Berhasil! Inilah 4 Cara Download Driver Laptop Yang Cocok

Driver merupakan perangkat lunak pada komputer yang memiliki fungsi sebagai kontrol terhadap hardware sehingga bisa bekerja sesuai dengan tugasnya. Setiap laptop menggunakan driver software yang berbeda-beda. Jadi tidak semua driver cocok untuk setiap laptop karena harus sesuai dengan tipe hardware masing-masing. Driver itu sendiri bisa rusak dan hilang akibat malware atau install ulang. Lalu bagaimana cara download driver laptop yang cocok?

Meski di internet banyak sekali situs yang menyediakan driver software, namun kita sulit menemukan yang paling kompatibel dengan device yang digunakan. Apalagi dalam sebuah laptop driver tersebut ada banyak seperti VGA, Bluetooth, touchpad, keyboard, webcam, port USB, sound dan lain sebagainya. Kamu harus menemukan masing-masing driver dari hardware tersebut agar bisa berfungsi. Karena masalah inilah banyak pengguna yang menganggap bahwa untuk download driver laptop yang cocok itu sangat sulit.

Cara Download Driver Laptop Yang Cocok

Cara Mencari Driver Laptop di Internet Yang Cocok

Mencari driver laptop di internet yang kompatibel bisa dibilang sedikit agak susah. Hal ini disebabkan oleh jenis, macam, tipe dan versi driver yang sangat banyak. Apabila kita download driver yang tidak sesuai, maka apabila di install tidak akan membawa dampak apa-apa terhadap hardware alias percuma. Umumnya driver disertakan pada box penjualan laptop dalam bentuk DVD. Jika hilang atau rusak, kamu bisa melakukan cara download driver laptop yang cocok seperti berikut ini.

Download Driver di Situs Resmi Vendor

Cara pertama untuk download driver laptop yang cocok adalah dengan mencarinya di situs resmi dari vendor. Umumnya setiap vendor laptop memiliki situs resmi. Tidak hanya dijadikan sebagai media promosi dan mengenalkan produk, situs resmi ini juga menyediakan dukungan untuk para pelanggan mereka dalam bentuk software dan update salah satunya adalah driver. Untuk mencari driver di situs resmi vendor cukup mudah, kamu tinggal memilih yang sesuai dengan merk dan tipe laptop kamu.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali vendor sekaligus produsen laptop yang terkenal. Kebanyakan vendor yang menaruh pasar di Indonesia memiliki situs resmi yang berfungsi untuk promosi dan juga menyediakan dukungan pasca beli kepada para konsumen. Berikut ini beberapa daftar official website dari berbagai vendor yang kita kenal di Indonesia:
  • Lenovo: www.lenovo.com
  • Acer: www.acer.com
  • Hawlett-Packard (HP): www8.hp.com
  • Asus: www.asus.com
  • BenQ: www.benq.com
  • Dell: www.dell.com
  • MSI: id.msi.com

Download Driver Dengan ID Hardware

Cara kedua untuk download driver laptop yang cocok adalah menggunakan ID hardware. Seperti halnya manusia yang memiliki sidik jari, setiap hardware yang diproduksi juga memiliki identitas berupa kode dari susunan huruf, angka dan simbol yang bisa digunakan untuk mencari driver di internet. Cara ini biasanya akan membuat kita langsung menemukan software driver yang kompatibel dengan hardware laptop yang dimaksud.

Cara mengetahui ID Hardware di Device Manager

Untuk mengetahui ID setiap hardware laptop caranya adalah dengan membuka Device Manager terlebih dahulu. Silahkan klik Start kemudian ketikkan Device Manager. Disitu akan muncul Device manager silahkan langsung dibuka. Kamu akan melihat jendela yang menampilkan daftar hardware yang terpasang pada laptop. Silahkan pilih salah satu lalu klik kanan, kemudian pilih Properties. Buka tab Details disebelah kanan. Lalu pada bagian dropdown properti pilihlah Hardware Ids. Maka akan mucul ID hardware.

Cara download driver dengan ID hardware

Cara download driver laptop yang cocok selanjutnya adalah apabila sudah ketemu, silahkan klik kanan pada bagian ID hardware tersebut lalu pilih Copy. Kemudian buka browser dan buka Google. Silahkan Paste ID hardware tadi ke kolom pencarian. Maka disitu akan muncul berbagai macam situs yang menyediakan driver software yang kamu cari. Silahkan download dan di install, bisa dipastikan bahwa driver tersebut 100% cocok.

Download Driver Laptop Via Aplikasi Pihak Ketiga

Cara selanjtunya yang bisa kamu lalukan untuk download driver laptop yang cocok adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mencari driver yang cocok untuk laptop adalah Driver Pack atau DriverToolkit yang bisa kamu untuk di situs resminya. Untuk aplikasi Driver Pack bisa kamu unduh di situs www.driverpack.io sedangkan untuk aplikasi DriverToolkit bisa kamu dapatkan di  www.drivertoolkit.com secara gratis.

Download driver melalui aplikasi DriverToolkit

Karena kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk mencari driver yang cocok untuk laptop, maka pilihlah salah satu saja. Cara menggunakannya juga tidak sulit. Kamu cukup download dulu kemudian install. Buka aplikasinya maka akan otomatis melakukan scanning terhadap hardware yang belum terpasang driver. Kemudian aplikasi ini akan membantu kamu mencarikan driver yang cocok untuk laptop kamu.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop
  2. Awas Tertipu! Ini 6 Perbedaan Charger Laptop Original dan KW
  3. Mudah! Ini Cara Cek Bad Sector Hardisk Laptop dan Komputer

Download Driver Via Device Manager

Terakhir, cara untuk download download driver laptop yang cocok adalah dengan memanfaatkan software bawaan Windows agar mencari driver secara otomatis. Caranya cukup mudah. Pertama silahkan buka Device Manager dengan cara klik Start lalu ketik di pencarian. Jika sudah membuka Device Manager, silahkan pilih hardware-nya lalu buka detailnya klik tanda panah. Klik kanan pada jenis hardware kemudian pilih Update driver. Pilih menu Search automatically for update driver software. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Download Driver Laptop Via Device Manager

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara download driver laptop yang cocok. Cara ini bisa kamu terapkan apabila beberapa driver laptop kamu mengalami error yang disebabkan oleh malware atau install ualang. Jika kamu mengikuti langkahnya dengan benar, maka kemungkinan berhasil dalam mencari driver yang kompatibel untuk laptop akan sangat tinggi. Karena file driver memiliki ukuran yang cukup besar, maka sebaiknya gunakan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Berhasil! Inilah 4 Cara Download Driver Laptop Yang Cocok