7 Ciri Yang Jadi Pertanda Kamu Sudah Jenuh Dengan Pekerjaan

Bekerja adalah salah satu kegiatan untuk menyambung hidup. Dengan bekerja, kita dapat memperoleh penghasilan untuk membeli berbagai macam kebutuhan. Namun tidak selamanya bekerja itu menyenangkan. Terkadang kamu juga bisa merasa sudah jenuh dengan pekerjaan tersebut karena satu dan lain hal yang mungkin kamu sendiri juga tidak tahu. Lalu apakah boleh kita merasa bosan dengan pekerjaan kita?

Berbicara mengenai boleh atau tidaknya kamu sudah jenuh dengan pekerjaan itu tergantung dari masing-masing pribadi orang. Namun bagaimanapun juga rasa bosan dengan pekerjaan sangat banyak dialami oleh karyawan entah itu swasta ataupun negeri. Dalam beberapa kasus, rasa jenuh pada pekerjaan bisa sulit diatasi. Lama kelamaan kondisi seperti ini jika tidak segera diatasi akan dapat menimbulkan stress ringan.

7 Ciri Yang Jadi Pertanda Kamu Sudah Jenuh Dengan Pekerjaan

Beberapa kegiatan seperti liburan, wisata atau cuti kerja dianggap dapat menjauhkan seseorang dari resiko stress akibat sudah jenuh dengan pekerjaan. Jika tingkat kejenuhan sudah parah, maka cara ini kadang hanya bersifat sementara karena ketika seseorang kembali lagi ke tempat kerja, rasa bosan itu muncul kembali.

Penyebab Kenapa Kamu Sudah Jenuh Dengan Pekerjaan

Berbicara mengenai rasa jenuh terhadap pekerjaan, tidak bisa lepas dari penyebab yang dapat menimbulkannya. Penyebab kebosanan dengan profesi yang dijalani bisa datang dari faktor internal atau eksternal tempat kerja itu sendiri. Lalu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang sudah jenuh dengan pekerjaan yang dilakukannya?
  • Aktivitas pekerjaan yang monoton setiap harinya.
  • Tidak ada jenjang karir yang dapat dikejar atau di target.
  • Pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion atau hasrat yang dimiliki.
  • Jumlah gaji atau penghasilan yang tidak pernah mengalami peningkatan.
  • Lingkungan tempat kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian.
  • Jam kerja yang terlalu panjang namun upah yang diberikan tidak sesuai.
  • Boss atau atasan yang berbeda karakter dengan kita.

Ciri-ciri Kamu Sudah Mulai Bosan Dengan Pekerjaan

Orang yang sudah mulai bosan dengan pekerjaan yang dijalani biasanya dapat dikenali dengan beberapa ciri. Apakah kamu termasuk orang yang juga sudah jenuh dengan pekerjaan? Jika beberapa atau semua ciri-ciri dibawah ini sedang kamu alami, bisa jadi kamu adalah salah satu orang yang sudah jenuh pada pekerjaan yang kamu jalankan saat ini.

Tidak Semangat Dalam Bekerja.

Ciri pertama yang sering ditemukan pada orang yang sudah jenuh dengan pekerjaan adalah tidak semangat dalam bekerja. Ketika memasuki hari kerja, kamu akan merasa tidak nyaman sehingga selalu ingin hari-hari tersebut berlalu dan segera weekend. Pada saat bekerja pun rasanya sangat malas sehingga setiap pekerjaan yang dijalankan tidak maksimal. Setiap pekerjaan rasanya ingin segera cepat-cepat diselesaikan meskipun dikerjakan apa adanya.

Tidak Nyaman Saat Berada Ditempat Kerja

Selain tidak semangat, ketika kamu sudah jenuh dengan pekerjaan maka akan timbul rasa tidak nyaman saat berada ditempat kerja. Ketika berada ditempat kerja, rasanya ingin cepat-cepat pulang serta ingin jam kerja segera berlalu. Pada kasus yang lebih parah, pekerjaan yang kamu lakukan sulit diselesaikan dimanapun meski sudah berpindah-pindah lokasi.

Mudah Bosan dan Suntuk

Tanda-tanda kamu sudah jenuh dengan pekerjaan yang ketiga adalah mudah bosan dan suntuk. Hal ini bisa terlihat ketika kamu sedang menjalankan pekerjaan yang mulai asal-asalan. Selain itu kamu juga menjadi sulit untuk berpikir saat mengerjakan tugas yang berat. Akibatnya ada banyak pekerjaan yang tertunda dan tidak dapat terselesaikan sesuai jadwal sehingga terjadi penumpukan.

Gampang Emosi Saat Bekerja

Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa kamu sudah jenuh dengan pekerjaan selanjutnya adalah emosi yang sudah tidak stabil. Kamu jadi lebih sensitif dengan berbagai pekerjaan yang kamu jalani. Bahkan ketika berada ditempat kerja bahkan ketika menjalankan pekerjaan, kamu menjadi gampang emosi entah itu terhadap konsumen, atasan, atau teman. Kondisi ini biasanya rawan menyebabkan konflik dengan rekan kerja.

Baca Juga:
  1. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya
  2. 6 Faktor Penyebab Lapangan Pekerjaan Semakin Sedikit
  3. 6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan

Tidak Maksimal Dalam Bekerja

Jika sudah jenuh dengan pekerjaan, biasanya apa yang kita lalukan ketika bekerja pasti tidak bisa maksimal. Akibatnya dalam menyelesaikan pekerjaan hanya asal-asalan karena sudah malas untuk berpikir secara mendalam. Orang yang bosan dalam bekerja juga tidak begitu antusias terhadap apa saja kegiatan yang harus dilalukannya meskipun itu adalah hal yang menyenangkan.

Mencari-cari Kesibukan Lain

Terakhir, kamu akan lebih sering mencari-cari kesibukan lain yang menurutmu lebih menyenangkan ketika sudah jenuh dalam pekerjaan. Malahan, terkadang kamu juga berusaha untuk mencari-cari pekerjaan lain yang mungkin memberimu harapan lebih baik. Kamu selalu berusaha agar menemukan hal-hal lain yang dapat memuaskan dirimu sendiri.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri bahwa kamu sudah jenuh dengan pekerjaan yang dijalani saat ini. Pada dasarnya, rasa bosan dalam bekerja bisa terjadi karena berbagai macam faktor penyebab seperti yang sudah dibahas diatas. Jika saat ini kamu merasa mengalami semua atau sebagian besar dari ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, berarti kamu sudah memasuki zona jenuh dalam bekerja. Sebaiknya, kamu segera mengatasinya supaya tidak menjadi stress berkepanjangan yang dapat berakibat pada ketidak stabilan emosi.

7 Ciri Yang Jadi Pertanda Kamu Sudah Jenuh Dengan Pekerjaan