Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Berembun dan Basah

Mengatasi masalah jam tangan yang berembun dan basah adalah salah satu hal yang tidak asing bagi pemilik jam tangan yang tidak wateresist atau tidak anti air. Memang jam tangan jenis ini sering sekali bermasalah jika bersentuhan langsung dengan air. Salah satu masalahnya yaitu berembun yang menyebabkan komponen jam menjadi basah sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin jam.

Masalah jam tangan yang berembun dan basah tidak dapat disepelekan begitu saja. Jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kerusakan permanen pada jam tangan. Jika kerusakan sudah parah, maka jam tangan akan rusak permanen sehingga tidak bisa diperbaiki lagi. Untuk itu penanganan yang cepat dan tepat pada saat jam tangan berembun dan basah harus segera dilakukan.

Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Berembun dan Basah

Sebelum melakukan penanganan alangkah lebih baiknya jika mengenali ciri-ciri jam tangan yang berembun. Jam tangan yang berembun biasanya terlihat bintik-bintik uap air yang menempel pada kaca jam. Menempelnya uap air pada kaca jam ini tidak hanya berlangsung sehari begitu saja. Biasanya bisa lebih dari sehari. Pada kasus yang parah, terjadinya embun bisa berlangsung selama berhari-hari.

Intinya jika anda mendapati jam tangan anda dipenuhi oleh uap air dikaca bagian dalam, sudah bisa dipastikan bahwa jam tangan anda berembun. Ini adalah satu masalah yang harus segera anda atasi. Jika dibiarkan berlama-lama, masalah ini dapat membuat kerusakan permanen pada komponen jam tangan anda.

Penyebab Jam Tangan Berembun dan Basah

Embun yang masuk kedalam jam tangan tidak mungkin datang dengan begitu saja. Ada beberapa sebab yang dapat menyebabkan jam tangan menjadi berembun. Terkadang secara tidak sadar, pemilikjam tangan mengabaikan hal-hal yang ternyata dapat menyebabkan timbulnya embun pada jam tangan. Sebab-sebab yang dapat membuat jam tangan berembun antara lain sebagai berikut ini.

1. Memakai Jam Tangan Pada Saat Hujan Ringan

Pada saat hujan deras, pemilik jam tangan yang tidak anti air biasanya mencopot jam untuk disimpan ditempat yang aman. Namun terkadang pada saat hujan ringan, mereka mengabaikannya karena dianggap intensitas percikan air tida tinggi. Secara tidak sadar, anggapan yang sesat ini justru sering menjadi penyebab masuknya embun ke dalam jam tangan. Akumulasi setiap tetesan air hujan yang lama-kelamaan mengumpul dapat masuk ke dalam jam melalui sela-sela yang tidak dapat dilihat oleh mata. Melalui sela-sela kecil inilah air masuk dan menyebabkan embun pada kaca jam tangan.

Untuk meminimalisir masalah embun pada jam tangan, lebih baik jam tangan yang tidak anti air dilepas terlebih dahulu pada saat hujan. Entah itu hujan deras maupun hujan yang intensitasnya rendah. Usahakan jam tangan disimpan pada tempat yang tidak terkena air pada saat hujan.

2. Terkena Air atau Percikan Air

Tidak hanya saat kehujanan saja. Secara tidak sadar, jam tangan yang kita pakai juga dapat kemasukan air pada saat sedang beraktivitas. Misalkan terkena percikan air pada saat mencuci tangan atau terkena percikan air pada saat melakukan aktivitas lainnya. Meskipun sudah di lap dan dikeringkan, terkdang kita tidak tahu apakan air tersebut sudah masuk ke dalam jam atau tidak. Pada saat itulah air masuk kedalam, kemudian menyebabkan embun pada jam tangan.

Untuk itu, cobalah meminimalisir jam tangan terkena cipratan air supaya tidak ada tetesan air yang masuk sehingga menyebabkan embun di kaca jam. Jika melakukan aktivitas yang kontak langsung dengan air, sebaiknya jam tangan dilepas terlebih dahulu untuk mengantisipasi masuknya air kedalam jam tangan. Simpan ditempat yang kering dan aman.

3. Tempat Penyimpanan Yang Lembab

Udara yang lembab dapat menyebabkan embun masuk kedalam jam tangan. Apalagi tempat penyimpanannya berhubungan langsung dengan udara lembab, sudah bisa dipastikan peluang masukknya embun ke dalam jam tangan sagat besar. Simpanlah jam tangan anda ditempat-tempat yang kering seperti didalam lemari, didalam box jam tangan, didalam tas dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kontak langsung antara jam tangan dengan udara yang lembab.

Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Berembun dan Basah

Setelah mengetahu apa saja sebab-sebab yang dapat membuat jam tangan berembun. Sekarang adalah saatnya menyimak bagaimana cara mengatasi maslah jam tangan yang berembun dan basah. Berhubung masalah ini dapat menyebabkan kerusakan yang permanen pada jam tangan, maka penanganan harus dilakukan secara cepat dan tepat. Dengan langkah yang benar, kerusakan dapat dikurangi atau diminimalisir. Berikut ini adalah cara mengatasi jam tangan yang berembun dan basah dengan baik dan benar.

1. Matikan Jam Tangan

Langkah pertama yang harus anda lakukan pada saat jam tangan anda berembun atau basah adalah mematikannya. Pada saat jam tangan dimatikan semua komponen jam juga ikut berhenti. Hal ini bertujuan supaya air yang ada didalam jam tidak masuk dan merambat ke komponen komponen lain yang ada didalam mesin jam tangan.

2. Lepas Baterai

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah melepas baterai jam tersebut. Caranya adalah dengan membuka penutup jam bagian belakang dan keluarkan baterai dari mesin jam. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir konsleting atau kerusakan mesin jam. Dengan begini, kita dapat mencegah kerusakan mesin jam supaya tidak parah.

3. Lepaskan Mesin Dari Bingkai

Langkah selanjutnya setelah melepas baterai adalah melepaskan mesinnya. Buka pengait antara bingkai dan mesin jam lalu pisahkan. Pelepasan mesin jam ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengeringkannya. Untuk kasus yang parah, air dapat masuk kedalam mesin jam dan membasahi komponen yang ada didalamnya. Jika tidak dilepaskan, mesin jam yang basah akan sulit untuk dikeringkan secara sempurna.

4. Pengeringan

Dalam proses pengeringan ada dua komponen yang harus anda keringkan. Yang pertama adalah bingkai jam dan yang kedua adalah mesinnya. Kedua komponen ini harus benar-benar kering sempurna tanpa ada air yang membekas. Jika ada komponen yang masih lembab, maka jam tangan akan berembun kembali setelah dipasang. Untuk itu pastikan semua komponen benar-benar kering.

Ada dua cara yang dapat anda gunakan untuk mengeringkan komponen jam tangan yang basah. Pertama, anda dapat memanfaatkan panasnya sinar matahari. Caranya cukup mudah, taruh saja komponen jam yang sudah dilepas tadi dibawah sinar matahari yang terik. Panasnya sinar matahari adalah alat alami yang sangat efektif untuk menghilangkan air yang membasahi komponen jam tangan baik itu mesin maupun bingkainya.

Jika tidak ada sinar matahari, cara kedua yang dapat anda gunakan adalah dengan memakai Hair Dryer atau pengering rambut. Panas dan angin dari Hair Dryer dapat anda manfaatkan sebagai alat pengering komponen jam yang basah. Namun cara ini kurang efektif karena memakan waktu yang cukup lama untuk membuat komponen jam benar-benar kering. Paling tidak, cara ini dapat menjadi alternatif pengeringan lain ketika matahari tidak bersinar.

5. Pasang Kembali Mesin Jam Kedalam Bingkai

Setelah semua komponen jam benar-benar kering sempurna. Anda dapat menyatukan kembali mesin jam dan bingkai yang dilepas tadi. Jangan lupa untuk memasang baterai jamnya kembali. Cocokkan jam sesuai dengan waktu saat ini. Jam siap dihidupkan dan embun yang menutupi kaca sudah hilang.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jam tangan yang berembun dan basah. Jika dibiarkan terlalu lama, jam tangan yang berembun dan basah tersebut dapat mengalami kerusakan permanen. Untuk itu segera lakukan upaya pembersihan jika memang masalah tersebut terjadi pada jam tangan anda. Supaya jam tangan yang berembun dan basah tidak terulang kembali, maka berusahalah untuk menghindari sebab-sebabnya.

Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Berembun dan Basah