6 Cara Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Tangan

Salah satu bagian tersulit dari sebuah bisnis adalah pemasaran. Terlebih jika kita memiliki barang dagangan hasil produksi sendiri. Yang artinya kita harus berpikir dua kali yaitu berpikir untuk proses produksi dan juga berpikir untuk proses pemasarannya. Biasanya hal ini sering dialami oleh pelaku UKM khususnya para produsen kerajinan tangan. Memasarkan produk kerajinan tangan tidak semudah memasarkan produk lain karena target pasar yang lebih spesifik.

6 Cara Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Tangan

Mencari cara yang efektif untuk memasarkan produk kerajinan tangan memang memerlukan proses yang cukup panjang. Kamu harus membuat perencanaan matang dan juga terobosan baru. Hal ini memang sangat diperlukan supaya produk benar-benar dikenal oleh masyarakat luas. Proses perencanaan yang baik akan sangat menguntungkan dari segi cashflow karena penjualan mengalami peningkatan.

Cara Memasarkan Produk Kerajinan Tangan Untuk Menjangkau Konsumen Lebih Banyak

Berbicara mengenai cara memasarkan produk kerajinan tangan yang efektif, tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya persiapan dari dasar. Banyak bisnis yang mengalami kegagalan dalam memasarkan produk karena melewatkan proses ini. Berikut ini telah kita rangkum beberapa langkah untuk memasarkan produk-produk kerajinan tangan agar lebih efektif.

Tentukan Target Pasar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target pasar itu sendiri. Penentuan target pasar itu sangat penting agar produk yang kita buat bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Sebagai seorang pengusaha, kamu tidak boleh terlalu idealis dengan produk yang dibuat. Tujuan kita membuat produk adalah untuk dibeli oleh konsumen. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan konsumen lebih penting daripada kepuasan kita sendiri.

Tonjolkan Nilai Keunikan Produk

Ketika ingin memasarkan produk kerajinan tangan secara efektif, maka produk yang akan kamu jual harus punya nilai lebih dimata para konsumen. Cobalah untuk mencari satu value dari produk kerajinan tanganmu. Proses ini memang membutuhkan ide serta kreatifitas yang tinggi. Namun cara ini sangat ampuh untuk menarik minat konsumen terhadap produk yang kamu buat.

Ikut Serta Dalam Acara Bazar

Setelah melewati  kedua proses diatas, kamu dapat mulai memasarkan produk kerajinan tangan ke konsumen. Salah satu langkah awal yang bisa kamu lalukan untuk mendekatkan produk ke konsumen adalah dengan ikut serta dalam acara bazar produk UKM. Acara seperti sangat cocok untuk mempromosikan produk kerajinan tangan karena memiliki target pasar yang relevan.

Jual di Pasar Tradisional

Cara selanjutnya untuk memasarkan produk kerajinan tangan adalah dengan menjualnya dipasar tradisional. Produk kerajinan tangan sangat identik dengan sesuatu yang tradisional. Oleh karena itu sangat cocok jika dijual atau dititipkan ke pedagang-pedagang pasar tradisional. Konsumen yang datang ke pasar juga mayoritas target pasar dari porduk kerajinan tangan itu sendiri. Bahkan bisa berpotensi memperluas target pasar karena berbagai macam konsumen ada di pasar tradisional.

Buat Portofolio di Instagram

Selain cara konvensional, kamu juga bisa memanfaatkan media online untuk memasarkan produk kerajinan tangan. Salah satunya adalah melalui Instagram. Instagram adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif di Indonesia jutaan orang. Terlebih dengan user interface yang sangat visual membual sosmed berlogo kamera ini cocok untuk membuat portofolio. Kamu bisa membuat foto yang menarik lalu mulai mengunggahnya di Instagram.

Baca Juga:
  1. 12 Bisnis Kerajinan Tangan Unik Yang Menjanjikan
  2. Mudah! Inilah 8 Cara Sukses Memasarkan Kue Kering dan Basah
  3. 7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi

Lakukan Promosi di Facebook

Tak hanya sampai pada pembuatan portofolio di Instagram, kamu juga bisa menambah jangkauan dengan melakukan promosi di Facebook. Facebook sendiri merupakan salah satu sosial media yang bisa cepat menjangkau pengguna lain tanpa harus memiliki pengikut dengan jumlah banyak terlebih dahulu. Di Facebook, kamu hanya perlu berteman dengan banyak orang yang sesuai target pasarmu dan juga membagikan foto produk ke grup-grup yang relevan dengan apa yang kamu jual.

Masukkan Produk ke Marketplace

Salanjutnya adalah cara yang lebih modern lagi. Yaitu kamu bisa memasarkan produk kerajinan tangan ke berbagai marketplace yang populer di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Untuk berjualan di marketplace, kamu harus memberikan detail dan spesifikasi seperti bahannya, ukurannya, beratnya dan lain-lain ke konsumen melalui kolom deskripsi yang sudah tersedia.

Bekerjasama Dengan Perusahaan Eksport

Cara terakhir ini bisa kamu tempuh supaya produk kerajinan tanganmu bisa sampai ke luar negeri. Memasarkan produk kerajinan tangan tidak hanya sampai di dalam negeri saja. Kamu bisa melakukan terobosan dengan merambah pasar luar negeri dimana jangkauan konsumen bisa lebih banyak. Untuk melakukannya kamu bisa bekerja sama atau menawarkan produkmu ke perusahaan eksport.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara memasarkan produk kerajinan tangan. Pemasaran itu memang sulit, oleh karena itu banyak pengusaha yang mengalami kegagalan karena cara pemasaran yang tidak tepat. Pemasaran tidak hanya menyangkut strategi, namun juga menyangkut bagaimana cara kita dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika sebuah produk sudah sesuai dengan target pasar serta kebutuhan konsumen, maka proses pemasarannya akan jauh lebih mudah.

6 Cara Efektif Untuk Memasarkan Produk Kerajinan Tangan