8 Ciri Barang Yang Cepat Laku Untuk Dijual Online

Berjualan online adalah salah satu mata pencaharian yang mulai populer di Indonesia. Minimnya modal yang diperlukan serta mudahnya proses berjualan membuat bisnis online meraja lela. Rata-rata pemilik akun online shop yang banyak beredar saat ini adalah pelaku usaha baru. Mereka memulai usaha online sebagai pengalaman baru dengan memanfaatkan barang yang cepat laku untuk dijual online.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan bahwa saat ini jumlah e-commerce yang berkembang di negara Indonesia sudah lebih dari 26 juta. Angka ini menunjukkan fakta bahwa perkembangan bisnis online sangatlah pesat. Kemajuan teknologi turut membuat pedagang konvensional mengembangkan usahanya untuk menjual dagangannya secara online dengan harapan barang tersebut bisa cepat laku.

Gambar 8 Ciri Barang Yang Cepat Laku Untuk Dijual Online

Merintis usaha online shop memang menjadi pilihan yang tepat. Siapa saja dapat dengan mudah menjual barang secara online cukup bermodalkan gadget yang dimiliki. Banyaknya jumlah online shop yang ada saat ini membuat persaingan menjadi sangat ketat. Berbagai macam strategi dilakukan oleh para pengusaha online salah satunya dengan memilih barang yang cepat laku untuk dijual secara online.

Seperti Apakah Ciri Dan Kriteria Barang Yang Cepat Laku Untuk Dijual Online?

Memilih barang yang cepat laku untuk dijual online adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pedagang untuk menyiasati agar penjualan bisa meningkat. Dalam bisnis online, melakukan cara seperti ini adalah hal yang wajar dan sah untuk dilakukan. Selama itu tidak merugikan pihak lain, menyusun strategi untuk memenangkan persaingan boleh dilakukan dan diterapkan.

Agar dagangan cepat laku, seorang pedagang online harus bisa memilih barang yang akan dijual secara baik dan benar. Kenapa? Karena tidak semua barang yang ada di pasar konvensional memiliki potensi tinggi jika dijual secara online. Oleh karena itu, dagang online harus mengetahui seperti apa ciri barang yang cepat laku untuk dijual online seperti pada penjelasan berikut ini.

Banyak Dicari dan Diminati Konsumen

Dagangan yang banyak dicari dan diminati konsumen adalah barang yang tepat untuk dijual secara online. Barang-barang yang masuk kedalam poin ini biasanya adalah jenis barang kebutuhan yang banyak dibeli oleh para konsumen. Untuk berjualan online, pilihlah dagangan yang memiliki potensi banyak dicari dan diminati oleh konsumen agar barang yang dijual bisa cepat laku. Ada banyak jenis barang seperti ini yang beredar dipasaran, analisis dan pilihlah salah satu diantaranya.

Mudah Untuk Dikirim

Salah proses yang harus dilalui dalam sistem transaksi online adalah pengiriman. Pengiriman barang online biasanya dipercayakan kepada jasa ekspedisi yang kini sudah banyak tersedia. Transaksi online akan lebih rumit dari transaksi konvensional dimana konsumen membawa sendiri barang yang dibeli secara langsung. Oleh karena itu, pilihlah jenis barang yang mudah untuk dikirim supaya tidak menyulitkan proses transaksi. Proses pengiriman yang sulit akan menyebabkan waktu dan tenaga yang dikeluarkan tidak efisien.

Harga Jual Yang Terjangkau

Salah satu pertimbangan yang digunakan pembeli dalam berbelanja adalah harga. Harga barang yang lebih murah dibanding harga umum dipasaran akan lebih menarik meski selisihnya hanya sedikit. Hal ini berlaku juga pada bisnis online, online shop yang menjual barang dengan harga lebih murah pasti akan diserbu pembeli. Asal kita tahu bahwa salah satu tujuan orang berbelanja online adalah untuk mendapatkan barang dengan harga murah.

Mendatangkan Cukup Banyak Laba

Meski barang yang dijual harganya murah, bukan berarti kita sebagai penjual online harus mengesampingkan laba. Laba harus tetap didapat sebagai mana mestinya dengan jumlah yang cukup banyak. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menjual barang murah namun tetap mendapatkan banyak laba adalah dengan mencari barang kulakan yang harga belinya murah. Pelajarilah bagaimana Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah.

Sesuai Dengan Pasar Online

Agar barang cepat laku, pilihlah barang yang sesuai dengan pasar online. Barang yang sulit didapatkan pada transaksi offline sangat potensial jika diperdagangkan secara online. Tujuan lain dari orang yang berbelanja online adalah mendapatkan barang yang tidak bisa mereka beli di pasar konvensional. Lakukan pengkajian terhadap barang yang akan dijual sebelum dipasarkan secara online.

Berpotensi Untuk Dijual Grosir

Barang dagangan yang berpotensi untuk dijual secara grosis akan membuatnya cepat laku. Gunakan paradigma ini ketika berjualan online agar barang dagangan cepat habis. Pilihlah barang-barang yang berpotensi bisa dijual dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu transaksi online. Selain mempercepat perputaran uang, menjual grosir juga dapat memperoleh laba besar. Terlebih jika barang yang cepat laku untuk dijual online bisa terus kita dagangkan.

Baca Juga:
  1. Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook 
  2. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris 
  3. 5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita

Kualitas Sesuai Dengan Harga

Berjualan online sama saja dengan menjual barang ghaib. Artinya seorang pembeli online shop tidak dapat melihat barang secara langsung namun hanya bisa mengetahui wujudnya melalui gambar yang dipajang. Untuk meningkatkan kepuasan, barang yang dijual online harus memiliki kualitas sesuai dengan harga. Hal ini akan membuat barang yang dijual online cepat laku karena pembeli akan berpotensi untuk kembali berbelanja dengan penuh kepercayaan.

Ongkos Kirim Tidak Melebihi Harga

Jika ingin barang dagangan cepat laku saat dipasarkan secara online, barang yang dijual nominal harganya harus seimbang dan masuk akal dengan ongkos kirim yang dikeluarkan. Jangan menjual barang yang memakan banyak ongkos kirim namun nominalnya rendah. Ini akan menjadi pertimbangan serius bagi para pembeli online agar tidak merasa rugi. Rata-rata pembeli online hanya akan mau mengeluarkan ongkos kirim tinggi hanya untuk keperluan yang sangat mendesak.

Jenis-Jenis Barang Yang Cepat Laku Untuk Dijual Online

Ada banyak jenis barang yang beredar di pasaran untuk bisa dijual online. Beberapa barang akan cepat laku untuk dijual online, sedangkan beberapa diantaranya akan lama lakunya. Tinggal bagaimana kita mampu menyeleksi dan memilahnya untuk dijadikan sebagai peluang yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa jenis barang yang cepat laku untuk dijual online.

Jualan Produk Fashion

Selama ini produk fashion mulai dari baju, celana, tas, jaket, jeans dan sejenisnya sangat banyak diminati oleh konsumen. Semua jenis pakaian menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi masyarakat. produk fashion merupakan barang dagangan yang cepat laku ketika dijual online apalagi jika model yang ditawarkan selalu up to date. Banyak pembeli yang belanja online produk fashion untuk mengejar model terbaru yang sedang tren.

Jualan Produk Kosmetik

Menjual produk kosmetik adalah pilihan tepat bagi sebuah online shop. Kosmetik adalah barang paling banyak diburu terutama bagi kaum hawa sehingga jumlah penjualannya tinggi. Karena laris, produk kosmetik menjadi salah satu barang dagangan yang cepat laku dijual online. Tidak heran jika banyak online shop yang sengaja menjual berbagai macam kosmetik seperti lipstik, eyeliner, bedak, skin care dan lain-lain dengan target utama pasar adalah para wanita.

Jualan Produk Gadget

Pengaruh globalisasi yang sangat cepat membuat bidang teknologi menjadi isu hangat untuk dibahas. Hampir setiap bulan selalu muncul gadget terbaru dengan teknologi semakin mutakhir. Produk gadget adalah barang yang paling banyak dicari sehingga penjualannya cepat laku. Menjual berbagai gadget secara online adalah pilihan tepat. Selain cepat laku, produk gadget juga mendatangkan keuntungan yang tinggi.

Jualan Peralatan Rumah Tangga

Selain ketiga produk yang sudah dibahas diatas, peralatan rumah tangga juga termasuk kedalam produk yang cepat laku dijual. Saat ini sudah banyak produk-produk peralatan rumah tangga yang inovaitif dengan berbagai fungsi yang sangat berguna dan memudahkan. Produk-produk tersebut sering diburu terutama oleh para ibu-ibu. Banyak online shop penjual peralatan rumah tangga yang barangnya cepat habis terutama untuk produk model baru yang inovatif.

Manfaat Menjual Barang Yang Cepat Laku di Online Shop

Cepat terjualnya sebuah barang dagangan adalah keinginan dari setiap pedagang. Ada banyak manfaat yang didapat oleh seorang pedagang online ketika menjual barang yang cepat laku. Oleh karena itulah mereka selalu melakukan banyak upaya termasuk melakukan promosi dan sale agar dagangan bisa terjual. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat oleh pedagang yang menjual barang yang cepat laku di online shop.

  1. Perputaran uang akan lebih cepat
  2. Stok barang tidak terus-terusan menumpuk
  3. Lebih cepat mendapat laba dan keuntungan
  4. Online shop lebih cepat maju dan berkembang
  5. Reputasi online shop semakin meningkat
  6. Roda perekonomian berputar dengan baik

Penutup
Menjual barang dagangan yang cepat laku di online shop adalah sebuah keuntungan bagi seorang pedagang. Namun, cepat atau lambatnya barang yang terjual bergantung pada rejeki yang diberikan oleh tuhan. Sebagai pedagang, kita hanya bisa mengupayakan dan mengusahakan supaya barang yang dipasarkan bisa cepat laku terjual. Selain itu, melakukan jual beli secara jujur juga dapat meningkatkan kesempatan cepat lakunya barang karena tingginya kepercayaan dari konsumen.

8 Ciri Barang Yang Cepat Laku Untuk Dijual Online