6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan

Selayaknya manusia, semakin bertambahnya usia kita akan semakin memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar dari usia kita di masa kecil dan di masa remaja. Contohnya, di masa kecil tanggung jawab kita hanya sebatas mandi tepat waktu, mengerjakan PR setiap hari, pulang bermain sebelum petang, serta belajar dengan giat. Kemudian ketika remaja, tanggung jawab kita pun semakin bertambah, seperti belajar mengelola uang saku, membantu membersihkan rumah, membantu menjaga adik, dan sebagainya.

Ketika kita beranjak dewasa, tanggung jawab yang kita miliki akan bertambah besar begitupun dengan aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan setiap harinya tentu akan semakin padat. Setiap harinya kita melakukan aktivitas seperti mengurus anak, menyiapkan sarapan, mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja hingga larut malam secara terus menerus dan berulang-ulang.

6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan

Selain aktivitas yang semakin padat, kita juga akan disibukkan dengan berbagai permasalahan dalam hidup maupun dalam pekerjaan. Deadline yang semakin banyak, masalah dengan teman kantor, konflik dengan atasan dan sebagainya seringkali memicu mood kita menjadi buruk. Badan yang terlalu lelah bekerja, mood yang buruk tentu akan berdampak buruk pula terhadap kesehatan fisik maupun psikis.

Lakukan 6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan

Sebagai manusia biasa, tentu kita pernah berada di titik kita merasa sangat lelah, penat, bosan, maupun depresi. Bahkan ada beberapa orang yang sampai putus asa kemudian ingin mengakhiri hidupnya. Hal tersebut tidak lain merupakan efek dari stres yang bertumpuk dari aktivitas maupun pekerjaan yang terus menerus. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut merupakan tips mengatasi stress dan bosan akibat aktivitas maupun pekerjaan.

Pergi berlibur

Pergi berlibur atau piknik sesekali sangat diperlukan di sela-sela kesibukan dan aktivitas yang padat. Berlibur tidak harus mewah , jauh, dan mahal. Kamu bisa memanfaatkan tempat-tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal, sederhana, namun menyenangkan, misalnya kebun binatang, waterpark, wahana bermain, pantai, maupun wisata alam lainnya.

Refreshing sangat bermanfaat untuk mengembalikan mood yang down menjadi lebih bahagia, serta dapat merefresh kembali otak kita sehingga bisa bekerja lebih maksimal. Ketika kita bekerja dengan kondisi mood yang prima, maka kita akan melakukan pekerjaan dan aktivitas dengan tulus dan bahagia. Selain itu, otak kita bisa dengan sigap meluncurkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan fresh.

Menghirup udara segar

Ketika kamu merasa suntuk dan jenuh dengan segala hiruk pikuk pekerjaan yang kamu lakukan, kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk menghirup udara segar guna menenangkan mood dan pikiran. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar di jam istirahat kantor, sambil mengumpulkan energi baru untuk meneruskan kembali pekerjaan yang belum selesai.

Kamu juga bisa refreshing dengan berkeliling-keliling kota sepulang bekerja sambil melihat pemandangan. Akan lebih baik jika kamu berhenti sejenak di tempat yang teduh dan tenang sambil menghirup udara segar. Hal tersebut bisa membantu meringankan beban yang sangat berat akibat aktivitas dan pekerjaan kita setiap hari.

Melakukan aktivitas yang disukai

Setiap orang pasti memiliki hal atau aktivitas yang disukai. Melakukan hal yang menyenangkan yang kita sukai bisa mengubah mood yang tadinya buruk menjadi sangat baik. Bukan hanya itu, melakukan hal yang kita sukai juga sangat ampuh meningkatkan semangat ketika kita sedang down. Misalnya kamu bisa melakukan olahraga yang kamu suka, pergi ke tempat karaoke keluarga, dan sebagainya.atau kamu juga bisa merawat hewan peliharaan yang kamu suka apabila kamu seorang pencinta hewan. Kamu bisa menjadikan hewan peliharaan tersebut sebagai teman melepas penat.

Beristirahat penuh

Melakukan aktivitas padat setiap hari tidak menutup kemungkinan akan membuat kita merasa lelah, lesu, pusing, bahkan jatuh sakit. Memaksakan anggota tubuh untuk terus bekerja akan membuat konsentrasi berpikir kita menjadi berkurang, serta menyebabkan kecepatan dan ketepatan bekerja menjadi tidak maksimal.

Baca Juga:

  1. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya
  2. 12 Hal Yang Dapat Membuat Generasi Milenial Jadi Lebih Sukses
  3. 6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit


Ada kalanya kita merasa anggota tubuh kita merasa sangat berat dan lemah, kondisi tersebut akan sangat fatal apabila terus dipaksakan untuk bekerja. Ada baiknya kita mengambil waktu satu sampai dua hari untuk beristirahat seharian guna memanjakan otot-otot dan sendi-sendi kita. Kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin C, makan makanan yang bergizi, serta minum air mineral yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang. Ketika tubuh kita sudah kembali fresh dan fit, kita bisa memulai aktivitas kembali dengan kondisi prima.

Hang out bersama teman

Hang out merupakan obat yang cukup ampuh untuk menghilangkan stress. Apalagi ketika kita ditemani oleh sahabat dan teman yang asik, tentu itu akan mengobati pikiran yang suntuk dan letih setelah bekerja. Kamu bisa meluangkan waktu untuk sekedar berbincang-bincang santai sambil menikmati secangkir kopi maupun pergi berbelanja ke mall atau store favorit kamu. Sharing tentang permasalahan yang kamu alami serta mencari solusi bersama sahabat juga bisa meringankan stress dan suntuk. Kamu bisa bertukar ide dan pikiran, sehingga kamu sudah siap untuk mulai bekerja dengan pikiran dan hati yang lebih positif.

Makan makanan kesukaan

Kuliner adalah hobi setiap orang. Masing-masing dari kita pasti mempunyai makanan favorit yang bisa meningkatkan mood maupun semangat. Ketika kita merasa mood kita sedang down, solusi paling mudah adalah dengan memesan makanan favorit kamu di jam istirahat kantor maupun setelah pulang bekerja. Es coklat, kopi, pizza, mie instan, dan martabak adalah contoh makanan yang populer dikonsumsi ketika suasana hati  sedang buruk. Apakah suasana hatimu juga sedang buruk? Ini saat yang tepat untuk kamu mencobanya di rumah. Kamu bisa mengkonsumsi martabak manis dengan es coklat sambil menonton film atau drama Korea favorit kamu.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stress dan bosan akibat pekerjaan. Rasa stress dan bosan tidak boleh terus dipendam dalam diri karena memiliki banyak pengaruh buruk. Oleh karena itu penulis menyarankan agar kamu melakukan beberapa hal diatas. Saat pikiran dan tubuh kembali segar, maka segala aktivitas yang akan kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan