Ini Dia 7 Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Kaki Lima

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan yang namanya kaki lima. Usaha rakyat yang satu ini memang sangat terkenal diseluruh nusantara karena harganya yang murah namun cita rasanya tidak kalah dengan restoran. Hal inilah yang membuat para pelaku usaha makanan kaki lima tidak pernah sepi. Kaki lima memang menjadi alternatif pilihan wisata kuliner yang tidak boleh di pandang sebelah mata.

Karena dianggap memiliki potensi, banyak orang memilih untuk memulai usaha kaki lima dengan menjual menu-menu makanan dengan resep rahasianya masing-masing. Meski dianggap sebagai usaha yang sederhana, namun dalam memulai usaha kaki lima ini diperlukan persiapan yang sangat matang agar bisa sukses. Sama dengan bisnis lain, dalam memulai usaha kaki lima juga banyak aspek yang harus diperhatikan.

Ini Dia 7 Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Kaki Lima

Perencanaan dan persiapan dalam memulai usaha kaki lima juga sangat penting. Meski terlihat mudah, namun sebenarnya dalam memulai usaha kaki lima juga tidak boleh ceroboh. Fakta di lapangan menunjukkan banyaknya pedagang kaki lima yang gulung tikar akibat menyepelekan hal tersebut. Usaha kaki lima mereka sepi pembeli dan tidak dapat menarik pelanggan.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Usaha Makanan Kaki Lima Agar Sukses?

Siapa bilang pedagang kaki lima tidak bisa sukses. Ternyata jika kita perhatikan dengan seksama, ada banyak pemilik usaha kaki lima yang mampu meraih keuntungan hingga jutaan rupiah dalam sebulan lho. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang mampu membuka cabang dipelbagai tempat. Tentu hal tersebut bukan sesuatu yang kebetulan, melainkan usaha kaki lima tersebut dimulai dengan cara yang tepat. Simak penjelasan dibawah ini.

Memilih Tempat Yang Strategis

Hal yang tidak kalah penting dalam memulai usaha kaki lima adalah tempat. Lokasi usaha bisa saja mempengaruhi keberhasilan dari usaha kaki lima yang anda jalankan. Memilih tempat yang strategis adalah cara yang tepat. Tempat strategis biasanya banyak orang yang lalu lalang atau berada di dekat pusat keramaian. Lalukan survei dan pemantauan secara berkala untuk mendapatkan tempat yang strategis.

Pastikan Tidak Melanggar Peraturan

Seperti yang kita tahu bahwa selama ini usaha kaki lima identik dengan penggerebekan dan penertiban oleh Satpol PP. Tentu bukan tanpa alasan, ini dilakukan karena ada peraturan yang dilanggar dan harus ditegakkan. Maka dari itu, pelajari dulu peraturan daerah setempat. Cari tahu mana tempat yang boleh dan tidak boleh sebagai tempat berjualan. Pastikan tempat yang anda pilih untuk memulai usaha kaki lima tidak melanggar aturan.

Menyiapkan Resep Rahasia Khas Kaki Lima

Selama ini usaha kaki lima dikenal memiliki resep rahasia yang membuat pelanggan ketagihan. Hampir semua makanan yang dijajakan kaki lima di pinggir-pinggir jalan mempunyai cita rasa yang khas dan aroma yang menggoda. Ini adalah salah satu daya tarik ala kaki lima yang bisa menggugah selera makan orang-orang yang lalu lalang. Untuk itu, ciptakan resep rahasia anda sendiri saat akan memulai usaha kaki lima.

Ciptakan Menu Makanan Yang Inovatif

Selain menyiapkan resep makanan, hal lain yang perlu anda perhatikan untuk memulai usaha kaki lima adalah menciptakan menu makanan yang inovatif. Hal ini dilakukan agar usaha kaki lima anda mampu bersaing dengan pedagang lain. Persaingan antar pedagang kaki lima memang sangat ketat. Salah satu cara untuk memenangkannya adalah dengan berinovasi. Buat menu makanan yang berbeda dan memiliki nilai tambah agar tidak terlihat biasa saja.

Baca Juga:
  1. 7 Keuntungan Memiliki Tempat Usaha Strategis
  2. 12 Persiapan Membuka Usaha Rumah Makan 
  3. 9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan

Hadirkan Pengalaman Unik Pada Pelanggan

Cara lain untuk memulai usaha kaki lima adalah menghadirkan pengalaman unik pada setiap pelanggan yang datang. Memberikan pengalaman baru yang sebelumnya tidak pernah, dapat membuat pelanggan mengingat usaha kaki lima anda. Sebagai contoh adalah Sate Klathak Yogyakarta yang memakai tusuk jeruji sepeda. Dengan begini pelanggan akan merasakan sensasi yang berbeda sehingga membuatnya selalu ingat dengan yang namanaya Sate Klathak.

Gunakan Dekorasi Yang Mencolok

Salah satu daya tarik yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan pelanggan adalah dengan menggunakan dekorasi yang mencolok. Dekorasi yang mencolok dalam artian anda dapat memakai banner digital printing yang sudah didesain sangat menarik dan menggugah selera. Dalam memulai usaha kaki lima hal ini sangat penting. Dekorasi yang mencolok bisa mendatangkan rasa penasaran pelanggan supaya mampir untuk membeli.

Promosikan di Media Sosial

Tahap terakhir untuk menunjang kesuksesan dari usaha kaki lima yang sudah anda mulai adalah dengan mempromosikannya di media sosial. Pada era digital seperti saat ini media sosial bisa jadi solusi mudah dan murah untuk promosi. Anda bisa membagikan tempat jualan kaki lima dan menu makanannya di grup-grup media sosial daerah setempat. Cara ini cukup efektif agar usaha kaki lima anda cepat dikenal.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara untuk memulai usaha makanan kaki lima agar sukses. Persiapan dan perencanaan menjadi bagian paling susah dalam mendirikan sebuah usaha. Hal ini juga sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha kaki lima. Oleh karena itu, jika ingin memulai usaha kaki lima cobalah untuk merencanakan dan mempersiapkannya dengan sangat matang agar bisnis yang anda jalankan bisa terus berjalan.

Ini Dia 7 Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Kaki Lima