-->

Sudah Tahu? Inilah 7 Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati

Banyak pecinta ikan hias menganggap bahwa ikan mas koki cepat mati. Benarkah? Tentu saja tidak. Jika ikan mas koki yang kamu pelihara mati, berarti ada penyebabnya. Sebenarnya, ikan ini mudah dipelihara dan dapat hidup hingga bertahun-tahun asalkan kita menyediakan kolam atau aquarium yang memadai. Namun terkadang ketidaktahuan kita terhadap spesifikasi lingkungan tempat tinggalnya, membuat ikan lucu tersebut mati.

Terlepas dari berbagai macam penyebab ikan mas koki cepat pati, sebenarnya memelihara ikan bertubuh gemuk ini sangat asik dan menyenangkan. Meski sedikit merepotkan karena lebih riskan perawatannya dari pada jenis ikan hias lain pada umumnya. Hal ini bisa terlihat dari beberapa kasus orang yang masih awam atau pemula yang mencoba memelihara ikan mas koki namun tidak bisa bertahan dan hidup dalam waktu yang lama.

Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati

Meski begitu, ikan yang bisa tumbuh gemuk dan berbadan bulat ini tetap menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias karena saat tumbuh dewasa sangat lucu dan imut. Dengan ekor yang menjuntai panjang dan kepala yang besar, membuat siapa saja yang melihatnya merasa gemas. Lalu apa saja sih penyebab ikan mas koki cepat mati? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Inilah 7 Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati

Banyak pecinta ikan hias yang masih pemula dalam memelihara ikan mas koki merasa bahwa ikan ini cepat mati. Sebenarnya anggapan ini salah, yang menyebabkan ikan mas koki cepat mati adalah cara kita dalam memelihara yang tidak benar dan tepat. Berikut ini sudah kita rangkum beberapa penyebab utama kenapa umur ikan mas koki yang kita pelihara tidak bisa panjang.

Kualitas Air Yang Buruk

Penyebab ikan mas koki cepat mati yang pertama adalah buruknya kualitas air yang buruk. Air yang buruk itu seperti apa? Contohnya adalah penggunaan air PDAM tanpa diendapkan selama 24 jam terlebih dahulu. Air PDAM mengandung kaporit yang tinggi sehingga menjadi racun untuk ikan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan kandungan kaporit adalah dengan mengendapkannya selama 24 jam terlebih dahulu sebelum dimasukkan ikan.

Tidak Ada Sistem Filtrasi

Penyebab yang kedua adalah pada sistem filtrasi yang tidak memadai bahkan tidak ada sama sekali. Sistem filtrasi pada kolam atau aquarium juga sangat menentukan kualitas air. Buat kamu yang belum tahu, ikan mas koki adalah salah satu ikan yang memproduksi kotoran sangat banyak. Dari kotoran mereka inilah apabila dibiarkan saja dapat menjadi racun yang biasa disebut amoniak. Jadi selain berfungsi untuk menjernihkan air, filter juga memiliki fungsi mengolah kotoran dan mengurai amoniak sehingga tidak menjadi racun.

Kadar Oksigen Yang Rendah

Kadar oksigen dalam air yang rendah juga menjadi salah satu penyebab ikan mas koki cepat mati. Sama halnya seperti manusia, ikan mas koki juga butuh oksigen untuk bertahan hidup. Apabila kadar oksigen yang terlarut dalam air sangat rendah, maka ikan jadi sulit bernafas. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam air adalah dengan menggunakan aerator atau membuat output filter menjadi gemericik air.

Suhu Air Yang Terlalu Dingin

Ikan mas koki normalnya hidup di kisaran suhu 27-30 derajat celcius. Apabila suhu terlalu dingin, maka metabolismenya akan menurun. Kondisi ini akan menyebabkan ikan rentan terhadap serangan penyakit seperti jamur dan white spot. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memasang water heater aquarium. Alat ini berfungsi untuk memanaskan air secara bertahap sesuai dengan suhu yang sudah kita atur. Normalnya suhu heater ini diatur pada angka 29 derajat celcius.

Tempat Yang Sempit

Mas koki adalah ikan yang bisa tumbuh hingga ukuran yang cukup besar yakni 15-20 cm atau bahkan lebih. Maka dari itu kita harus menyediakan tempat memelihara yang sesuai. Untuk 1 ekor ikan mas koki umumnya memerlukan air minimal 15 liter. Jika di konversi ke ukuran aquarium, 1 ekor ikan mas koki setidaknya membutuhkan wadah ukuran 40x20x20 cm. Apabila tempat memelihara terlalu sempit, maka ini akan menjadi penyebab ikan mas koki cepat mati.

Baca Juga:
  1. Bikin Bulky! Ini 9 Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik
  2. Pasti Jernih! Ini 13 Susunan Media Filter Aquarium Terbaik
  3. Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan

Ikan Mas Koki Sakit

Penyakit juga menjadi salah satu penyebab ikan mas koki cepat mati. Oleh karena itu, kita harus jeli apabila akan membeli ikan. Selain postur tubuh yang baik, kamu juga harus memperhatikan betul kesehatannya. Ikan mas koki yang sehat biasanya ditandai dengan beberapa ciri. Yang pertama, ikan sangat aktif bergerak dan berenang. Kedua, memiliki nafsu makan yang cukup rakus. Ketiga, tidak ada cacat dibagian fisik seperti mata hilang, sirip yang sobek-sobek dan bercak merah atau putih.

Pakan Yang Berlebihan

Penyebab ikan mas koki cepat mati yang terakhir adalah pemberian pakan yang berlebihan. Apabila kamu memelihara ikan mas koki, sebaiknya beri pakan dengan takaran yang langsung habis sekali makan. Namun bisa kamu berikan lebih sering misalkan satu jam sekali. Intinya, pakan yang tidak habis dimakan dapat menyebabkan kadar amoniak didalam air meningkat sehingga membuat ikan keracunan dan pada akhirnya mati.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab ikan mas koki cepat mati. Memelihara ikan berarti kita juga harus memelihara air. Apabila air bagus maka makhluk hidup didalamnya juga akan sehat. Maka dari itu, jika kamu ingin memelihara ikan mas koki lakukan langkah berikut. Pertama siapkan aquarium minimal 60 cm. Kedua, buat sistem filter yang baik meliputi media mekanis dan bilogis dengan kapasitas 30% dari aquarium utama serta gunakan aerator atau pompa udara. Ketiga, berikan pakan secukupnya.

Sudah Tahu? Inilah 7 Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati