7 Tips Membuat Pelanggan Online Shop Menjadi Lebih Setia

Memajukan online shop memang sudah menjadi tugas pokok seorang pemilik usaha. Salah satu kemajuan yang banyak diinginkan oleh para pelaku bisnis online adalah memiliki pelanggan setia. Sebuah bisnis yang sudah memiliki pembeli loyal biasanya akan memperoleh jumlah penjualan yang tinggi setiap bulannya sehingga turut meningkatkan kondisi finansial menjadi lebih sehat.

Ada banyak faktor yang membuat pelanggan menjadi lebih loyal terhadap sebuah online shop. Beberapa diantaranya adalah kualitas barang yang ditawarkan sangat bangus ataupun pelayanan yang baik serta proses transaksi yang mudah. Seorang konsumen yang setia akan selalu kembali untuk berbelanja lagi dan lagi karena ia sudah merasa nyaman dan percaya terhadap toko online tersebut.

Mempengaruhi seorang pelanggan untuk menjadi lebih setia terhadap usaha yang kita jalankan memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Kita harus bisa membuat para pembeli merasa yakin terhadap apa yang kita tawarkan. Terlebih jika kita menjual barang dagangan menggunakan sistem online dimana para pembeli sangat berhati-hati karena mereka tidak dapat bertatap muka secara langsung baik itu dengan penjual maupun dengan barang yang akan dibeli.

Gambar 7 Tips Membuat Pelanggan Online Shop Menjadi Lebih Setia

Selama ini para pemilik bisnis online shop masih kurang melakukan upaya untuk membuat para pelanggan mereka menjadi lebih setia. Padahal akan ada banyak keuntungan yang akan didapat ketika ia berhasil membuat para konsumennya bersikap loyal terhadap mereka. Selain dapat meningkatkan penjualan, pelanggan setia juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembeli lain untuk menjadi lebih percaya.

Apa Saja Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Pembeli atau Konsumen Menjadi Loyal?

Dalam hal menggaet pelanggan setia, seorang pelaku usaha online shop harus mampu melakukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan reputasi bisnis online-nya. Mereka harus bergerak cepat dalam menemukan trik supaya pembeli yang berbelanja kembali lagi dan mempercayakan online shop kita sebagai pilihan utama. Untuk itu simaklah 7 tips membuat pelanggan online shop menjadi lebih setia berikut ini, sebagai salah satu pedoman.

Dengarkan Kebutuhan Pelanggan

Seorang pelanggan yang datang untuk berbelanja pasti ingin memenuhi suatu kebutuhannya. Sebagai penjual, kita harus mau mendengarkan apa yang mereka butuhkan dengan seksama. Biasanya, seorang pembeli yang datang pasti akan mengatakan apa yang sedang ia cari. Kita wajib mendengarkannya dan berusaha mencarikan apa yang ia ingin beli. Dengan begitu, mereka akan merasa senang meski kita hanya melakukan hal kecil.

Memberi Bonus Ke Pelanggan

Sebagai seorang penjual, tidak boleh terlalu idealis dengan harga yang sudah ditetapkan. Sesekali berikanlah bonus kepada pelanggan agar mereka menjadi lebih setia dan loyal. Memberikan bonus tidak harus berupa barang, namun kita juga dapat memberikan potongan harga dari produk yang dibeli kepada para konsumen. Meski bonus yang kita berikan jumlahnya tidak seberapa, namun hal tersebut dapat membuat mereka bahagia dan menyukai online shop anda.

Membuat Jaminan Garansi

Selama ini para pembeli sering merasa terancam ketika ia mendapati struk atau nota belanja mereka yang bertuliskan “barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan”. Tinggalkanlah kalimat tersebut dan coba untuk menawarkan jaminan garansi kepada para pembeli untuk berjaga ketika barang yang mereka beli terjadi kerusakan atau cacat produksi. Dengan adanya jaminan garansi, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika mereka akan menjadi pelanggan setia.

Terus Melakukan Inovasi

Cara terbaik untuk membuat para pelanggan terkesan adalah dengan terus melakukan inovasi. Inovasi dalam bisnis online bisa anda lakukan di banyak sektor seperti cara promosi, sistem pembayaran ataupun sistem pelayanan. Menghadirkan hal-hal baru dapat membuat pelanggan antusias sehingga mereka selalu penasaran dengan online shop anda. Lakukanlah langkah-langkah inovatif secara berkala agar pelanggan lama tetap setia.

Baca Juga:
  1. 10 Langkah Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula
  2. Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen Online Shop 
  3. 5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita

Tawarkan Harga Lebih Murah

Salah satu penyebab seorang pembeli memutuskan untuk menjadi pelanggan setia pada suatu online shop adalah karena faktor harga. Tak ada seorang pembelipun yang tidak menyukai barang dengan harga dibawah harga pasar. Peluang ini dapat kita manfaatkan untuk menawarkan harga lebih murah kepada pembeli. Tanpa harus mengurangi keuntungan, kita dapat menjual barang harga murah dengan cara membeli barang kulakan dengan harga murah pula.

Berkomunikasi Baik Dengan Pelanggan

Cara komunikasi menjadi hal penting untuk melakukan pendekatan terhadap pelanggan. Sebagai seorang penjual, anda harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap pembeli yang datang. Komunikasi yang baik salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa serta kalimat yang mudah dimengerti, tidak berbelit-belit dan juga cepat tanggap terhadap apa yang dibutuhkan oleh pembeli. Cara ini cukup efektif untuk membuat pelanggan menjadi lebih setia.

Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Sistem pelayanan akan menjadi sangat penting dalam sebuah bisnis. Terlebih dalam usaha online shop yang cara transaksinya hanya bisa dilakukan melalui gadget. Tentu hal ini akan lebih kompleks daripada transaksi konvensional. Untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan betah berbelanja, kita harus memberikan pelayanan terbaik seperti bersikap ramah, mempercepat transaksi, memudahkan sistem pembayaran dan lain-lain.

Penutup
Konsumen adalah bagian terpenting dari sebuah usaha apalagi dalam bisnis online shop. Semakin banyak pembeli yang berbelanja maka akan membawa pengaruh positif terhadap pembeli lain untuk lebih percaya. Apalagi jika kita memiliki pelanggan setia yang sering berbelanja, maka reputasi online shop kita akan meningkat dimata para konsumen yang baru agar tidak ragu lagi untuk membeli.

Dengan mempelajari 7 tips membuat pelanggan online shop menjadi lebih setia seperti yang sudah disebutkan diatas, diharapkan kita lebih mampu melakukan upaya untuk membuat orang yang awalnya hanya sekedar membeli agar menjadi pelanggan setia. Memiliki banyak konsumen loyal akan membuat seorang pelaku usaha merasa berpuas diri.

7 Tips Membuat Pelanggan Online Shop Menjadi Lebih Setia