6 Cara Promosi Produk Makanan Secara Online

Produk makanan adalah salah satu produk yang sangat potensial nilai jualnya mengingat ini adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Membuka bisnis kuliner merupakan sebuah hal yang tidak terlalu sulit apalagi pemilik usaha sudah memiliki skill dan pengetahuan didunia kuliner. Jika sudah cakap dibidangnya, tinggal mencari bekal berwirausaha dan mencari cara promosi produk makanan yang baik.

Pemasaran masih menjadi kendala utama bagi para pengusaha kuliner yang memproduksi produk pangan seperti makanan dan minuman baik itu dalam kemasan maupun non-kemasan. Akan tetapi kini hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi mengingat jaman sudah semakin modern. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pemasaran salah satunya adalah dengan promosi produk makanan secara online.

Gambar 6 Cara Promosi Produk Makanan Secara Online

Melihat jumlah transaksi online yang semakin hari semakin meningkat, ini seharusnya dapat dijadikan sebagai peluang untuk bisa meningkatkan penjualan. Cara promosi produk makanan secara online bisa dikatakan cukup efektif karena akan bisa menjangkau konsumen secara luas dengan biaya yang sangat rendah. Strategi ini kini mulai diterapkan oleh banyak pelaku usaha supaya jumlah penjualan mereka bisa terus meningkat.

Lalu, Bagaimana Cara Promosi Untuk Menjual Produk Makanan Secara Online?

Modernisasi yang disediakan oleh kemajuan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan untuk memudahkan segala macam keperluan dalam kehidupan. Salah satunya adalah digunakan untuk melakukan promosi dan menjual produk makanan secara online. Ini adalah salah satu cara yang banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner untuk mendekatkan diri dan mengenalkan produk kepada konsumen.

Banyaknya pengguna internet dan jumlahnya yang terus bertambah, membuat cara promosi dan penjualan semacam ini menjadi sangat efektif. Apalagi sebagian dari pengguna internet adalah mereka yang berinteraksi di sosial media, sehingga ini menjadi sasaran empuk sebagai target promosi dan menjual produk makanan secara online. Berikut ini adalah 6 cara promosi produk makanan secara online yang patut dicoba.

Gunakan Akun Facebook Khusus

Facebook adalah media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak di Indonesia. Mulai populer di tahun 2009, jumlah pengguna media sosial buatan Mark Zuckerberg terus mengalami peningkatan hingga kini mencapai jutaan orang. Menggunakan facebook sebagai sarana promosi adalah salah satu pilihan tepat karena hampir selama 24 jam ada pengguna aktif di media sosial ini.

Ketika melakukan promosi produk makanan secara online di facebook, disarankan untuk tidak menggunakan akun pribadi karena dapat memberikan kesan tidak profesional sehingga kurang dipercaya konsumen. Buatlah akun khusus yang merepresentasikan brand dari produk yang dijual. Tambahkan pertemanan sesuai dengan target pasar yang akan dituju agar promosi lebih efektif dan efisien. Pelajari Cara Promosi Berjualan di Facebook Dengan Tepat dan Efektif

Gunakan Akun Bisnis Instagram

Selama ini, instagram adalah sebuah sosial media yang identik dengan orang narsis karena konsep visual yang mereka usung sehingga digunakan oleh banyak penggunanya sebagai tempat untuk mengunggah foto. Dibalik itu semua, instagram bisa menjadi tempat promosi produk makanan secara online yang sangat efektif dengan konten visual yang bisa ditampilkan.

Terlebih, media sosial berlogo lensa kamera ini menyediakan fitur yang sangat cocok untuk para pengusaha yaitu akun bisnis. Jadi, ketika promosi di instagram, kita bisa mengubah akun personal menjadi akun bisnis dengan segudang manfaat dan fasilitas khusus yang tentu saja memudahkan berbagai macam aktifitas bisnis secara online. Kenali Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Buat Toko Online di Marketplace

Mendengar kata marketplace mungkin masih terasa asing rasanya, namun ketika kita disebutkan nama-nama bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain pasti sudah sangat mengenalnya. Itulah beberapa marketplace yang tersedia di Indonesia. Sebagai pemilik bisnis kuliner, kita dapat melakukan promosi produk makanan secara online dengan memanfaatkan keberadaan marketplace tersebut.

Baca Juga:
  1. Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)
  2. 8 Manfaat dan Keunggulan Produk Pangan Memiliki Izin PIRT
  3. Faktor Penyebab Produk Usaha Makanan Tidak Laku Dipasaran

Seperti halnya didunia nyata, dengan menggunakan marketplace kita bisa membuat toko online namun dalam bentuk online. Didalam toko online tersebut, dapat dipajang produk-produk dalam bentuk foto terbaik untuk menarik minat pembeli. Marketplace adalah salah satu tempat strategis untuk melakukan promosi secara online karena semua pengunjung yang berkunjung adalah mereka yang ingin berbelanja.

Manfaatkan Status WhatsApp Untuk Promosi

Saat ini whatsapp adalah salah satu aplikasi populer yang keberadaannya sudah menggeser pesan singkat atau SMS dalam berkomunikasi. Hampir setiap pemilik ponsel pintar selalu memasang aplikasi berlogo gagang telepon ini untuk berkomunikasi. Selain untuk telepon, video call dan juga chatting, whatsapp juga memiliki fitur berbagi kiriman kepada sesama pengguna melalui status.

Pada status whatsapp kita bisa mengirimkan konten berupa foto, video, maupun teks yang bisa dilihat oleh pengguna lain. Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk promosi produk makanan secara online kepada orang disekitar. Terlebih, aplikasi whatsapp juga tersedia yang versi bisnis dengan fitur-fitur tambahan yang sangat menunjang kegiatan usaha.

Tulis Artikel Yang Berkaitan Dengan Produk Makanan

Salah satu cara promosi produk makanan secara online yang cukup efektif adalah dengan menggunakan media artikel dengan target siapa saja orang yang membaca artikel tersebut. Buat artikel yang masih berkaitan dengan produk makanan yang dijual lalu kemudian di publikasikan melalui media blog seperti blogger ataupun wordpress.

Sebagai contoh, produk yang dijual adalah keripik jamur. Buatlah review artikel tentang produk tersebut secara rinci dan jelas. Ini merupakan strategi hard selling. Disisi lain, cara soft selling bisa digunakan dalam artikel seperti dengan membuat judul contohnya “5 keripik inovatif yang lezat”. Dalam artikel tersebut bisa disebutkan 5 macam produk keripik untuk dibahas dan keripik jamur masuk kedalam salah satu diantaranya.

Buat Video Kuliner Tentang Produk Makanan

Dalam promosi produk makanan secara online, membuat video kuliner tentang produk makanan bisa menjadi alternatif cara pemasaran yang sangat bagus. Saat ini, orang-orang sudah bosan dengan teks dan gambar karena hampir disetiap aktivitas gadget selalu berhubungan dengan teks. Oleh karena itu, video menjadi sebuah sarana promosi online yang lebih visual sehingga bisa menarik perhatian audien.

Buat video semenarik mungkin dengan memuat berbagai keunggulan produk kuliner serta tampilan visual yang menggoda nafsu makan. Salah satu media yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan video tersebut adalah youtube. Media berbagi video yang satu ini mulai mendapat perhatian khusus dan menjadi favorit para pengguna internet dalam mendapatkan informasi dalam bentuk konten video.

Penutup
5 cara promosi produk makanan secara online yang sudah dijelaskan diatas patut untuk dicoba dalam rangka meningkatkan jumlah penjualan. Memasarkan sebuah produk adalah bagian paling sulit dalam proses menjalankan usaha. Apalagi menjual produk makanan yang notabene memiliki waktu tenggang layak konsumsi sangat terbatas. Oleh karena itu, seorang pelaku usaha kuliner wajib bekerja keras dan melakukan segala upaya agar produk makanan bisa laku terjual.

6 Cara Promosi Produk Makanan Secara Online