-->

Tips Memilih Ikan Mas Koki Yang Bagus Kualitas Kontes!

Selain dijadikan hewan peliharaan, ternyata ikan mas koki juga ramai untuk dijadikan ajang konter. Bukan untuk diadu, melainkan untuk dipertandingkan kecantikannya. Tentu ikan yang dipakai untuk show memiliki kualifikasi tertentu yang tentunya hampir sempurna. Oleh karena itu memilih ikan mas koki yang bagus dengan kualitas konten tidak bisa dilakukan sembarangan. Umumnya ikan mas koki kualitas show atau biasa disebut ikan bahan harganya mencapai jutaan rupiah.

Memilih ikan mas koki yang bagus kualitas kontes bisa kamu lakukan ditempat peternak atau breeder-nya secara langsung. Karena umumnya ikan bahan show seperti ini tidak diperjual belikan di toko ikan hias. Sangat jarang toko ikan hias yang menjual ikan-ikan mas koki yang bags karena memang kualitasnya premium. Untuk harga yang dibanderol juga tidak main-main, satu ekor ikan mas koki kualitas kontes dibanderol dengan harga kisaran 2-5 jutaan.

Memilih Ikan Mas Koki Yang Bagus Kualitas Kontes

Tidak semua ikan mas koki bahan yang bagus dan kualitas kontes bisa menjadi juara, karena pada saat masa pertumbuhan banyak sekali perubahan yang bisa terjadi apabila tidak dirawat dengan baik. Namun kemungkinan besar ia sudah memiliki potensi menjadi juara apabila dipertahankan terus kualitasnya. Lalu seperti apa ikan mas koki yang bagus kualitas konter? Mari kita bahas bersama-sama.

Tips Memilih Ikan Mas Koki Kualitas Show Atau Kontes

Ditempat peternak atau breeder, ikan mas koki sudah melalui proses sortir ketika usianya masih 1 bulan. Proses sortir ini dilakukan beberapa tahap sampai menghasilkan ikan-ikan pilihan yang layak untuk kontes atau show. Dari keseluruhan jumlah telur yang menetas, mungkin tidak sampai 20% menjadi ikan yang bagus. Sisanya menjadi ikan reject yang dijual di kios ikan hias. Meski begitu, kamu tetap harusenguasai cara memilih ikan mas koki yang bagus kualitas kontes seperti penjelasan berikut.

Memilih Ikan Mas Koki Ranchu Kualitas Kontes

Tips pertama yang akan kita bahas untuk memilih ikan mas koki yang bagus adalah dari jenis ranchu. Ranchu kualitas kontes pada umumnya memiliki beberapa kualifikasi terutapa dari postur dan struktur tubuhnya. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah curva dari badan ranchu itu sendiri. Curva yang baik harus membentuk busur yang sempurna. Selain itu, pilihlah ikan mas koki ranchu yang memiliki  bone) tulang punggung yang tebal dan kokoh.

Lalu perhatikan kepalanya, pastikan wen atau jambul yang dimiliki ikan mas koki ranchu tidak menutupi matanya. Kemudian untuk ekor, pastikan memiliki keseimbangan dengan badan dan terbelah menjadi dua. Artinya sirip ekor tidak lebih besar atau lebih kecil dari badan ikan. Selain itu, pastikan semua sirip baik itu dayung, bawah, anal dan ekor rapi. Dalam artian tidak bengkok, memiliki lipatan atau besar sebelah.

Memilih Ikan Mas Koki Oranda Kualitas Kontes

Dalam memilih ikan mas koki oranda yang bagus kualitas konter memang lebih rumit ketimbang ranchu. Hal ini disebabkan oleh lebih banyaknya asek yang diperhatikan. Pertama ada pada anatomi tubuhnya. Kepala ikan mas koki oranda harus balance atau seimbang dengan tubuhnya dengan perbandingan 1:3. Kemudian pada dorsal atau sirip atas harus tegak berdiri, tidak patah dan mengembang sempurna.

Kemudian perhatikan seluruh siripnya mulai dari dayung, bawah, anal dan ekor. Pastikan semua sirip ini rapi, tidak ada lipatan, dan seimbang antara kiri dan kanan. Oranda termasuk jenis ikan mas koki yang memiliki wen atau jambul. Untuk kategori kelas show, sebaiknya pilih ikan mas koki oranda yang memiliki wen atau jambul tidak sampai menutupi matanya.

Memilih Ikan Mas Koki Ryukin Kualitas Kontes

Selanjutnya kita beralih ke jenis ryukin. Memilih ikan mas koki ryukin yang bagus bisa dibilang paling sulit. Selain itu perawatannya juga lebih rumit. Prospek ikan juga bisa berubah seiring pertumbuhan dan berjalannya waktu. Dalam memilih ikan ryukin kualitas show pertama yang harus kamu perhatikan adalah postur bada. Ikan ini dikenal memiliki punuk yang tinggi. Nah kamu memilih ikan yang memiliki punuk berisi namun seimbang dengan perutnya. Ryukin yang bagus, akan memlikiki curva bulan seperti koin.

Baca Juga:
  1. Begini Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Stress
  2. Sudah Tahu? Inilah 7 Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati
  3. Bikin Bulky! Ini 9 Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik

Selain badan, siripnya juga perlu diperhatikan. Yang pertama dalah dorsal fil atau sirip atasnya harus tegak dan tidak patah. Begitu juga dengan sirip lain mulai dari sirip dayung, sirip bawah, sirip anal dan sirip ekor pastikan ada dua serta seimbang anatara kiri dan kanan. Selain itu gaya renang ikan juga perlu diperhatikan, pastikan ikan tidak nungging atau sering berbalik.

Memilih Ikan Mas Koki Demekin Kualitas Kontes

Terkahir adalah cara memilih ikan mas koki demekin yang bagus. Pada dasarnya jenis ikan ini sangat mirip dengan ryukin hanya saja memiliki mata yang menonjol. Sehingga ketika kamu memilih demekin maka perhatikan kualifikasi yang sudah kita bahas diatas. Selain itu ada satu aspek yang perlu diperhatikan yaitu dibagian mata. Pastikan mata ikan demekin seimbang antara kiri dan kan kanan baik itu dari segi ukuran maupun posisinya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara memilih ikan mas koki yang bagus kualitas kontes dari setiap jenisnya. Karena ikan kontes tergolong langka dan premium, maka kamu juga harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah agar bisa mendapatkannya. Tidak hanya sampai memilih dan membeli, kamu juga harus bisa memelihara dan merawatnya jika ingin menciptakan ikan juara.

Tips Memilih Ikan Mas Koki Yang Bagus Kualitas Kontes!