Cetak Struk Pembayaran Kasir di HP Android? Begini Caranya

Setiap melakukan transaksi, konsumen selalu menerima struk pembayaran sebagai alat bukti pembelian yang sah dari penjual. Tak hanya toko besar, buat kamu yang saat ini menjadi pelaku usaha UKM seperti warung sembako, toko kelontong, atau toko baju, toko jilbab, atau toko kecil sekalipun juga bisa memakai nota kasir ini dengan memanfaatkan teknologi sederhana. Kamu bisa menggunakan HP Android yang kamu miliki untuk cetak struk pembayaran kasir layaknya supermarket atau swalayan.

Cetak Struk Pembayaran Kasir di HP Android? Begini Caranya

Adanya alat bukti pembayaran akan memudahkan penjual dan pembeli jika sewaktu-waktu ada barang bermasalah untuk ditukar atau dikembalikan. Maka dari itu dengan teknologi yang sudah canggih, setiap pelaku usaha dapat cetak struk pembayaran kasir secara mandiri tanpa mengeluarkan biaya mahal. Hal ini sangat mungkin sekali terjadi karena berbagai kemudahan yang ada saat ini.  Terlebih hampir setiap orang sudah memiliki smartphone yang seharusnya bisa digunakan dalam berbagai keperluan termasuk transaksi jual beli.

Siapkan Alat 4 Ini Untuk Cetak Struk Pembayaran Kasir Melalui Smartphone Android

Seperti namanya, predikat smartphone juga harus bisa digunakan untuk cetak struk pembayaran kasir meskipun harus menggunakan alat tambahan. Yang jelas, pengguna tidak perlu harus memiliki komputer atau laptop untuk dijadikan sebagai mesin kasir. Karena ponsel hanya sebagai perantara, maka silahkan sediakan beberapa alat berikut ini yang bisa kamu dapatkan di toko komputer atau membelinya secara online di marketplace.

Aplikasi POS Kasir

Alat pertama yang kamu butuhkan adalah aplikasi POS kasir. Perangkat lunak ini akan membantumu mengolah data penjualan dan membantumu mengubahnya ke struk pembayaran layaknya pada mesin kasir. Kamu bisa download di Playstore. Disana tersedia banyak sekali aplikasi kasir tapi kami sarankan untuk memakai aplikasi "Kasir Pintar" karena secara user interface sangat mudah digunakan termasuk bagi orang yang masih awam sekalipun.

Printer POS Thermal

Peralatan kedua yang kamu butuhkan adalah printer POS thermal. Printer thermal menjadi perangkat utama yang berfungsi untuk mencetak struk pembayaran pada kertas. Berdasarkan ukuran kertasnya, printer ini dibagi menjadi dua jenis yaitu 80mm dan juga 58 mm. Kamu bisa pilih salah satu. Namun yang paling penting, belilah printer yang memiliki konektivitas bluetooth. Fitur wajib ada pada printer karena akan memudahkan kamu dalam menghubungkan printer ke ponsel.

Kertas Thermal

Alat ketiga yang akan membantumu dalam cetak struk pembayaran kasir adalah kertas thermal sebagai media output untuk printer mengaplikasikan data. Kertas thermal adalah kertas khusus untuk printer kasir thermal yang sudah dilapisi cairan khusus sehingga bisa mencetak huruf, angka, dan karakter melalui alat pemanas pada printer yang tidak memakai tinta.

Baterai Untuk Printer

Terakhir, kamu perlu baterai sebagai sumber daya printer. Beberapa jenis printer thermal untuk ponsel bisa dipakai tanpa harus dihubungkan langsung ke listrik. Jika printer yang kami pakai tidak membutuhkan baterai, maka kami tidak perlu menyediakannya. Silahkan langsung dihubungkan ke arus listrik saja.

Langkah Cetak Struk Pembayaran Kasir di HP Android

Jika berbagai peralatan yang diperlukan diatas sudah kamu siapkan semuanya, maka sekarang kita mulai langkah-langkah untuk cetak struk pembayaran kasir melalui HP Android. Sebenarnya langkah-langkahnya cukup mudah, silahkan disimak dengan baik supaya berhasil dan bisa bekerja dengan baik.

Isi Printer Dengan Kertas Thermal Lalu Hidupkan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cetak struk pembayaran kasir via ponsel adalah menyiapkan printernya terlebih dahulu. Masukkan kertas thermal sebanyak satu gulung kedalam printer terlebih dahulu. Dengan cara membuka penutup kertasnya lalu masukkan. Posisikan bagian luar kertas menghadap elemen thermal berwarna hitam yang ada pada tengah printer. Jika kertas sudah terpasang dengan baik, silahkan hidupkan printer.

Baca Juga:
  1. Review: Aronium, Aplikasi Kasir Toko Gratis Terbaik Untuk Windows
  2. Performa HP Android Menurun Jadi Lemot dan Macet? Ini Penyebabnya
  3. 7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot

Install Aplikasi POS Kasir Pada HP Android

Setelah printer siap, kamu juga harus menyiapkan aplikasi POS kasir agar printer thermal bisa cetak struk pembayaran. Disini kami menyarankan untuk memakai aplikasi Kasir Pintar. Aplikasi ini ada dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Untuk sementara silahkan pakai yang gratis, jika nyaman kamu bisa upgrade ke versi berbayar. Kamu bisa download aplikasi Kasir Pintar di Playstore. Kenapa pakai Kasir Pintar? Alasannya adalah sangat mudah digunakan. User interface yang sederhana akan membuat orang awam bisa menggunakannya dengan mudah.

Hubungkan Printer Dengan Ponsel Via Bluetooth

Selanjutnya, kamu bisa menghubungkan printer dengan ponsel melalui koneksi bluetooth. Pertama, silahkan kamu tekan tombol untuk menghidupkan bluetooth yang ada pada printer. Kedua, silahkan buka setelan bluetooth pada ponsel, lalu hubungkan dengan printer yang sudah terdeteksi. Biasanya, kamu akan diminta memasukkan PIN sebagai kode verifikasi. Masukkan PIN default berupa angka "1234" maka printer akan terhubung dan siap digunakan.

Input Data di Aplikasi Lalu Cetak Struk Pembayaran

Langkah terakhir adalah menggunakan aplikasi Kasir Pintar sebagai mesin kasir. Silahkan masukkan data transaksi pembelian sesuai dengan apa yang kamu jual hingga ke pembayaran. Setelah proses transaksi selesai, maka akan ada pilihan untuk mencetak struk pembayaran kasir. Pilih menu untuk mencetak melalui koneksi bluetooth. Klik saja, maka akan secara otomatis printer thermal mencetak struk belanja sesuai dengan data transaksi yang kamu masukkan tadi.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara cetak struk pembayaran kasir melalui HP Android yang sangat bermanfaat buat para pengusaha UKM atau UMKM. Selain dapat menjadi alat bukti transaksi yang sah, struk pembayaran juga akan membuat toko kamu menjadi terlihat profesional dimata para konsumen. Berkat teknologi yang sudah canggih, kita dimudahkan dalam berbagai macam aktivitas termasuk proses transaksi jual-beli. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Cetak Struk Pembayaran Kasir di HP Android? Begini Caranya