7 Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop dan Komputer

Laptop dan komputer adalah salah satu gadget yang banyak digunakan untuk bekerja. Tentu supaya bisa melakukan pekerjaan kita butuh software yang sesuai dengan bidang masing-masing. Sebagai contoh, desainer grafis membutuhkan aplikasi pengolah gambar seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop. Namun terkadang, software yang kita jalankan tidak merespon atau not responding saat dipakai. Lalu apa saja penyebab aplikasi not responding pada laptop dan komputer?

Apapun penyebab aplikasi not responding pada laptop maupun komputer, yang jelas sangat mengganggu aktivitas kita sehingga pekerjaan jadi tak kunjung selesai. Terlebih masalah ini sangat merugikan. Bagaimana tidak, bayangkan apabila pekerjaan hampir selesai namun tiba-tiba aplikasi tidak merespon. Sedangkan kita belum sempat menyimpannya. Maka kita harus memulai dari awal lagi. Selain rugi waktu, kamu juga akan rugi tenaga. Sayangnya, masalah ini sangat sering terjadi tanpa kita duga.

Catatan: Biasanya masalah ini ditandai dengan munculnya notifikasi (... is not responding) atau tulisan (Not Responding) dibagian atas jendela serta diiringi aplikasi yang macet dan keluar dengan sendirinya.

Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop dan Komputer

Penyebab Software Is Not Responding Pada Laptop dan Komputer

Seperti yang sudah kita tandai dalam kutipan diatas bawah ciri-ciri masalah ini dapat ditandai dengan peringatan yang bertuliskan "... is not responding" atau didalam jendela tertera tulisan (Not Responding) yang menunjukkan bahwa aplikasi yang berjalan tersebut tidak bisa merespon perintah. Masalah ini bisa terjadi di Windows 10, Windows 8, Windows 7 bahkan Windows XP. Lalu apa saja penyebab aplikasi not responding? Berikut ini penjelasannya.

Pemasangan Aplikasi Yang Tidak Sempurna

Penyebab aplikasi not responding yang pertama bisa disebabkan oleh instalasi software yang tidak sempurna sehingga pada saat dibuka dan digunakan menjadi tidak normal. Ketika sebuah software di install secara tidak sempurna, maka akan ada beberapa missing file atau file yang hilang. Biasanya kondisi ini terjadi akibat proses ekstraksi yang tidak berjalan lancar sehingga beberapa file tersedia. Software yang berjalan tanpa beberapa file akan menjadi corrupt.

Kapasitas RAM Yang Tidak Mencukupi

Faktor hardware juga mempengaruhi kenapa sebuah software tidak bisa berjalan. Seperti halnya faktor kapasitas RAM yang tidak mencukupi sehingga membuat aplikasi not responding. Seperti yang kita ketahui bahwa spesifikasi setiap PC berbeda-beda sehingga kemampuannya dalam menjalankan software juga berbeda antara satu dan lainnya. Semakin berat aplikasi maka akan semakin banyak memakan RAM. Jadi apabila kami menjalankan aplikasi berat dengan kapasitas RAM tidak sesuai maka akan macet.

Banyak Aplikasi Berjalan Multitasking

Penyebab aplikasi not responding yang lain mungkin disebabkan oleh banyaknya multitasking yang berjalan. Masalah ini juga masih berkaitan erat dengan kapasitas RAM yang tersedia. Pasalnya, banyaknya aplikasi yang berjalan secara multitasking juga harus diiringi dengan kapasitas RAM yang mumpuni. Apabila spesifikasi laptop atau komputer kamu rendah, jangan memaksakan untuk melakukan pekerjaan secara multitasking dalam jumlah yang banyak.

Memaksa Install Aplikasi Yang Tidak Cocok

Dalam sistem operasi Windows, Bit Rate dibedakan menjadi dia versi yakni 32-bit dan 64-bit. Memaksakan install software dengan bit rate yang tidak sesuai hanya akan mengakibatkan aplikasi not responding ketika dijalankan. Sebagai contoh, kamu memasang memiliki laptop 32-bit lalu memasang aplikasi media player 64-bit maka akan terjadi error. Begitu juga sebaliknya. Selain itu, beberapa aplikasi juga tidak bisa berjalan di versi Windows yang lain. Misalnya aplikasi A berjalan lancar di Windows 10 namun menjadi macet di Windows 8.

Terlalu Banyak Plugin Terpasang

Plugin adalah sebuah program tambahan untuk sebuah aplikasi yang bertujuan memudahkan pengguna dalam hal tertentu. Namun masalahnya terlalu banyak memakai plugin tambahan akan membuat aplikasi not responding serta berat ketika digunakan untuk bekerja apabila spesifikasi laptop atau komputer tidak mumpuni. Jadi, sebaiknya gunakan plugin yang hanya dibutuhkan saja agar software bisa berjalan secara normal.

Ada Masalah Pada Harddisk

Kondisi kesehatan harddisk juga bisa jadi penyebab aplikasi not responding. Hal ini disebabkan oleh proses loading aplikasi pada saat dibuka yang perlu mengakses file sistem yang tersimpan didalam harddisk. Umumnya masalah harddisk seperti bad sector membuat aplikasi yang berjalan tiba-tiba macet ditengah jalan. Namun sebelumnya harus dilakukan cek bad sector terlebih dahulu untuk mengetahui kesehatan harddisk tersebut.

Processor Mengalami Overheat

Penyebab aplikasi not responding yang terakhir adalah overheat pada processor. Seperti yang kita ketahui bahwa processor merupakan otak dari semua hardware. Sedangkan processor sendiri selalu bekerja keras untuk memproses berbagai macam data termasuk software dan sistem operasi. Jadi apabila terjadi overheat, maka kinerjanaya akan menurun. Akibatnya akan ada banyak aplikasi yang berjalan jadi bermasalah.

Baca juga:
  1. 10 Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online
  2. Mudah! Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Laptop
  3. Berhasil! Inilah 4 Cara Download Driver Laptop Yang Cocok

Cara Mematikan Aplikasi Not Responding di Laptop dan Komputer

Apabila kamu mengalami masalah ini, jangan panik dulu meski laptop atau komputer yang kamu gunakan akan menjadi macet dan sulit bergerak. Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan software yang tidak bisa merespon tersebut. Dengan mematikannya secara paksa, laptop atau komputer kamu akan bisa berjalan normal kembali. Berikut ini adalah cara untuk mematikan aplikasi not responding pada dengan Task Manager.
  • Silahkan buka Task Manager, dengan cara klik Start lalu ketikkan kata kunci task manager.
  • Apabila sudah ketemu silahkan di klik dan buka aplikasi Task Manager-nya.
  • Lihat pada bagian tab Processes, disitu kamu bisa lihat banyak daftar aplikasi yang berjalan termasuk aplikasi yang not responding. 
    Cara Mematikan Aplikasi Not Responding via Task Manager
  • Klik kanan pada aplikasi yang macet kemudian pilih End Task. Maka aplikasi tersebut akan dipaksa berhenti bekerja oleh Windows.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab aplikasi not responding pada laptop dan komputer yang perlu kamu ketahui. Software yang tidak merespon akan membuat macet. Namun kamu bisa mematikan aplikasi tersebut dengan menghentikan kerjanya secara paksa via Task Manager. Selain itu, rajin-rajinlah menyimpan pekerjaan apabila software yang kamu gunakan tidak memiliki fasilitas auto save karena masalah ini bisa datang kapan saja.

7 Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop dan Komputer