Ini Dia 10 Faktor Utama Penyebab Gagalnya Bisnis Online Shop

Kegagalan merupakan sebuah mimpi buruk yang tidak pernah diinginkan oleh siapa saja. Apalagi jika kegagalan tersebut terjadi pada bisnis yang tengah dijalankan. Ini akan menjadi sebuah mimpi buruk yang sebisa mungkin harus dihindari. Salah satu bisnis yang rawan mengalami kegagalan adalah online shop. Mendirikan bisnis online adalah sebuah hal yang mudah, namun menjalankannya sesuai dengan yang diharapkan merupakan sebuah hal yang tidak mudah.

Saat ini online shop menjadi sebuah bisnis yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Bahkan pertumbuhannya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh semakin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap online shop, sehingga kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis online untuk meraih keuntungan.

Gambar Ini Dia 10 Faktor Utama Penyebab Gagalnya Bisnis Online Shop

Tidak selamanya pertumbuhan dan peningkatan jumlah online shop ini membawa kebaikan bagi para pelaku bisnis online. Akan tetapi, kondisi ini dapat menyebabkan beberapa dampak buruk pada online shop yang mengakibatkan para wirausahawan gulung tikar alias gagal. Maka dari itu, banyak para pemilik online shop yang berusaha keras mencari cara supaya usaha yang mereka dirikan bisa bertahan dan terus berjalan.

Lalu, Apa Saja Penyebab Bisnis Online Shop Bisa Gagal?

Kegagalan yang dialami oleh sebuah online shop tidak mungkin terjadi begitu saja. Namun, ada banyak faktor yang dapat membuat bisnis online berhenti atau berjalan ditempat. Hal inilah yang harus dipelajari untuk dihindari oleh para pelaku bisnis online agar terhindar dari resiko kebangkrutan. Oleh karena itu, ketahuilah 10 faktor utama penyebab gagalnya bisnis online shop berikut ini.

Malas Promosi

Promosi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan dalam bisnis. Dengan promosi, kita dapat memperkenalkan produk apa yang kita jual kepada para konsumen. Hal ini juga berlaku untuk bisnis online shop. Jika malas promosi, maka akan sulit menjual produk karena kepercayaan konsumen yang kurang. Maka dari itu pelajarilah juga cara promosi online shop supaya laku dan laris.

Strategi Promosi Salah

Seorang pelaku usaha online harus mampu menciptakan strategi promosinya sendiri dengan tepat dan efektif. Strategi promosi yang benar dapat membuat pemasaran lebih tepat sasaran dan efisien. Ketika seorang pemilik online shop salah dalam menerapkan strategi promosi, maka kemungkinan besar ia akan kesulitan dalam meraih target penjualan yang mengakibatkan gagalnya online shop. Maksimalkan juga waktu yang tepat untuk promosi sebagai salah satu strategi.

Pakai Akun Pribadi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pelaku usaha online shop yang masih pemula adalah menggunakan akun sosial media pribadi mereka untuk berjualan. Padahal, ini memberikan banyak kerugian. Pertama, promosi jualan akan bercampur aduk dengan status pribadi. Kedua, jangkauan pemasaran akan menjadi sempit. Ketiga, tidak terlihat profesional sehingga kepercayaan konsumen turun.

Bersikap Pasif

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam berjualan di online shop salah satunya adalah bersikap pasif terhadap para konsumen. Artinya seorang penjual tidak mau mengejar atau menjemput pembelinya melainkan hanya mau menunggunya. Ketika ada orang menanyakan produknya yang dijual, ia tidak mau melakukan upaya agar orang tersebut mau membeli barang dagangannya. Ia akan bersikap bodo amat ketika ada orang yang tidak jadi membeli produknya.

Tidak Kreatif

Salah satu kunci sukses seorang wirausahawan adalah mampu berfikir kreatif. Pelaku usaha dituntut untuk bisa memberikan sesuatu yang baru untuk para konsumen agar dapat menarik perhatian mereka. kesalahan yang selama ini sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online terutama para pemula adalah hanya ikut-ikutan atau menirukan sebuah online shop yang dianggapnya sukses. Hindari hal ini agar online shop dapat berkembang.

Tidak Memaksimalkan Media Sosial

Selama ini masih banyak pelaku bisnis online yang belum mampu memaksimalkan keberadaan media sosial yang sedang ramai digunakan oleh masyarakat. Untuk promosi online shop, jangan hanya menggunakan satu media sosial saja. Sebisa mungkin gunakan semua media sosial yang ada termasuk facebook dan instagram yang selama ini menjadi media sosial dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

Salah Memilih Dagangan

Selama ini banyak pemilik online shop yang salah memilih dagangan sehingga sulit untuk laku. Pelajarilah cara memilih barang dagangan yang cepat laku dan laris ketika dijual online. Perhatikan peluang lalu tentukan barang dagangan apa yang sesuai untuk dijual. Usahakan untuk menjual barang yang sesuai dengan target pasar dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Harga Barang Tidak Kompetitif

Harga barang adalah salah satu penyebab kenapa sebuah bisnis online mengalami kegagalan. Harga yang tidak kompetitif menjadi salah satu faktornya. Sebuah barang yang harganya lebih tinggi dari dari harga pasaran menyebabkan kita kalah dalam persaingan. Maka dari itu, sebisa mungkin cari dan dapatkan barang dagangan dengan harga murah agar bisa berkompetisi.

Tidak Memiliki Target Pencapaian

Target pencapaian sifatnya wajib bagi sebuah usaha. Terlebih jika usaha tersebut masih tergolong baru. Maka, membuat target pencapaian secara berkala harus dilakukan agar bisnis yang dijalankan memiliki tujuan yang jelas. Hal ini juga berlaku bagi online shop. Sebagai pelaku bisnis online, milikilah target pencapaian yang jelas sebagai penentu arah kemanakah online shop akan dibawa.

Salah Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan tidak hanya digunakan untuk usaha besar yang sudah mapan saja. Namun bisnis kecil seperti online shop pun juga harus memiliki sistem pengelolaan keuangan yang baik pula. Selama ini banyak online shop yang laris tapi hasilnya tidak terlihat. Ini adalah salah satu akibat dari kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Maka dari itu, pelajarilah cara mengatur dan mengelola keuangan bisnis kecil dengan cara sederhana.

Penutup
10 faktor utama penyebab gagalnya bisnis online shop yang sudah disebutkan diatas seharusnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi agar pelaku usaha lebih mawas diri. Menjalankan bisnis online memang harus dilakukan dengan tekun dan sabar. Apalagi jika online shop yang didirikan statusnya masih tergolong baru. Tentu masih banyak proses dan jalan yang harus ditempuh agar bisa lebih maju.

Ini Dia 10 Faktor Utama Penyebab Gagalnya Bisnis Online Shop