9 Penyebab Layar HP Android Bergaris Putih dan Berkedip

Semakin canggih sebuah perangkat maka akan semakin rawan mengali kerusakan. Hal ini juga berlaku bagi smartphone. Salah satu bagian ponsel pintar yang paling sering bermasalah adalah LCD. Kerusakan paling umum yang terjadi adalah layar HP Android bergaris warna putih disertai berkedip yang membuat tampilkan menjadi tidak enak dilihat. Pengguna yang mengalami masalah ini pasti akan sangat kesal karena smartphone mereka jadi tidak menarik lagi.

Masalah layar HP Android bergaris dan berkedip memang sangat mengganggu. Tampilan pada layar ponsel menjadi buram dan tidak jelas. Meski teknologi LCD saat ini sudah beragam dengan sistem keamanan yang sangat baik, namun tetap masih ada saja masalah yang membuat tampilan ponsel jadi tidak menarik. Masalah seperti bisa terjadi karena berbagai macam faktor penyebab yang berbeda di setiap kasusnya. Ada yang karena faktor pemakaian, cacat produksi, atau kecelakaan.

Penyebab Layar HP Android Bergaris Putih dan Berkedip

Penyebab Layar HP Android Bergaris Putih dan Berkedip

Berbicara mengenai sebuah kerusakan, pasti akan ada banyak sekali penyebab yang mengakibatkan hal itu. Terlebih masalah LCD pada ponsel adalah kerusakan yang paling fatal dan sulit diatasi. Biaya yang dikeluarkan untuk service sendiri tidak sedikit. Untuk memperbaikinya kamu perlu mengeluarkan uang ratusan ribu. Lalu apa saja sih penyebab layar HP Android bergaris putih dan berkedip? Simak pembahasan berikut ini.

Ponsel Pernah Terjatuh

Penyebab layar HP Android bergaris yang pertama adalah terjatuh. Selain itu, ponsel yang pernah terjatuh terlebih dengan kekuatan yang cukup keras akan membuat LCD rusak yang ditandai dengan berkedip terlebih dahulu dalam waktu lama. Biasanya ponsel terjatuh karena unsur kecelakaan atau tidak sengaja. Ketinggian jatuhnya ponsel sangat menentukan parah atau tidaknya kerusakan layar. Apabila jatuh cukup tinggi biasanya LCD bisa muncul garis.

LCD Terbentur Oleh Benda Keras

Selain terjatuh, kecelakaan yang sering dialami pengguna adalah benturan. Mungkin saja ponsel kamu pernah mengalami benturan dengan benda keras hingga mengakibatkan LCD berkedip yang menandakan ada masalah. Benturan yang keras juga bisa membuat LCD menjadi bergaris putih alias tidak tampil sebagian. Biasanya masalah ini terjadi ketika pengguna bepergian atau membawa ponsel saat beraktivitas diluar rumah.

Mengalami Tekanan Yang Kuat

Ketika HP mengalami tekanan yang kuat entah itu karena tertindih atau tertumpuk suatu benda, maka yang pertama kali bermasalah adalah bagian layarnya. Tekanan yang kuat dapat mengakibatkan kerusakan parah bahkan bisa menyebabkan layar retak atau pecah karena tidak kuat menahan beban. Biasanya kondisi ini terjadi ketika ponsel ditaruh disaku belakang celana jeans atau saat ditaruh didalam tas bersama benda berat lainnya.


Konektor LCD Bermasalah

Ada kemungkinan juga masalah layar HP Android bergaris itu karena konektor LCD yang tidak normal. Konektor yang bermasalah umumnya bisa terjadi akibat cacat produksi atau pemasangan yang tidak tepat ketika ponsel di servis. Sekedar info buat kamu bahwa pemasangan konektor LCD harus dilakukan dengan sangat presisi meski komponen ini sangat kecil dan rumit. Apabila ada konektor yang tidak pas, maka layar HP jadi tidak normal ketika baru dipakai beberapa kali.

Adanya Bug Pada Sistem Operasi

Selain pada hardware, masalah pada LCD juga bisa disebabkan oleh software. Perangkat lunak paling bertanggung jawab atas kontrol hardware adalah sistem operasi itu sendiri yakni Android. Bug yang terjadi pada sistem Android bisa disebabkan oleh update yang gagal, modifikasi pada ROM, atau root yang dilakukan oleh pengguna. Namun terkadang bug pada software juga bisa disebabkan oleh cacat produksi.

LCD Mengalami Dead Pixel

Apabila garis yang muncul pada layar ponsel berwarna merah dan tidak solid, bisa jadi iti disebabkan adanya dead pixel. Apa itu dead pixel? Adalah sebuah kondisi dimana salah satu atau beberapa pixel dintara ribuan mengalami kematian sehingga tidak bisa memancarkan warna yang sesuai. Biasanya dead pixel terjadi akibat faktor usia dari LCD itu sendiri. Semakin tua umur layar maka akan semakin berpotensi mengalami masalah ini.

Baca Juga:
  1. 6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor
  2. Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi
  3. Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Jaringan Wifi di Android

Layar Ponsel Kemasukan Air

Jika saat ini kamu mengalami masalah layar HP Android bergaris coba diingat kembali apakah pernah terkena cairan atau tidak. Tidak harus berjumlah banyak, terkadang cipratan air saja bisa membuat masalah pada layar ponsel seperti berkedip-kedip yang menandakan adanya kerusakan. Ketika kemasukan air, fungsi touchscreen pada layar ponsel juga akan terganggu sehingga akan sulit merespon perintah. Namun solusi masalah ini cukup mudah. Kamu tinggal mengubur ponsel pada tumpukan beras.

Ponsel Yang Mengalami Overheat

Apakah kamu sering menggunakan ponsel secara tidak wajar? Sebagai contoh bermain game dalam waktu berjam-jam, melakukan charging sambil dipakai, menjalankan beberapa aplikasi berat dalam waktu bersamaan dan sebagainya. Hal itu bisa membuat overheat yang berakibat pada layar HP Android bergaris. Overheat sendiri merupakan kondisi suhu ponsel yang berlebihan karena hardware dan chipset yang bekerja lebih keras.

Karena Faktor Usia Penggunaan

Penyebab layar HP Android bergaris yang terakhir adalah faktor usia. Tidak bisa dipungkiri, semua peralatan elektronik memiliki batas usia penggunaan tertentu. Hal ini juga berlaku untuk LCD smartphone. Semakin lama usia ponsel maka akan semakin lama pula masa pemakaiannya. Hardware yang terus bekerja lama-kelamaan akan rusak juga. Kadang LCD yang sudah tua sering berkedip yang menandakan bahwa akan mulai rusak.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab layar HP Android bergaris putih dan berkedip. Apabila kamu saat ini mengalami masalah tersebut, dengan mempelajari berbagai macam penyebabnya akan membuatmu menjadi lebih berhati-hati dilain waktu. Pasalnya, kerusakan LCD itu berakibat fatal. Salah satu solusinya adalah diganti dengan yang baru. Sedangkan biaya untuk mengganti layar ponsel itu sendiri sangat mahal. Maka dari itu banyak pengguna ponsel yang jengkel apabila mengalami kerusakan LCD.

9 Penyebab Layar HP Android Bergaris Putih dan Berkedip