Apa Saja Faktor Penyebab Suami Selingkuh? Ini 11 Jawabannya

Setiap pasangan menikah pasti berharap hubungan yang telah diikat dengan janji suci tersebut berlangsung lama hingga ajal menjemput. Namun dalam menjalin kehidupan rumah tangga memang selalu tidak mudah. Ada saja masalah yang bisa menimbulkan konflik baik kecil maupun besar. Salah satunya adalah masalah perselingkuhan yang dilakukan oleh suami. Faktor penyebab suami selingkuh memang sangat beragam meski hal ini sangat tidak benar.

Alih-alih mengikat janji setia sehidup semati, terkadang suami malah sengaja menyakiti hati sang istri dengan keberadaan orang ketiga. Seorang suami memang lebih mudah tergoda untuk selingkuh ketimbang istri menurut Dr. Dr. Fran Walfish, seorang psikoterapis sekaligus penulis buku The Self-Aware Parent. Kebanyakan faktor penyebab suami selingkuh ini tidak hanya dari eksternal rumah tangga saja, namun juga adanya masalah internal.

11 Faktor Penyebab Suami Selingkuh Yang Perlu Diketahui

11 Faktor Penyebab Suami Selingkuh Yang Perlu Diketahui

Berbicara perselingkuhan memang tidak bisa dilepaskan oleh kondisi rumah tangga yang selama ini sudah dibina. Setelah melihat dari berbagai masalah yang melatarbelakangi, ternyata tidak semua suami yang selingkuh itu selalu disalahkan. Terkadang ada hal-hal sensitif yang mengangkit istri justru memicu suami tergoda dengan wanita lain. Meski perselingkuhan bukanlah jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah rumah tangga, namun kasus ini kian meningkat dari tahun ketahuan. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab suami selingkuh yang biasanya terjadi.

Kurangnya Komunikasi Dengan Istri

Faktor penyebab suami selingkuh yang pertama adalah kurangnya komunikasi dengan istri. Dalam menjalin kehidupan rumah tangga komunikasi sangat dibutuhkan. Pasangan menikah ibarat sebuah tim yang mengarungi kehidupan penuh liku. Setiap pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah harus dilakukan dengan komunikasi. Berbicara adalah kunci utama yang bisa membuat suasana yang tidak baik kembali mencair.

Waktu Berkualitas Untuk Berdua Yang Jarang

Berumah tangga tidak hanya sebatas mengarungi hidup bersama dengan mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya hingga lupa waktu. Memang sih keberadaan uang dalam rumah tangga itu penting, namun juga bukan sesuatu yang mutlak. Terkadang istri yang memiliki karir juga lupa meluangkan waktu untuk suami ketika menghadapi banyak pekerjaan. Tidak adanya waktu berkualitas untuk berdua sering kali menjadi faktor penyebab suami selingkuh.

Terlalu Banyak Tuntutan Dari Istri

Setiap istri memang berhak mendapatkan nafkah terbaik dari suaminya. Begitu juga suami, ia juga harus mau berusaha dan bekerja keras agar mendapatkan hasil yang terbaik untuk keluarganya. Kadang ada kalanya ketika suami sudah berusaha sekuat tenaga tapi belum membuahkan hasil, namun istri selalu menuntut banyak. Hal inilah yang terkadang menjadi faktor penyebab suami selingkuh karena merasa usaha yang ia lakukan tidak dihargai.

Suami Merasa Jenuh Dengan Hubungannya

Poin ini masih ada kaitannya dengan poin kedua diatas. Akibat sering banyak tuntutan yang tidak terealisasikan, maka akan ada saja masalah timbul. Terkadang suami merasa jenuh karena kurang diperhatikan istri ketika sedang bertengkar. Akibatnya ia akan mencoba mencari sosok lain yang mau memperhatikan disaat sedang terpuruk. Rasa jenuh memang menjadi faktor penyebab suami selingkuh yang paling sering dijadikan alasan.

Urusan Ranjang Yang Tidak Memuaskan

Hidup berumah tangga tidak hanya meliputi urusan dapur dan keuangan saja. Namun juga ada urusan ranjang yang perlu diperhatikan. Hubungan ranjang adalah salah satu sumber kebahagiaan suami maupun istri. Apabila urusan ranjang dengan istri dirasa tidak memuaskan, maka hal tersebut cenderung membuat faktor penyebab suami selingkuh dengan wanita lain dan berharap mendapatkan kepuasan di ranjang.

Mempunyai Sifat Dasar Tidak Setia

Selain itu, kasus perselingkuhan bisa juga terjadi karena sifat dasar suami yang tidak setia. Artinya, ia suka menjalin hubungan dengan para wanita selain istrinya meskipun itu sebagai teman. Yang jelas sifat dasar ini sebenarnya bisa diketahui ketika waktu masih pacaran apabila istri lebih jeli. Beberapa ciri pria yang tidak setia antara lain bersikap tertutup, suka berbohong, suka menjalin hubungan dengan wanita, antusias terhadap wanita dan lain sebagainya.

Masalah Rumah Tangga Yang Menumpuk

Realita kehidupan rumah tangga memang terkadang tidak seindah yang diharapkan. Masalah dan cobaan selalu datang silih berganti tanpa kenal waktu. Masalah rumah tangga yang menumpuk dan tidak kunjung diselesaikan biasanya akan membuat suami mudah selingkuh. Hal ini juga turut dipengaruhi oleh  cara penyelesaian masalah yang kurang tepat. Apalagi ketika ada masalah, mereka tidak mau membicarakan namun malah saling diam.

Baca Juga:
  1. Penting! 7 Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga
  2. 8 Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar
  3. 7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan

Kehadiran Anak Yang Tak Kunjung Datang

Salah satu tujuan pasangan yang menjalin rumah tangga adalah mempunyai anak. Memang kodrat manusia diciptakan berpasangan agar memiliki keturunan dan berkembang biak. Namun bagaimana jika pasangan yang sudah lama membina rumah tangga tak kunjung dikaruniai anak? Tentu kondisi akan mudah memicu keretakan rumah tangga. Kehadiran anak yang tak kunjung datang bisa membuat suami stres dan putus asa yang membuatnya selingkuh.

Kondisi Hubungan Jarak Jauh

Terkadang, ada pasangan yang setelah menikah namun malah menjalin hubungan jarak jauh atau LDR karena suatu alasan. Umumnya, kondisi keuangan dan pekerjaan memaksa mereka menjalaninya. Akibatnya suasana rumah tangga akan terasa jauh berbeda. Hubungan jarak jauh sering menjadi faktor penyebab suami selingkuh karena merasa bosan dengan kondisi yang sepi. Kebanyakan suami yang selingkuh saat LDR tidak diketahui oleh istri.

Perbedaan Pandangan Dengan Istri

Terkadang menyatukan isi kepala dua orang agar lebih solid dalam menjalani liku-liku hidup itu cukup sulit. Apalagi jika istri memiliki sikap idealisme yang tinggi terhadap pendapatnya. Perbedaan pandangan dari suami yang tidak bisa diterima istri kadang membuat mereka stres dan menjadi faktor penyebab suami selingkuh. Mereka beranggapan bahwa menjalin hubungan dengan wanita lain akan membuatnya lebih bahagia.

Terpengaruh Kondisi Lingkungan

Faktor penyebab suami selingkuh yang terakhir adalah terpengaruh oleh kondisi lingkungan disekitarnya. Terkadang seorang suami memiliki teman, sahabat atau rekan kerja yang memiliki sifat dasar genit. Berkumpul dengan mereka lama kelamaan membuat suami terpengaruh. Kondisi lingkungan yang tidak baik seperti ini turut menjadi faktor penyebab suami selingkuh. Bukan karena kemauannya sendiri, namun karena ikut-ikutan yang dianggapnya menyenangkan.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai faktor penyebab suami selingkuh yang harus diketahui istri. Sebenarnya alasan setiap pria mendua dengan wanita lain sangat beragam tergantung latar belakang masalah awalnya. Namun bagaimanapun juga, seorang istri harus tahu apa saja hal yang bisa memicu suami mencari wanita idaman lain sebagai salah satu langkah antisipasi supaya kejadian buruk ini tidak terjadi. Yang jelas, setiap masalah harus dibicarakan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Apa Saja Faktor Penyebab Suami Selingkuh? Ini 11 Jawabannya