Ini 7 Contoh Kebiasaan Yang Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Kedisiplinan adalah salah satu kunci penting dalam meraih sukses. Namun terkadang, sikap disiplin memang sulit untuk dijalankan bagi sebagian orang karena tidak terbiasa dan terlatih sejak kecil. Maka dari itu, orang tua harus mampu memberi contoh kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak agar ketika mereka besar kelak dapat menjadi orang sukses. Ini adalah hal penting yang harus ditanamkan sejak dini karena membutuhkan proses yang lama.

Contoh Kebiasaan Yang Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Mengajarkan disiplin pada anak sangat penting sekali. Terlebih ketika mereka sudah terjun di dunia kerja ketika dewasa. Agar sukses dalam berkarir, sikap disiplin harus diterapkan selama bekerja. Tak hanya itu, bagi mereka yang menjadi wirausahawan juga membutuhkan sikap disiplin. Mereka tidak akan bisa membangun usaha yang besar tanpa dilandasi sikap disiplin dalam aktivitas bisnis. Dengan kata lain, disiplin sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Kebiasaan Sehari-hari Yang Mengajarkan Disiplin Pada Anak Sejak Dini

Mengajarkan sikap tertib pada anak sejak dini hanya bisa dilakukan dengan membiasakannya. Menanamkan sikap disiplin dalam kebiasaan sehari-hari pada anak akan jauh lebih efektif dibandingkan orang tua harus mengajarkannya secara langsung. Bagi Anda selaku orang tua, tidak perlu bingung untuk mengajari anak berdisiplin. Anda bisa menanamkan kedisiplinan dalam berbagai kebiasaan yang dilakukan oleh anak di kehidupan sehari-hari seperti berikut ini contohnya.

Bangun Pagi Setiap Hari

Ajaklah anak Anda bangun pagi setiap hari. Jangan hanya menyuruhnya, namun usahakan Anda juga memberi contoh untuk bangun lebih dulu. Selain dapat mengajarkan kedisiplinan secara tidak langsung, bangun pagi juga dapat membuat Anda dan anak menjadi lebih sehat. Bangun pagi akan membuat badan lebih rileks karena dapat menghirup udara yang masih segar. Ini adalah kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak yang paling mudah.

Datang ke Sekolah Tepat Waktu

Kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak yang kedua adalah datang ke sekolah tepat waktu. Berangkat ke sekolah sebelum bel masuk wajib anda terapkan kepada anak mulai dari taman kanak-kanak hingga mereka SMA. Ini adalah momentum paling baik yang bisa Anda manfaatkan untuk membiasakan anak terhadap kedisiplinan. Selain itu, anak juga akan paham tentang pentingnya menerapkan sikap disiplin dalam meraih sebuah kesuksesan.

Mematuhi Peraturan Keluarga

Apakah didalam keluarga Anda sudah ada peraturan yang mengatur segala aktivitas setiap anggota keluarga, terutama anak? Jika belum, segeralah membuatnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai hal seperti kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak. Sebagai contoh, peraturan untuk kembali kerumah terlebih dahulu setelah  pulang sekolah, membatasi jam keluar malam, dan lain-lain. Ajaklah anak Anda mematuhi peraturan keluarga tersebut dengan memberinya contoh yang baik.

Menaati Jadwal Belajar

Selanjutnya, kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak adalah menaati jadwal belajar. Bagaimana kalau tidak ada jadwal belajar khusus? Sebaiknya segera membuatnya. Namun jangan menyusun jadwal belajar secara otoriter, ajak anak Anda untuk mencapai kesepakatan bersama. Tapi dengan syarat, dia harus mematuhi jadwal tersebut. Dia harus mematuhi  jadwal yang sudah kalian buat bersama. Jika melanggar, harus ada hukuman yang juga sudah disepakati.

Melaksanakan Sholat 5 Waktu

Masih banyak orang tua yang menganggap bahwa melaksanakan sholat 5 waktu dengan anak itu kurang efektif dalam mengajarkan kedisiplinan. Ternyata anggapan ini salah banget. Faktanya, membiasakan anak melaksanakan sholat 5 waktu dapat membiasakan diri dalam bersikap disiplin. Sebagai orang tua, Anda jangan cuma menyuruh anak untuk melaksanakan sholat saja. Namun juga berikan contoh. Anak akan lebih mudah patuh dengan pendekatan persuasif seperti ketika orang tuanya memberi contoh duluan.

Baca Juga:
  1. Terbaik! Ini 8 Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah
  2. Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak
  3. 8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak

Selalu Mengerjakan Tugas Sekolah

Ajari anak Anda untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Ini adalah salah satu aktivitas yang bisa membiasakan sikap disiplin pada anak ketika di rumah. Agar lebih akrab, Anda dapat bekerja sama dengan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Dengan pengawasan dan pendampingan, anak akan lebih semangat dalam belajar.

Memakai Seragam Sekolah Secara Lengkap

Terakhir, ada satu hal yang paling sering diabaikan oleh orang tua. Yaitu, memperhatikan kelengkapan seragam sekolah yang dipakai anaknya seperti ikat pinggang, sepatu, kaos kaki, dasi, topi dan sebagainya. Ini adalah hal sepele namun dapat membuat anak jadi tidak tertib. Padahal jika Anda lebih tertib dalam memperhatikan kelengkapan seragam, ini bisa jadi sebuah kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa contoh kebiasaan yang mengajarkan disiplin pada anak. Cara paling baik menanamkan kedisiplinan adalah dengan membiasakannya sejak dini. Karena pada dasarnya, sikap disiplin hanya bisa dilakukan dengan kebiasaan dan latihan rutin. Bagi Anda yang sudah paham akan pentingnya kedisiplinan bagi anak, maka segeralah untuk menanamkannya mulai sekarang. Apa yang sudah Anda tanam sebagai orang tua sekarang, akan anda petik ketika mereka dewasa nanti.

Ini 7 Contoh Kebiasaan Yang Mengajarkan Disiplin Pada Anak