Kesalahan Pemasaran dan Strategi Promosi Produk Usaha Kecil Menegah (UKM)

Produk usaha kecil menengah semakin hari jumlahnya semakin beragam. Supaya bisa laku terjual, segala macam cara promosi dilakukan. Promosi masih menjadi kunci utama kemajuan dari sebuah UKM mengingat ini menjadi salah satu penentu suksesnya penjualan. Semakin baik strategi promosi yang digunakan, maka akan berdampak positif pula terhadap jumlah penjualan. Sebisa mungkin, kesalahan dalam pemasaran dikurangi agar bisa tepat sasaran sesuai target yang dibidik.

Mengenalkan produk kepada konsumen selama ini masih menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para pelaku usaha kecil menengah atau UKM akibat kurangnya pemahaman terhadap hal tersebut. Sering kali ditemukan kesalahan pemasaran yang mereka lakukan, sehingga menyebabkan promosi yang dilakukan tidak efektif dan efisien. Maka dari itu, perlu adanya pembenahan strategi marketing agar mereka bisa mencapai target penjualan sesuai yang diinginkan.

Gambar Kesalahan Pemasaran dan Strategi Promosi Produk Usaha Kecil Menegah (UKM)

Pemasaran merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam menjalankan sebuah bisnis. Untuk dapat menciptakan strategi promosi yang tepat, seorang pelaku UKM harus banyak belajar dan mencari pengalaman. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi kesalahan pemasaran yang pernah diperbuat untuk bisa mengambil langkah perencanaan promosi yang lebih baik lagi.

Kesalahan Pemasan Usaha Kecil Menegah (UKM) Yang Sering Dilakukan

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha kecil menengah atau UKM dalam melakukan pemasaran. Hal ini dapat menimbulkan kondisi finansial yang tidak baik terhadap usaha karena roda perputaran uang akan sedikit terhambat. Untuk menghindari resiko kegagalan, harus segera diperbaiki dan dievaluasi. Kenali kesalahan-kesalahan pemasaran produk yang biasa terjadi sebagai berikut ini.

Perencanaan Pemasaran Yang Tidak Matang

Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh seorang pelaku usaha UKM adalah kurang matangnya perencanaan pemasaran yang dibuat. Hal ini menyebabkan strategi yang digunakan tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Akhirnya pemasaran produk mengalami kegagalan dan tidak bisa berjalan. Untuk menghindari masalah ini, upayakan untuk membuat dan menyusun perencanaan secara matang sebelum benar-benar melakukan pemasaran.

Target Pasar Kurang Spesifik

Dalam memasarkan sebuah produk, terkadang masih banyak para pelaku usaha usaha kecil menengah yang tidak menentukan target pasar secara spesifik. Kondisi ini tentu akan menimbulkan bias terhadap sasaran yang akan dituju sehingga penargetan tidak efektif dan efisien. Tentu ini akan berdampak pada penurunan jumlah penjualan yang sangat signifikan.

Salah Membidik Target Pasar

Kesalahan dalam memilih target pasar juga turut andil dalam gagalnya pemasaran yang dilakukan. Membidik target pasar harus benar-benar tepat sasaran supaya produk yang ditawarkan kepada pembeli bisa terjual. Ini adalah kesalahan mendasar yang sering terjadi namun jarang disadari sehingga kerap terjadi pembiaran yang pada akhirnya membawa dampak negatif bagi usaha.

Tidak Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar adalah salah satu proses penting dalam perencanaan pemasaran. Ini adalah hal yang paling jarang dilakukan oleh setiap pengusaha. Biasanya mereka hanya asal menjual produk dengan modal memperkirakan ramai atau tidaknya konsumen. Disisi lain, riset pasar akan sangat membantu dalam memperoleh data sehingga bisa diketahui apa saja keinginan konsumen.

Terburu-buru Dalam Memasarkan

Ketika sudah bisa menciptakan produk, tindakan paling sering dilakukan seorang pelaku usaha adalah terlalu terburu-buru dalam memasarkan. Mereka melewatkan perencanaan strategi yang seharusnya menjadi pondasi utama agar bisa meraih penjualan yang tinggi. Pemasaran yang asal-asalan akan menyebabkan produk sepi pembeli dan tidak kunjung laku.

Pengetahuan Pemasaran Yang Terbatas

Salah satu faktor yang mempengaruhi beberapa kesalahan pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku usaha kecil menengah adalah pengetahuan yang terbatas. Minimnya ilmu penjualan yang dimiliki menyebabkan mereka tidak bisa melakukan pemasaran dengan baik. Akibatnya produk yang telah dibuat lama terjual sehingga menimbulkan penumpukan stok yang berkelanjutan.

Baca Juga:
  1. Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)
  2. 6 Cara Promosi Produk Makanan Secara Online 
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Menghindari kesalahan pemasaran wajib dilakukan oleh siapa saja yang menjalankan usaha kecil menengah atau UKM. Agar bisa lebih maju dan berkembang, kondisi ini tidak bisa terus-menerus dibiarkan. Maka dari itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk bisa menemukan strategi dan cara pemasaran yang baik sehingga promosi tidak sia-sia. Akan lebih baik lagi jika konsep dimatangkan terlebih dahulu sebelum promosi benar-benar dilakukan.

Strategi Promosi Produk Usaha Kecil Menegah (UKM) Yang Baik dan Benar

Supaya tercapai target penjualan yang tinggi, perlu disusun strategi promosi produk usaha kecil menegah (ukm) yang baik dan benar. Seorang pelaku usaha harus memutar otak lebih jauh lagi agar bisa menemukan cara promosi yang tepat. Ada banyak upaya yang bisa dilakukan supaya bisa menjual produk secara konsisten. Seperti halnya strategi promosi berikut ini bisa dijadikan sebagai salah satu pedoman.

Merencanakan Strategi Promosi Dengan Matang

Sebelum promosi dilakukan, buatlah perencanaan strategi promosi secara matang. Susunlah rencana mengenai langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh dalam menjual produk. Pastikan semua hal sudah terkonsep sehingga dalam pelaksanaan tidak ada satu hal pun yang terlewatkan. Siapkan segala keperluan promosi dengan baik sebelum eksekusi.

Menentukan Target Pasar Secara Tepat

Tentukan target pasar secara spesifik dalam melakukan promosi. Pilihlah target sesuai dengan produk yang akan dijual. Kenali segmentasi pasar dan buat pengelompokan secara detail supaya tidak terjadi bias. Jangan sampai melakukan promosi keluar dari target pasar yang sudah ditentukan agar lebih efektif. Contoh, jika produk yang dijual adalah untuk ibu-ibu, pilihlah target pasar yang sesuai dengan pengelompokan yaitu wanita dengan umur matang atau yang sudah berkeluarga.

Menganalisis Peluang dan Kesempatan

Analisis dan cari data seberapa potensialkah produk yang akan diterjunkan ke pasar. Jika sudah mengantongi beberapa gambaran terhadap kondisi pasar, buatlah rencana promosi lebih lanjut dengan memaksimalkan peluang yang ada. Jangan ragu untuk menonjolkan kelebihan dari produk yang telah dibuat untuk bisa menarik hati para calon pembeli.

Mengenali Para Pesaing

Sebagai seorang pelaku usaha, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu seberapa ketat persaingan yang ada di pasaran. Kenali siapa saja pesaing yang akan menjadi lawan dalam kompetisi pasar agar bisa menyusun strategi untuk memenangkan persaingan. Manfaatkan kelemahan kompetitor untuk menciptakan kelebihan pada prouduk sendiri sebagai salah satu strategi dalam bersaing.

Membuat Branding Terhadap Produk

Saat ini yang tengah menjadi populer adalah penciptaan branding. Dengan merk dagang yang dimiliki, pembeli akan mudah membedakan antara satu produk dengan produk yang lainnya. Buatlah brading unik dengan citra baik agar mudah dipercaya oleh calon pembeli sehingga mereka tertarik untuk membeli produk. Branding yang baik akan membuat produk menjadi populer sehingga penjualan akan terus mengalami peningkatan.

Memahami Kebutuhan Konsumen

Sebuah produk akan laku dan laris dipasaran jika sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembeli. Salah satu kunci sukses dari promosi adalah memasarkan apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Ini adalah hal penting yang harus diketahui oleh pelaku usaha supaya bisa menciptakan produk sesuai dengan permintaan pasar.

Banyak Belajar dan Menimba Ilmu

Langkah terakhir yang paling penting adalah banyak belajar dan menimba ilmu mengenai promosi. Pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan promosi supaya tidak salah dalam melakukan pemasaran. Belajar tidak harus formal, banyak-banyklah bergaul dengan orang yang lebih mapan dalam berwirausaha untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam berbisnis.

Penutup
Menentukan strategi promosi produk usaha kecil menegah (ukm) memang harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebab, cara promosi yang salah dapat menimbulkan kondisi buruk terhadap usaha yang dijalankan. Kesalahan pemasaran sebisa mungkin harus dihindari supaya tercipta efektifitas dan efisiensi penjualan. Sebagai seorang pelaku usaha yang biak, hendaklah banyak mempelajari teknik-teknik penjualan kepada para pengusaha lain yang lebih mapan. Gali lebih jauh ilmu mereka supaya bisa diterapkan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis sendiri.

Kesalahan Pemasaran dan Strategi Promosi Produk Usaha Kecil Menegah (UKM)