Cara Mudah Mendapatkan Gratis Ongkir Untuk Pembeli Saat Belanja di Shopee

Saat ini Shopee menjadi salah satu marketplace yang paling banyak diminati oleh pembeli untuk melakukan belanja online. Alasan yang membuat mereka lebih suka berbelanja di marketplace berlogo keranjang belanja itu adalah karena adanya penawaran istimewa yaitu berhak mendapatkan gratis ongkir pada setiap transaksi pembelian yang dilakukan. Ini adalah hal menarik mengingat ongkos kirim selalu menjadi beban yang membuat orang malas berbelanja online.

Untuk mendapatkan gratis ongkir ini pun cukup mudah. Seorang pembeli hanya diharuskan untuk melakukan belanja di Shopee dengan membuat akun terlebih dahulu. Akun inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk checkout atau berinteraksi dengan penjual untuk sekedar berkomunikasi atau bertanya mengenai produk yang dijual.

Cara Mudah Mendapatkan Gratis Ongkir Untuk Pembeli Saat Belanja di Shopee

Sebenarnya gratis ongkir yang ditawarkan oleh Shopee tidak membuat kita terbebas dari biaya pengiriman sepenuhnya, akan tetapi seorang pengguna yang melakukan transaksi pembelian akan mendapatkan subsidi ongkos kirim sebesar 20.000-40.000 Rupiah. Artinya, kita akan mendapat potongan sebesar nominal tersebut dari biaya ongkir normal. Jika biaya pengiriman menuju alamat kita jumlahnya dibawah 20.000 maka kita terbebas dari ongkir, namun jika melebihi maka kita akan mendapat potongan sebesar 20.000 lalu membayarkan sisanya.
 

Cara Baru Belanja di Shopee Agar Mendapatkan Gratis Ongkir Dengan Voucher

Saat pertama kali diluncurkan, gratis ongkir dari Shopee dapat kita nikmati secara otomatis ketika melakukan checkout. Namun sistem ini berubah semenjak awal Agustus 2018. Pihak Shopee menghapus fitur gratis ongkir otomatis dan menggantinya dengan voucher gratis ongkir. Sebagai pembeli,  anda tidak perlu khawatir. Anda tetap dapat menikmati gratis ongkir dari Shopee tersebut secara mudah dengan mengikuti beberapa point berikut ini.
 

Belanja di Satu Toko Yang Bertanda Khusus

Untuk mendapatkan gratis ongkir, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah berbelanja di salah satu toko bertanda khusus. Pilihlah toko yang bertanda gambar mobil berwarna hijau dipojok kanan dengan tulisan free yang berarti toko tersebut sudah masuk kategori gratis ongkir. Jika anda salah memilih toko yang belum bertanda gratis ongkir, maka voucher yang anda miliki tidak dapat digunakan. Pastikan toko tempat anda belanja sudah bertanda free ongkir.
  

Pilih Lokasi Toko Terdekat

Hal kedua yang harus anda cermati adalah memilih lokasi toko tempat anda belanja yang letaknya tidak terlalu jauh dari daerah tempat tinggal anda. Ini adalah salah satu trik yang dapat anda gunakan untuk meminimalisir biaya ongkir agar tidak terlalu tinggi. Semakin jauh lokasi awal pengiriman barang, maka akan semakin mahal pula ongkos kirim yang harus anda bayarkan. Untuk itu, pilihlah lokasi toko terdekat untuk memaksimalkan subsidi ongkir dari Shopee.
 

Belanja Dengan Jumlah Diatas Minimal Belanja

Salah satu syarat wajib yang harus anda penuhi agar mendapatkan gratis ongkir saat belanja di Shopee adalah membeli barang atau produk dengan harga dan jumlah pembelian tertentu. Jumlah minimal pembelian di setiap toko berbeda-beda mulai dari 50.000 rupiah hingga 150.000 rupiah. Anda dapat mengetahui batas minimal belanja pada keterangan yang tertera dibagian bawah harga produk. Untuk dapat menikamati gratis ongkir, belanjalah diatas batas minimal tersebut.

Baca Juga:
  1. Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan? Ini Dia Penyebabnya
  2. Cara Menggabungkan Ongkir (Ongkos Kirim) Saat Membeli Banyak Barang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada 
  3. Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan

Klaim Voucher Gratis Ongkirmu

Untuk bisa terus menikmati gratis ongkir pada setiap transaksi, lakukanlah klaim voucher secara berkala. Biasanya anda akan rutin mendapatkan voucher gratis ongkir dari Shopee setiap bulan dengan jumlah tertentu. Jika saat chekout anda tidak menemukan voucher yang bisa digunakan sedangkan anda belum pernah menggunakannya, coba lihat dibagian menu gratis ongkir, mungkin voucher yang dimaksud belum di klaim.
  

Gunakan Voucher Gratis Ongkir

Sekarang ada cara baru untuk menikmati gratis ongkir di Shopee yaitu dengan menggunakan voucher. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sekarang gratis ongkir dari shopee sudah tidak lagi otomatis seperti beberapa waktu yang lalu. Maka dari itu sebelum chekcout, gunakanlah voucher gratis ongkirmu agar tetap bisa menikmati subsidi biaya pengiriman. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol voucher yang ada dibagian bawah lalu pilih voucher gartis ongkir.
  

Pilih Jasa Kirim Yang Mendukung

Hal lain yang harus anda cermati setelah berhasil menggunakan voucher gratis ongkir adalah pemilihan jasa kirim. Tidak semua jasa kirim yang tersedia di Shopee mendukung untuk gratis ongkir. Khusus untuk daerah-daerah tertentu ada beberapa jasa ekspedisi yang tidak mendukung gratis ongkir. Biasanya, setelah berhasil memasukkan voucher anda akan secara otomatis diarahkan ke jasa kirim yang mendukung gratis ongkir.
 

Pertimbangkan Ukuran Dan Berat Barang

Hal terakhir yang harus anda perhatikan secara teliti adalah ukuran dan berat barang. Agar dapat menikmati gratis ongkir sepenuhnya, usahakan untuk membeli barang yang ukurannya tidak terlampau besar karena akan terkena tarif volumetrik dan juga berat barang yang terlalu berat karena akan menambah tinggi biaya ongkos kirim.
 

Penutup
Itulah beberapa cara baru yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan gratis ongkir saat belanja di Shopee. Ingat! Sekarang sistem gratis ongkir Shopee sudah tidak otomatis lagi, namun pembeli diharuskan mengaktifkannya dengan menggunakan voucher gratis ongkir. Selalu gunakan voucher tersebut saat checkout agar anda mendapatkan subsidi ongkir. Usahakan untuk berbelanja dengan ongkir dibawah 20.000 Rupiah agar anda merasakan bebas biaya pengiriman sepenuhnya.

Cara Mudah Mendapatkan Gratis Ongkir Untuk Pembeli Saat Belanja di Shopee