Penting! 7 Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Menjalani kehidupan rumah tangga adalah sesuatu yang bisa dibilang tidak mudah kenapa? Karena dalam setiap perjalanan akan selalu ada ujian dan hambatan yang akan dialami pasangan suami dan istri. Salah satu yang paling sering dialami adalah pertengkaran dalam rumah tangga. Semua pasangan menikah pasti pernah mengalami hal ini entah. Namun jika intensitasnya sudah sangat sering berarti ada yang tidak beres dengan hubungan tersebut. Namun jika sesekali saja, nampaknya masih menjadi hal yang wajar.

Menghindari pertengkaran dalam rumah tangga adalah sebuah hal yang mustahil. Bagaimana bisa dua buah otak yang bekerja dalam sebuah tim untuk mengarungi kehidupan selalu memiliki pendapat yang sama. Nampaknya hal tersebut terlihat mustahil jika dibayangkan. Yang ada pasti malah sering konflik karena adanya perbedaan pendapat dalam kondisi tertentu. Kondisi seperti ini bisa dibilang wajar asalkan segera diselesaikan dan tidak berlarut-larut hingga waktu yang lama.

7 Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Bagaimana Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga?

Pada dasarnya, pertengkaran dalam rumah tangga itu adalah hal yang sangat wajar. Namun yang jelas, konflik antara suami dan istri seperti ini harus diselesaikan karena dapat membawa dampak buruk jika berlangsung lama. Pertikaian memang tidak baik dalam sebuah hubungan, maka dari itu perlu adanya kerja sama dan saling pengertian antar pasangan supaya dapat melalui ujian ini tanpa harus mengakhiri hubungan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Jangan Bertengkar Didepan Anak

Cara pertama yang wajib kamu lakukan ketika terjadi pertengkaran dalam rumah tangga adalah tidak memperlihatkannya pada anak. Harusnya seorang pasangan suami dan istri harus membuat kesepakatan ketika menikah untuk tidak pernah bertikai didepan anak. Pertengkaran yang dilakukan didepan anak akan membuat mentak dan psikis mereka terganggu. Mereka akan merasa tidak nyaman. Jika sampai stress karena melihat orang tua yang bertengkar, anak akan melakukan hal yang tidak pernah orang tua pikirkan.

Hindari Adu Argumen Saat Emosi

Ketik terjadi pertengkaran dalam rumah tangga, hindari beradu argumen. Karena ini hanya akan memperburuk suasana. Sebaiknya saling tahan ucapan agar suasana bisa segera membaik. Melakukan hal ini sejujurnya memang sangat sulit. Banyak orang yang tidak bisa melakukannya. Namun sangat perlu untuk dilakukan. Argumen yang keluar pada saat emosi bukanlah dari pikiran yang jernih. Terkadang apa yang diucapkan malah menimbulkan sakit hati antara satu dan yang lainnya.

Mengalah dan Mulai Baikan Duluan

Mengalah bukan berarti kalah. Apalagi didalam situasi pertengkaran dalam rumah tangga. Mengalah justru dapat memunculkan harapan baru untuk menjadi lebih baik. Dalam hal ini kesadaran diri memang sangat penting. Jika memang merasa bersalah sebaiknya minta maaf. Namun meski tidak salah, ada baiknya untuk memulai baikan duluan. Saling sadar diri adalah kunci dalam menyelesaikan konflik antara suami dan istri agar tidak berlarut-larut.

Berdiam Diri Terlebih Dahulu

Daripada beradu argumen atau saling serang, lebih baik pasangan suami istri berdiam diri terlebih dahulu saat terjadi pertengkaran dalam rumah tangga. Saling menjauh untuk beberapa waktu hingga suasana menjadi tenang nampaknya sebuah ide yang bagus. Menenangkan diri pada saat emosi memang perlu dilakukan oleh istri dan suami. Agar tenang, silahkan lakukan aktivitas yang disukai masing-masing tanpa harus melakukannya berdua. Yang penting, lakukan hal yang dapat membuatmu lebih tenang.

Lakukan Aktivitas Yang Disukai Berdua

Jika suasana hati berdua sudah agar tenang. Maka cara mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga adalah dengan mencoba melakukan aktivitas yang disukai berdua untuk mulai mencairkan suasana. Tidak perlu gengsi atau merasa kalah untuk memulai duluan. Karena cara ini menjadi bagian penting dalam menyelesaikan konflik. Silahkan jalan-jalan, makan bareng, atau belanja berdua meskipun belum banyak bicara. Paling tidak, buat suasana yang cair.

Baca Juga:
  1. 8 Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar
  2. Pria Harus Tau! Ini Yang Diinginkan Wanita Saat PMS
  3. 7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan

Bicarakan Masalah Ketika Sudah Dingin

Tahap selanjutnya adalah membicarakan masalah. Tapi ingat, lakukan ini jika memang suasana sudah dingin. Waktu yang paling tepat dan enak untuk membicarakan masalah rumah tangga adalah ketika menjelang tidur. Suami dan istri bisa ngobrol sebentar untuk saling menjelaskan apa yang terjadi sehingga memicu pertengkaran dalam rumah tangga. Komunikasi adalah kunci penting dalam menyelesaikan konflik. Dengan berbicara, maka suami akan lebih mudah mengerti istri dan juga sebaliknya.

Diskusi dan Cari Solusi Bersama

Terakhir, kalian bisa melakukan diskusi kecil terhadap masalah yang dialami untuk mendapatkan solusi bersama. Usahakan untuk mendapatkan win-win solution supaya tidak ada pihak yang keberatan. Selain dapat mencari solusi bersama, diskusi kecil juga bisa dimanfaatkan untuk saling evaluasi dan menyadari semua kesalahan. Disini, suami dan istri juga bisa membuat kesepakatan tertentu agar masalah yang telah dialami tidak terulang kembali di kemudian hari.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga supaya tidak berlangsung lama. Keretakan dalam hubungan bisa jadi disebabkan oleh konflik yang berkepanjangan. Maka dari itu ketika terjadi pertikaian, sebaiknya ada kerja sama dan saling pengertian dari suami atau istri untuk menyelesaikan masalah tersebut. Akan lebih baik jika setiap masalah selalu dibicarakan bersama ketika suasana sudah dingin agar bisa sama-sama mencari solusinya.

Penting! 7 Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga