Keren! 6 Tips Belajar Untuk Orang Yang Tidak Suka Baca Buku

Buku dikatakan sebagai sumber dari pengetahuan. Dengan banyak membaca buku tentu ilmu dan informasi yang kita dapat pun akan semakin banyak. Ada banyak jenis buku yang ada di dunia ini seperti, buku tentang teknologi, sejarah, pelajaran sekolah, resep masakan, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan cara belajar untuk orang yang tidak suka baca buku? Apakah ada alternatif lain?

Di sekolah, kita diberi bermacam-macam buku pelajaran, mulai dari buku paket, buku lembar kerja siswa, dan juga buku soal-soal beserta pembahasannya. Tentu saja diwajibkan bagi siswa untuk bisa menguasai materi yang tertulis di dalam buku. Namun, pada kenyataannya banyak sekali orang yang tidak suka baca buku. Padahal buku adalah salah satu media belajar.

Tips Belajar Untuk Orang Yang Tidak Suka Baca Buku

Alternatif Cara Belajar Untuk Orang Yang Tidak Suka Baca Buku

Sebagian besar dari siswa memang kesulitan belajar jika menggunakan media buku karena memang tidak bisa memahami isi materi di dalamnya sama sekali. Inilah yang membuat mereka tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik jika tidak memakai metode lain. Kondisi ini terkadang menyebabkan siswa tersebut tertinggal atau tidak menguasai di beberapa materi pelajaran. Nah, berikut adalah tips belajar untuk orang yang tidak suka baca buku.

1. Merangkum Isi Pokok Dari Buku

Kegiatan membaca buku memang dirasa membosankan bagi mereka yang tidak suka baca buku. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya kalimat yang ditulis yang seolah-olah membuat kita pusing ketika membacanya. Selain itu, hal tersebut juga sedikit menyulitkan bagi sebagian orang untuk menghafal materi di dalam buku.

Cara mudah untuk belajar orang yang tidak suka baca buku adalah dengan menggaris bawahi inti atau materi-materi yang penting di dalam buku. Rangkumlah ke dalam buku catatan sambil menghafalnya sedikit demi sedikit. Tulis dengan kalimatmu sendiri yang mudah kamu pahami. Lalu bacalah sedikit sedikit tetapi sering, langkah tersebut akan membantu orang-orang belajar tanpa media buku.

2. Menghafal Materi Sambil Beraktifitas

Jika kamu adalah salah satu orang yang tidak suka baca buku karena membosankan, maka buatlah metode belajar lain yang lebih menyenangkan. Misalnya dengan menghafal materi pelajaran sambil beraktifitas. Hal tersebut akan membuat kamu melupakan bahwa kamu sedang belajar.
Sebagai contoh, ketika di pagi hari kamu mandi, hafalkan sedikit materi pembelajaran. Lakukan hal yang sama ketika kamu sedang berolahraga, membersihkan rumah, atau sebelum tidur dengan materi yang berbeda beda. Menghafal sedikit-sedikit tetapi sering akan lebih efektif untuk tipe orang-orang yang kurang suka belajar dari banyak membaca buku.

3. Ciptakan Suasana Belajarmu Sendiri

Ketika kita belajar, kita memerlukan suasana yang sejalan dengan keinginan mood kita. Misalnya, kita menyukai suasana belajar yang tenang dan sunyi, maka pilihlah tempat dan waktu belajar yang sesuai. Ketika kamu lebih menyukai belajar dengan ditemani alunan musik, maka ciptakan suasana belajar yang demikian. Kamu pun bisa menghafal dengan menciptakan lagu dengan tema materi yang sedang kamu pelajari. Cara belajar orang yang tidak suka baca buku ini patut kamu coba.

4. Gunakan dan Cari Referensi Lain

Cara belajar orang yang tidak suka baca buku selanjutnya dengan mencari referensi lain yang menurut kamu mudah dimengerti. kamu bisa mencoba mencari referensi belajar lainnya. Misalnya kamu dapat mencari materi dari internet seperti video pendek yang penjelasannya lebih mudah dipahami. Kamu juga bisa mencari artikel-artikel dengan pembahasan terkait yang lebih mudah membantumu mengerti pelajaran. Itu dapat menjadi opsi untuk kalian yang tidak suka belajar dengan membaca buku.

Baca Juga:
  1. 5 Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Listening Skill
  2. Terbaik! Ini 8 Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah
  3. Ini 10 Cara Menanamkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini

5. Belajar Dengan Metode Mendengarkan

Mendengarkan serta menyimak temanmu yang sedang menghafal materi pelajaran bisa jadi pilihan. Ketika kamu orang yang tidak suka baca buku, mungkin kamu dapat menerapkan metode mendengarkan atau listening. Kamu bisa menyimak temanmu yang sedang mempelajari materi pelajaran. Kamu bisa menghafal materi bersama secara bergantian. Kalian bisa saling membantu mengoreksi satu sama lain. Hal tersebut akan membuat suasana belajar jauh lebih menyenangkan.

6. Meminta Bantuan Orang Lain Untuk Menjelaskan

Cara belajar orang yang tidak suka baca buku terakhir adalah dengan meminta bantuan temanmu menjelaskan materi pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami juga bukanlah opsi yang buruk. Cobalah bertanya kepada teman yang mengerti baik tentang materi pelajaran dan mintalah untuk menjelaskan bagian-bagian yang kamu belum mengerti. Catatlah penjelasan yang diberikan agar kamu tidak kesulitan untuk mempelajarinya kembali.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara belajar orang yang tidak suka baca buku. Hal ini perlu dibahas dan diketahui karena memang tidak semua orang bisa belajar dengan menggunakan teks atau tulisan. Setiap siswa juga memiliki cara unik masing –masing untuk memahami materi belajarnya. Jadi orang tua harus lebih kreatif dalam mencarikan alternatif solusi supaya anak bisa belajar sesuai dengan minat dan passion-nya.

Keren! 6 Tips Belajar Untuk Orang Yang Tidak Suka Baca Buku