8 Cara Promosi Usaha Ayam Geprek Untuk Menarik Pelanggan

Minimnya lapangan kerja saat ini membuat banyak orang tidak kebagian pekerjaan. Salah satu solusi agar tidak jadi pengangguran adalah dengan mendirikan bisnis. Ada banyak sekali bidang usaha yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan passion, skill, atau kemampuanmu. Usaha dibidang kuliner adalah satu dari sekian banyak sektor yang sangat potensial. Salah satu usaha kuliner yang kini sedang naik daun adalah ayam geprek.

Ayam geprek merupakan masakan ayam goreng kering dengan balutan sambal pedas. Bisnis ini kini banyak bertebaran baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Meski populer, ternyata tidak semua pengusaha ayam geprek berhasil. Sebagian dari mereka banyak yang gulung tikar karena sulit dapat pelanggan. Rata-rata masalahnya ada pada kesalahan dalam pasaran yang tidak disiapkan dengan baik. Lalu bagaimana cara promosi usaha ayam geprek yang lebih efektif untuk menarik pelanggan.

Cara Promosi Usaha Ayam Geprek Untuk Menarik Pelanggan

Membahas strategi promosi ayam geprek tidak afdol rasanya jika kamu belum tahu apa arti dari promosi itu sendiri. Promosi adalah sebuah cara yang dilakukan oleh pengusaha untuk sosialisasi, mengenalkan, memberitahukan, dan menawarkan produk yang mereka miliki kepada konsumen. Biasanya kata, kalimat dan cara penyampaiannya bersifat persuasif dengan tujuan agar konsumen mau membeli produk mereka.

Strategi Promosi Usaha Ayam Geprek Yang Efektif Agar Lebih Laris

Ada banyak strategi promosi yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan bisnis ayam geprek. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media promosi yang ada di era teknologi modern saat ini seperti media sosial, media digital, media cetak, bahkan alat peraga. Kamu dapat memadukan semuanya untuk menyusun sebuah cara promosi usaha ayam geprek yang lebih efektif dalam menarik pelanggan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

Desain Tempat Semenarik Mungkin

Tahap pertama yang tidak boleh kamu lewatkan dalam melakukan promosi usaha ayam geprek adalah memperhatikan kondisi tempat usahamu. Membuat desain tempat usaha yang unik dan menarik tidak harus dengan mengeluarkan anggaran besar. Yang penting, konsepnya harus jelas serta kamu dapat memanfaatkan barang-barang disekitarmu. Usahakan tempat jualan ayam geprek terlihat mencolok sehingga menarik perhatian siapa saja yang lewat didepannya.

Ambil Foto Menu Yang Menggugah Selera

Saat ini dunia digital adalah sektor yang sangat potensial digunakan sebagai media promosi. Salah satunya dengan menyebarluaskan foto produk kita ke sosial media. Maka dari itu, kamu perlu membuat foto menu yang sangat bagus dan menarik agar gambar promosi ayam geprek milikmu menarik hati calon konsumen. Kamu dapat bekerja sama dengan fotografer terbaik di daerahmu untuk mengambil gambar produkmu.

Gunakan Tagline Yang Kekininan

Salah satu hal lagi yang harus kamu lakukan agar promosi usaha ayam geprek mudah diterima adalah dengan membubuhinya dengan tagline atau slogan yang kekinian. Sebagai contoh kamu bisa ambil nama menu Ayam Geprek Janda dengan tagline "memberi kenikmatan yang hakiki". Cara-cara seperti ini akan lebih mengena untuk para remaja hingga orang dewasa di masa sekarang. Cobalah untuk buat tagline seunik mungkin.

Buat Video Review Yang Menarik

Cara selanjutnya untuk promosi usaha ayam geprek jadi lebih efektif dalam menarik pelanggan adalah dengan membuat video review. Saat ini kita tahu bahwa videografi banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya adalah promosi. Dengan berbagai platform yang bisa menyebarluaskan video, nampaknya cara ini harus kamu coba. Cobalah untuk buat video review dengan konsep kekinian serta kata-kata dan kalimat yang persuasif agar pembeli tertarik.

Jadikan Akun Instagram Sebagai Portofolio

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial dengan basis pengguna terbanyak. Di Indonesia sendiri ada jutaan orang yang menggunakan Instagram untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Hal ini membuat Instagram sangat powerfull jika digunakan untuk promosi usaha ayam geprek. Cobalah untuk membuat akun khusus jualan serta desain setiap postingan yang unik. Jangan lupa padukan antara softselling dan hardselling agar follower tidak bosan.

Maksimalkan Media Sosial Facebook

Selain Instagram, kamu juga bisa memaksimalkan sosial media Facebook untuk promosi usaha ayam geprek. Facebook juga tidak kalah powerfull dengan Instagram, malahan kamu lebih cepat memasarkan dengan melakukan posting ke grup-grup facebook populer di daerahmu. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau pengguna lebih banyak. Biasanya, grup-grup lokal beranggotakan pengguna-pengguna disekitar daerahmu yang merupakan target pasar kamu utama dalam berjualan.

Baca Juga:

  1. 6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli
  2. Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi


Endorsement ke Youtuber Lokal

Apakah ada Youtuber lokal di daerahmu yang cukup terkenal? Jika ada, sebaiknya manfaatkan popularitasnya untuk promosi usaha ayam geprek dengan cara endorsement. Cara ini lumayan efektif untuk marketing usaha makanan karena pemirsa bisa melihat langsung review kualitas masakan. Dengan tambahan kata-kata persuasif yang lebih kental, kamu dapat memanfaatkan momen seperti ini untuk meyakinkan pembeli. Untuk soal bayaran, kamu bisa mendiskusikannya dengan Youtuber tersebut.

Pasang Iklan Reklame Ditempat Strategis

Cara terakhir yang juga efektif untuk promosi usaha ayam geprek adalah dengan memasang iklan reklame ditempat-tempat strategis. Kamu bisa letakkan iklan di jalan protokol, perempatan jalan, dekat pasar, dekat pabrik dan sebagainya. Usahakan membuat desain iklan yang menarik dan unik agar orang mau memperhatikannya. Daftarkan iklan untuk membayar pajak reklame daerah supaya statusnya tidak ilegal.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk promosi usaha ayam geprek supaya lebih laris. Membuat strategi promosi yang matang adalah hal yang sangat penting agar lebih efektif dalam mempengaruhi pelanggan agar mau membeli produk kita. Strategi promosi yang sudah dibahas diatas bisa jadi alternatif cara buat kamu yang punya usaha ayam geprek supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

8 Cara Promosi Usaha Ayam Geprek Untuk Menarik Pelanggan