18 Bisnis Jasa Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

Menyandang status mahasiswa bukanlah sebuah halangan bagi seseorang untuk berkarya. Justru sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk berfikir kreatif agar bisa lebih mandiri. Salah satu tindakan yang sering dilakukan mahasiswa agar bisa mandiri adalah dengan mencari uang tambahan supaya tidak terus-terusan mengandalkan orang tua. Salah satu hal yang bisa ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang adalah dengan berbisnis.

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan, namun yang paling cocok untuk mahasiswa adalah bisnis jasa tanpa modal. Seperti yang kita ketahui, modal untuk memulai sebuah usaha adalah hambatan seorang mahasiswa untuk memulai usaha. Oleh karena itu, menjalani bisnis yang tidak memerlukan modal adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan memanfaatkan kemampuan, seorang mahasiswa dapat mendirikan bisnis di bidang jasa yang rata-rata tidak memerlukan modal.

Gambar 18 Bisnis Jasa Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

Mendapatkan penghasilan dari bisnis tidak hanya menambah uang jajan bagi mereka, namun sebagian pendapatannya juga dapat digunakan untuk membayar kebutuhan perkuliahan. Selain bisa mandiri, mereka juga dapat meringankan beban orang tua dalam mencari biaya kuliah. Disisi lain, dengan melakukan bisnis ketika masih menyandang status mahasiswa juga akan memberikan pengalaman terhadap mahasiswa tersebut dibidang wirausaha.

Macam-Macam Bisnis Jasa Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ada banyak bidang wirausaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, namun yang paling tepat adalah bisnis dibidang jasa. Salah satu alasan bisnis jasa adalah pilihan terbaik untuk mahasiswa adalah karena beberapa bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Yang lebih dibutuhkan hanyalah kemampuan dan kreatifitas. Berikut ini adalah 18 bisnis jasa tanpa modal yang cocok untuk mahasiswa.

Bisnis Jasa Les Privat

Sebagai mahasiswa tentu memiliki pengetahuan yang tinggi terlebih untuk bidang akademik. Kemampuan yang diperoleh pada saat kuliah dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjalankan bisnis jasa les privat untuk anak-anak sekolah dengan mendatangi peserta didiknya dari rumah ke rumah. Bisnis ini tergolong mudah karena hanya menjadi tentor dan mengajari anak-anak sekolah untuk belajar.

Bisnis Jasa Bimbingan Belajar

Selain les privat, seorang mahasiswa juga bisa memanfaatkan kemampuannya dibidang akademik dengan mendirikan bisnis jasa bimbingan belajar. Bisnis ini sedikit berbeda dengan les privat yang mengharuskan tentor berkunjung dari ke rumah perserta didiknya, pada bimbingan belajar peserta didik lah yang mendatangi tempat tentornya. Untuk memulai bisnis jasa bimbingan belajar, mahasiswa dapat memanfaatkan ruang yang ada di rumah atau tempat kost sebagai lokasi belajar para peserta didiknya.

Bisnis Jasa Printing

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki printer sendiri di rumah. Daripada jarang digunakan, lebih baik dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Seorang mahasiswa dapat melakukan bisnis jasa printing untuk mencetak tugas-tugas kuliah dengan target pasar utama adalah teman-teman mereka sendiri. Bisnis jasa ini cukup potensial karena kebanyakan mahasiswa membutuhkan jasa printing untuk mencetak dokumen yang sudah diketik.

Bisnis Jasa Pengiriman/Kurir

Mahasiswa dapat menawarkan bisnis jasa pengiriman atau pengantaran kepada orang-orang untuk memanfaatkan kendaraan pribadi yang mereka miliki. Mereka dapat menjadikan kebutuhan orang-orang dalam pengantaran barang sebagai peluang bisnis  di bidang jasa. Keuntungan dari bisnis jasa pengiriman ini lumayan banyak mengingat modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Modal uatama yang digunakan hanyalah kendaraan yang dimiliki serta wawasan terhadap wilayah tersebut.

Bisnis Jasa Servis Laptop, Komputer dan Printer

Membuka bisnis jasa servis ini adalah pilihan tepat bagi mahasiswa yang suka mengotak-atik gadget terutama laptop, komputer dan printer. Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan ini dapat membuat jasa perbaikan pada komputer, laptop dan printer yang rusah atau bermasalah. Penghasilan yang didapat pun juga besar karena tidak perlu mengeluarkan modal. Satu-satunya modal yang dibutuhkan adalah skill dan kemampuan.

Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah adalah bisnis yang sederhana. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukannya tidak teralu rumit, hanya memerlukan alat yang sudah pasti dimiliki seperti laptop, komputer atau gadget. Sudah banyak mahasiswa yang menekuni bisnis ini karena hanya bermodalkan kemampuan yang dimilikinya. Banyaknya permintaan jasa penerjemah membuat bisnis ini memiliki potensi yang baik. Bisnis jasa ini sangat cocok untuk para mahasiswa yang kuliah dijurusan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Arab, bahasa Perancis dan lain sebagainya.

Bisnis Jasa Pembuatan Website/Blog

Bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang menggeluti bidang IT dimana mereka selalu berkutat dengan dunia teknologi. Apalagi mahasiswa tersebut menekuni bidang pemrograman. Kemampuan yang mereka miliki dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan membuka bisnis jasa pembuatan website dan blog. Potensi bisnis ini cukup menjanjikan mengingat era digital seperti ini banyak orang yang membutuhkan website dan blog sebagai media branding dan pemberi informasi kepada masyarakat luas.

Bisnis Jasa Pembuatan Aplikasi

Selain membuat website atau blog, mahasiswa bidang IT juga bisa memanfaatkan kemampuannya untuk mendirikan jasa pembuatan aplikasi untuk smartphone berbasis android yang tengah populer di masyarakat. Ada banyak perusahaan dan pengusaha yang membutuhkan aplikasi khusus untuk menunjang kegiatan bisnis mereka maupun sebagai sarana promosi. Peluang ini dapat dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan mengingat bayaran yang didapat untuk membuat sebuah aplikasi relatif tinggi.

Bisnis Jasa Paid Promote

Kebanyakan mahasiswa adalah anak hits yang selalu eksis di dunia media sosial. Terlebih bagi mereka para kaum wanita yang pasti memiliki jumlah penggemar sangat banyak. Salah satu hal yang sendang menjadi tren saat ini adalah bisnis jasa paid promote di media sosial. Bagi mereka yang memiliki akun media sosial dengan banyak pengikut dapat membuka bisnis jasa promosi berbayar untuk berbagai macam produk. Jasa paid promote banyak diminati oleh para pemilik online shop untuk menjaring lebih banyak pembeli.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol
  2. 10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis 
  3. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis

Bisnis Jasa Desain Grafis

Untuk mahasiswa yang memiliki hobi menggambar, sangat cocok jika mendirikan bisnis jasa desain grafis. Saat ini desain grafis menjadi sebuah tren untuk berbagai macam kepentingan di era digital seperti sekarang ini antara lain adalah untuk banner, baliho, logo kemasan produk, logo online shop, logo perusahaan, desain gambar kaos, dan lain sebagainya. Sambil menyelam minum air, mahasiswa yang suka menggambar dapat menyalurkan hobinya untuk mendapatkan penghasilan dari jasa desain grafis yang ia buat.

Bisnis Jasa Tour Guide

Bisnis jasa tour guide atau pemandu wisata adalah jenis bisnis paling sederhana yang bisa dilakukan oleh banyak mahasiswa. Tidak ada modal uang dan barang yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ini. Hanya bermodal pengetahuan tentang suatu objek wisata dan teknik komunikasi yang baik, siapa saja mahasiswa dapat mendapatkan penghasilan dengan memandu para wisatawan yang sedang berlibur di suatu tempat wisata. Selain mendapat uang, mahasiswa secara tidak langsung juga dapat berlibur dan jalan-jalan secara gratis.

Bisnis Jasa Titip

Bisnis remaja yang kini tengah menjadi tren adalah bisnis jasa titip. Bisnis ini sangat menggiurkan sehingga diminati oleh kawula muda. Bisnis ini adalah salah satu opsi yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan. Pelaku bisnis dapat menawarkan barang atau makanan khas dari daerah domisilinya kepada orang-orang di daerah lain dengan harga yang relatif murah. Modal yang harus dimiliki hanyalah smartphone untuk memotret barang-barang yang tersedia dan koneksi internet sebagai sarana promosi di media sosial.

Bisnis Jasa Pengetikan

Bisnis jasa pengetikan adalah bisnis yang sangat mudah dilakukan oleh seorang mahasiswa. Ia tidak perlu mengeluarkan modal materi maupun pikiran. Satu-satunya modal yang ia butuhkan hanyalah tenaga untuk menggerakkan jemari mereka agar bisa menyalin teks yang ada di media cetak baik itu kertas maupun buku kedalam bentuk digital yang bisa di akses melalui gadget. Namun terkadang bisnis jasa ini akan terasa membosankan akibat terlalu lama melakukan mengetikan sambil  membaca tulisan.

Bisnis Jasa Fotografi/Videografi

Di era modern seperti ini kebanyakan orang yang hobi fotografi sudah memiliki kamera DSLR pribadi. Peralatan-peralatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dengan membuat bisnis jasa fotografi atau videografi. Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki hobi di bidang ini. Sebaiknya harus banyak-banyak belajar untuk menekuni bisnis ini agar hasil jepretan semakin profesional. Saat ini banyak orang yang ingin mengabadikan momen melalui fotografi dan videografi. Peluang ini sangat potensial jika dimanfaatkan dengan baik.

Bisnis Jasa Review Produk

Berbeda dengan paid promote, bisnis review produk dilakukan dengan penjelasan secara mendetail dan terinci terhadap produk yang di ulas. Media yang digunakan untuk melakukan review produk tidak hanya di media sosial namun juga bisa melalui blog. Saat ini jasa review produk sedang banyak dicari oleh para marketer untuk memperkenalkan produknya kepada para konsumen. Bisnis ini menuntut mahasiswa untuk memiliki kemampuan menulis yang baik supaya hasil ulasan dapat diterima dengan baik oleh pembacanya.

Menjadi Penulis Lepas

Jika mahasiswa memiliki hobi menulis, ia dapat menyalurkan hobinya itu untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis lepas. Jasa ini tidak memerlukan modal karena hanya membutuhkan kreativitas dan kemampuan menulis untuk melakukannya. Banyak orang yang membutuhkan jasa ini adalah para internet marketer yang membutuhkan banyak artikel untuk mengisi blog atau websitenya. Tidak ada patokan pasti untuk harga penulis lepas, yang pasti harus ada kesepakatan harga antara penulis dan pemesan.

Menjadi Blogger atau Youtuber

Sebagai mahasiswa dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan menjadi seorang blogger atau youtuber. Kedua media ini dapat memberikan penghasilan dari upah menayangkan iklan pada konten yang terbit. Modal yang dibutuhkan oleh mereka adalah menyajikan konten yang berkualitas dan unik sehingga banyak orang yang tertarik. Semakin banyak orang yang melihat konten, makan penghasilan yang didapat dari penayangan iklan juga semakin banyak.

Bisnis Online Sebagai Dropshipper atau Reseller

Pilihan terakhir untuk mendapatkan penghasilan bagi para mahasiswa adalah dengan berjualan secara online baik itu menjadi dropshipper maupun reseller. Keduanya tidak membutuhkan modal namun pelaku bisnis harus memiliki kemampuan promosi dengan baik. Selain itu, juga harus memiliki jangkauan yang luas untuk menjaring lebih banyak pembeli. Berjualan online kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat karena penghasilan yang didapat lumayan banyak.

Penutup
Dengan melakukan bisnis jasa tanpa modal, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh penghasilannya sendiri sehingga tidak terus bergantung pada orang tuanya. Selain mendapat penghasilan, mereka juga mendapat pengalaman bisnis yang kelak akan bermanfaat sebagai bekal dalam mengarungi kerasnya kehidupan. Lapangan kerja yang semakin sempit, harus mampu menggerakkan otak bisnis mahasiswa supaya tidak selalu bergantung pada ketersediaan lapangan kerja saja.

18 Bisnis Jasa Tanpa Modal Untuk Mahasiswa