7 Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan Didalam Perusahaan

Konflik atau pertengkaran antar karyawan menjadi hal yang sudah wajar terjadi di sebuah perusahaan. Namun terjadinya konflik antar karyawan tidak boleh dianggap remeh dan juga dibiarkan berlarut-larut. Konflik antar karyawan juga dapat menimbulkan ketidak stabilan hubungan sosial didalam perusahaan yang bisa berakibat pada perpecahan. Jika ada karyawan yang terlibat konflik sebaiknya segera diselesaikan.

Mengatasi konflik antar karyawan didalam perusahaan sejatinya adalah tugas dari petinggi perusahaan itu sendiri. Jika anda merupakan salah satunya, berarti anda memikul tanggung jawab untuk bisa menyelesaikan pertengkaran antar karyawan di perusahaan. Menghadapi karyawan yang bertikai di perusahaan harus dihadapi dengan sikap dan pikiran yang dingin agar cepat terselesaikan.

7 Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan Didalam Perusahaan

Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan konflik antar karyawan didalam perusahaan. Mulai dari masalah pribadi hingga masalah pekerjaan itu sendiri. Apapun penyebab dari konflik antar karyawan, tetap saja masalah tersebut harus segera dituntaskan. Berapa banyak perusahaan yang bermasalah hanya gara-gara konflik internal yang tak kunjung diselesaikan.

Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan Didalam Perusahaan

Sebagai petinggi bahkan pemilik perusahaan, anda harus bertindak cepat saat mendapati ada konflik antar karyawan. Semua orang didalam perusahaan adalah tim yang bertugas untuk terus mencapai tujuan. Maka dari itu konflik antar karyawan didalam perusahaan sebisa mungkin dihindari. Kalaupun ada konflik haruslah segera diselesaikan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi konflik antar karyawan didalam perusahaan.

Netral Terhadap Semua Karyawan

Sebagai orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi didalam perusahaan, anda harus mampu menunjukkan sikap netral saat mengatasi konflik antar karyawan. Jadilah penengah untuk para karyawan yang terlibat pertengkaran. Anda adalah satu-satunya orang yang bisa diandalkan untuk menjadi pengadil bagi mereka. Jadi saat mengatasi konflik antar karyawan, ubahlah sudut pandang anda menjadi tidak memihak siapapun.

Cari Tahu Duduk Perkaranya

Saat mendapati ada karyawan yang terlibat konflik didalam perusahaan, segeralah untuk menyelidiki dan memastikannya. Cobalah untuk mencari tahu duduk perkaranya dengan cara menanyakannya kepada orang terdekat atau memanggil dan bertanya langsung kepada karyawan yang bersangkutan. Mencari tahu sumber permasalahan merupakan langkah awal yang sangat penting. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencari jalan tengah.

Bersikap dan Berfikir Dingin

Agar bisa mengatasi konflik antar karyawan didalam perusahaan, anda tidak hanya dituntut untuk bis bersikap netral, namun juga bersikap dan berfikir jernih. Karyawan yang terlibat pertengkaran biasanya diselimuti oleh emosi yang membara. Jika anda hadapi dengan emosi, maka masalah akan sulit terselesaikan. Ibarat api yang hanya bisa padam dengan air, maka anda harus bersikap dingin pada karyawan yang sedang konflik.

Pertemukan Karyawan Dalam Satu Ruang

Cara terbaik untuk mulai menuntaskan konflik antar karyawan didalam perusahaan adalah dengan mempertemukan mereka dalam satu ruang. Menyelesaikan pertengkaran ditempat umum apalagi didepan rekan kerja hanya akan membuat kondisi jadi semakin buruk. Jadi lebih baik ajak mereka bertemu didalam satu ruangan agar privasi lebih terjaga dan juga lebih bebas untuk berbicara.

Baca Juga:
  1. Karyawan Sering Bermasalah? 9 Hukuman Ini Pantas Diberikan
  2. 8 Cara Menegur Karyawan Yang Melakukan Kesalahan 
  3. 6 Tipe Karyawan Yang Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Ajak Karyawan Berdiskusi Bersama

Karyawan yang terlibat konflik didalam perusahaan biasanya akan saling berdiam diri. Disinilah tugas anda sebagai penengah agar mereka mau untuk saling membicarakan duduk perkaranya. Jika sudah bisa mempertemukan karyawan yang konflik didalam satu ruangan, kemudian ajaklah mereka untuk berdiskusi serta membicarakan masalahnya. Apapun masalahnya akan lebih mudah terselesaikan dengan berbicara dan diskusi bersama.

Bantu Karyawan Mencari Solusi

Karyawan yang terlibat konflik di perusahaan biasanya akan kesulitan untuk menemukan solusi mereka sendiri. Disinilah fungsi anda sebagai fasilitator sekaligus penengah untuk mencari solusi. Setelah mempertemukan karyawan yang konflik, dalam berdiskusi anda bisa ikut mencari solusi yang terbaik. Sebisa mungkin gunakan win-win solution agar konflik antar karyawan yang terjadi bisa berakhir dengan kesepakatan damai.

Buat Kesepakatan Untuk Tidak Mengulangi

Hal terakhir yang paling penting anda lakukan saat berhasil mengatasi konflik antar karyawan didalam perusahaan adalah membuat kesepakatan bersama untuk tidak mengulanginya lagi. Agar kesepakatan lebih ditaati, anda bisa mengusulkan sanksi kepada mereka jika suatu saat melanggar. Membuat kesepakatan untuk tidak mengulangi sangat penting supaya konflik antar karyawan tidak terulang kembali baik oleh si pelaku maupun karyawan lain.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi konflik antar karyawan didalam perusahaan. Bagaimanapun juga karyawan anda adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Jadi adanya pertengkaran adalah hal wajar. Konflik antar karyawan tidak perlu dijadikan beban karena bisa diselesaikan. Intinya jangan sampai terlambat memberikan penanganan agar tidak terjadi konflik yang berlarut-larut.

7 Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan Didalam Perusahaan