini harus kamu pastikan terlebih dahulu dengan cara membongkar casing laptop bagian belakang kemudian melihat bagian speaker-nya. Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah pada poin ini cukup rentan jika kamu tidak paham seluk beluk laptop itu sendiri. Jika ragu, sebaiknya minta bantuan pada yang lebih ahli saja.

Ganti Loudspeaker Yang Rusak

Masalah speaker laptop mati sebelah kemungkinan juga disebabkan oleh salah satu loudspeaker laptop yang mengalami kerusakan sehingga hanya satu saja yang berfungsi. Kondisi ini akan membuat suara yang keluar dari laptop hanya sebelah saja. Satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah mengganti loudspeaker tersebut dengan yang baru. Sama halnya dengan menyambung kabel, cara ini juga rawan. Jika ragu bawa ke tukang servis saja.

Gunakan Speaker Eksternal Untuk Sementara Waktu

Cara terakhir untuk mengatasi speaker laptop mati sebelah adalah dengan menggunakan speaker eksternal. Ini juga merupakan cara yang paling mudah. Kamu tinggal menyediakan speaker aktif atau speaker eksternal laptop kemudian menghubungkan line in ke lubang jack audio pada laptop. Dengan beberapa langkah mudah masalah speaker bisa teratasi. Speaker ini bisa kamu beli dengan kisaran harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Penutup

Itukah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang saat ini kamu alami. Speaker laptop yang bekerja dengan tidak normal memang sangat membuat tidak nyaman. Apalagi jika kamu sedang menggunakannya sebagai hiburan dengan aktivitas seperti menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game. Jadi jika speaker laptop kamu sedikit bermasalah, cobalah untuk menerapkan trik diatas secara baik dan benar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah