Tips Reseller dan Dropshipper: Sukses Berjualan Online Tanpa Modal

Di era digital seperti saat ini, untuk mendapatkan uang tidak lagi harus dengan cara bekerja di kantor atau perusahaan. Seseorang dapat memperoleh penghasilan dimanapun mereka berada bahkan dari dalam kamar sekalipun. Salah satu kegiatan produktif yang sedang tren yaitu berjualan online dengan menjadi serang reseller atau dropshipper dapat menjadi alternatif pekerjaan yang tidak boleh diremehkan.

Istilah reseller dan dropshipper memang sudah sejak lama populer didunia bisnis online karena memudahkan seseorang yang ingin memulai usaha tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk modal awal. Bahkan, banyak pelaku bisnis digital dibidang perdagangan seperti ini yang sukses berjualan online tanpa modal melalui online shop atau toko online yang mereka dirikan.

Tips Sukses Berjualan Online Tanpa Modal Dengan Menjadi Reseller dan Dropshipper

Adanya peluang pasar yang cukup potensial dalam berjualan online dengan sistem reseller dan dropshipper membuat banyak orang kepincut untuk menekuni bisnis ini sebagai kegiatan sampingan maupun mata pencaharian. Tidak heran jika semakin hari semakin banyak online shop baru yang terus bermunculan sehingga membuat persaingan dan perang harga tidak lagi bisa dihindari. Akibatnya, banyak diantara mereka yang terpaksa harus gulung tikar karena kalah dalam bersaing.
 

Tips Sukses Berjualan Online Tanpa Modal Dengan Menjadi Reseller dan Dropshipper

Sebagai salah satu pelaku bisnis online, anda diharuskan untuk piawai dalam mengolah teknik promosi maupun pemasaran supaya dapat menarik minat pembeli. Meski bisa dibilang mudah bahkan sangat mudah, agar bisa sukses berjualan online tanpa modal dengan menjadi reseller dan dropshipper tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan begitu saja. Ada beberapa tips yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan keberhasilan seperti berikut ini:
 

Jangan Malas Untuk Promosi

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh penjual online adalah malas untuk melakukan promosi. Sebagai seorang reseller dan dropshipper, tingkat penjualan yang anda peroleh sangat bergantung pada intensitas promosi yang dilakukan. Semakin sering promosi dilakukan maka akan semakin baik karena akan membiasakan orang melihat dan membaca sehingga peluang tertarik terhadap produk juga semakin tinggi.
 

Fokus Terhadap Satu Produk

Jika anda memilih menjadi reseller dan dropshipper dalam berjualan online tanpa modal, maka lebih disarankan untuk bisa fokus terhadap satu produk saja. Sebenarnya ada banyak produk yang cocok untuk dijual online. Namun bukan berarti semua produk harus anda jual semuanya. Pilihlan satu jenis produk misalnya pakaian, aksesoris, tas, kosmetik, jilbab dan lain-lain supaya online shop anda mudah dikenal oleh konsumen.
 

Tidak Usah Banyak Perhitungan Terhadap Produk

Maksud dari poin ini adalah sebagai seorang reseller dan dropshipper anda tidak perlu banyak memilih dan menyeleksi produk mana yang perlu dijual, produk mana yang banyak peminatnya, produk mana yang potensial. Disarankan agar menjual seluruh produk yang disediakan oleh supplier tanpa terkecuali. Semakin banyak jenis produk yang dijual, maka semakin banyak pula pilihan untuk konsumen. Artinya peluang untuk terjual juga semakin tinggi.
 

Lakukan Promosi, Bukan Memajang Foto

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh seorang reseller dan dropshipper saat berjualan online adalah tidak melakukan promosi dengan baik. Mereka hanya memajang foto tanpa ada deskripsi yang jelas terlebih dengan kata-kata yang menarik. Rata-rata mereka hanya meng-upload foto dengan tulisan seperti “silahkan dipinang say”, “di order sist’, dan bahkan ada juga yang hanya memajang foto tanpa satu katapun. Tinggalkan cara ini jika ingin sukses berjualan online tanpa modal.
 

Keuntungan Sedikit Bukanlah Masalah

Dalam dunia bisnis termasuk berjualan online dengan menjadi reseller dan dropshipper, jangan melulu memikirkan mencari keuntungan yang besar. Belajarlah untuk mempercepat perputaran uang. Keuntungan sedikit dengan perputaran uang yang cepat justru malah lebih baik daripada mengambil keuntungan banyak tapi harga barang menjadi mahal. Secara logika, jika uang bisa berputar dengan cepat maka keuntungan yang didapat juga akan semakin banyak secara akumulasi.

Baca Juga:
  1. Memilih Supplier Untuk Bisnis Online Shop? Perhatikan 9 Kriteria Ini
  2. Tips Sukses Bisnis Online Shop Dengan Sistem Pre-Order (PO)
  3. Ini Dia 10 Faktor Utama Penyebab Gagalnya Bisnis Online Shop
  

Memiliki Target Penjualan Yang Jelas

Apapun usaha yang anda jalankan, terlebih menjadi seorang reseller dan dropshipper yang notabene berjualan online meskipun itu tanpa modal sekalipun. Membuat target penjualan menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan. Memiliki target penjulan dalam waktu tertentu seperti harian, mingguan, bulanan atau tahunan menjadi sangat penting agar anda memiliki progres yang terus meningkat. Dari waktu ke waktu, buatlah target penjualan yang terus meningkat dan wajib dicapai.

Kenali Target Pasar Dengan Baik

Target pasar dari seorang reseller dan dropshipper dalam berjualan online memiliki jenis yang berbeda antara satu dan lainnya tergantung pada produk yang dijual. Target pasar bisa dikelompokkan berdasarkan beberapa segmentasi seperti jenis kelamin, usia, wilayah, kondisi finansial dan lain-lain. Sebagai contoh jika anda berjualan jilbab, maka target pasar yang tepat adalah para kaum wanita muslimah mulai usia remaja hingga dewasa.
 

Serius, Sabar dan Telaten

Tiga kata yang sangat mempengaruhi anda dalam meraih sukses berjualan online tanpa modal dengan menjadi reseller dan dropshipper. Tanpa mengaplikasikan tiga hal tersebut akan musatahil bagi anda meraih jutaan rupiah dalam sebulan. Jadi, jangan mudah menyerah ketika sudah promosi berkali-kali tapi belum banyak yang laku. Sejenak lupakan hal itu, berusahalah untuk terus dikenal banyak konsumen sehingga mereka akan mendatangi anda satu per satu.

Penutup
Itulah beberapa tips sukses berjualan online tanpa modal dengan menjadi reseller dan dropshipper. Tips diatas merupakan beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keberhasilan dalam bisnis online yang dijalankan. Dari beberapa poin diatas, manakah yang sudah anda lakukan dengan baik? Jika masih banyak poin yang belum anda lakukan, maka itu dapat anda jadikan sebagai bahan evaluasi.

Tips Reseller dan Dropshipper: Sukses Berjualan Online Tanpa Modal