Ini 5 Tips Baikan Dengan Pasangan Ketika Sedang Bertengkar

Menjalin hubungan asmara akan membuat hidup kita jadi lebih berwarna. Kita bisa merasakan kebahagiaan yang juga kesedihan yang luar biasa dalam satu waktu. Bersama pasangan kita dapat saling melengkapi dan mengisi kekosongan satu sama lain. Namun, tentu keseharian kita tidak akan luput dari perdebatan, pertengkaran, dan perbedaan pendapat. Baikan dengan pasangan ketika sedang bertengkar adalah salah satu cara supaya tidak terjadi konflik berkepanjangan.

Didalam rumah tangga sendiri, konflik bisa menimbulkan perpecahan yang berakibat pada perceraian. Terkadang menahan ego dalam rumah tangga harus dilakukan meski sangat berat dan menguras emosi. Namun apapun penyebab konflik yang akan dihadapi, tetap saja kita harus bisa baikan dengan pasangan ketika bertengkar secepat mungkin. Karena hanya dengan cara ini keutuhan rumah tangga bisa selalu terjaga.

Baikan Dengan Pasangan Ketika Sedang Bertengkar

Cara Baikan Dengan Pasangan Ketika Sedang Bertengkar

Pertengkaran antar pasangan sebetulnya bukan hal yang negatif. Pertengkaran baik untuk introspeksi diri, sehingga bisa saling memperbaiki kekurangan masing-masing. Akan tetapi, pertengkaran dapat berdampak buruk bagi hubungan ketika tak kunjung menemukan solusi dari permasalahan. Untuk itu,berikut merupakan tips baikan dengan pasangan ketika sedang bertengkar.

1. Menenangkan Diri Terlebih Dahulu

Ketika kita sedang marah, atau kesal, emosi kita pasti akan naik sehingga pikiran dan hati kita pun seluruhnya akan dikuasai oleh amarah. Menyelesaikan masalah di saat seperti ini hanya akan memperburuk keadaan. Mengambil keputusan di saat marah sangat tidak disarankan, karena keputusan hanya akan didasarkan pada emosi dalam diri.

Mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan menghilangkan amarah adalah langkah pertama yang tepat untuk baikan dengan pasangan saat sedang bertengkar. Cobalah untuk merenungkan kembali mengapa terjadi pertengkaran, apakah kesalahan yang harus diperbaiki dan bagaimana cara memperbaikinya. Jangan biarkan amarah menguasai kita lebih dulu.

2. Memulai Minta Maaf Lebih Dulu

Tips baikan dengan pasangan ketika ketika bertengkar berikutnya adalah hal yang sangat sederhana namun sangat sulit dilakukan., yakni meminta maaf. Ketika kita sedang berada dalam pertikaian, kita pasti merasa bahwa kita lah yang paling benar. Kita juga merasa bahwa kita lah pihak yang sedang dikecewakan.

Siapapun yang bersalah, cobalah untuk meminta maaf terlebih dulu. Hal itu dapat mengurangi suasana yang panas menjadi sedikit lebih tenang. Setelah amarah masing-masing berkurang, cobalah ajak bicara dari hati ke hati. Cobalah untuk menerima keluhan dari pasangan dan tanggapilah dengan bijaksana. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk berbaikan dengan pasangan ketika sedang bertengkar.

3. Membicarakan Permasalahan Yang Terjadi

Segala permasalahan yang melibatkan orang lain memang tidak bisa diselesaikan tanpa dibicarakan dengan baik. sama halnya permasalahan yang kita hadapi dengan pasangan. Jika kita ingin baikan dengan pasangan ketika sedang bertengkar, maka perlu adanya komunikasi dari hati ke hati antar keduanya.

Coba bicarakan sejujurnya apa yang tidak kamu suka dari pasangan lalu keinginan kamu kepada pasangan. Jangan lupa untuk mendengarkan keluhan dari pasangan kamu juga. Hargai pendapat yang ia sampaikan. Buatlah solusi bersama dan kesepakatan dengan pasangan apa yang sebaiknya dilakukan. Dengan begitu, permasalahan pasti bisa diselesaikan dan kamu pun bisa segera berbaikan dengan pasangan.

4. Lakukan Quality Time Sejenak

Bertengkar dengan pasangan sangatlah menguras tenaga, pikiran, juga perasaan. Kadang berawal dari permasalahan tersebut, masih saja meninggalkan kekesalan yang sulit untuk dihilangkan. Hal itu pun kerap membuat kita sulit untuk bisa ikhlas memaafkan kesalahan pasangan sepenuhnya.
Ketika kamu sudah bertemu titik terang, dan sudah baikan dengan pasangan setelah bertengkar, maka cobalah untuk membuat quality time berdua saja. Pergilah ke tempat wisata sejenak, atau sekedar menikmati kopi, atau coklat panas di cafe kesayangan kamu dengan pasangan. Hal itu dapat refresh kembali semangat juga mood yang sempat memburuk.

Baca Juga:
  1. Inilah 6 Tips Menghadapi Pasangan Yang Terlalu Perhitungan
  2. Santai Aja! Inilah 7 Cara Menghadapi Cowok Cuek di Chat
  3. Apa Saja Faktor Penyebab Suami Selingkuh? Ini 11 Jawabannya

5. Tidak Mengulangi Kesalahan Yang Sama

Tips baikan dengan pasangan ketika bertengkar selanjutnya adalah goals yang harus dilakukan oleh pasangan, yakni mencoba untuk tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Sebenarnya yang membuat pasangan sulit memaklumi dan memaafkan kita, salah satunya adalah kita selalu mengulang-ulang kesalahan yang sama.

Cobalah baikan dengan pasangan ketika bertengkar dan mengingat hal apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan lagi. Jangan menunda untuk meminta maaf ketika kamu masih berperilaku sama dengan sebelumnya. Ketika kamu tidak kunjung menyadari kesalahan yang kamu lakukan, dan masih sering tidak peduli, maka bisa saja kepercayaan pasangan kita pun akan semakin berkurang.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips baikan dengan pasangan ketika bertengkar supaya hubungan yang dijalin senantiasa harmonis. Konflik dalam rumah tangga memang tidak bisa dihindari, namun paling tidak kita bisa meredamnya dengan cara menahan ego dan emosi meski hal itu sangat berat. Siapapun yang salah sebaiknya salah satu harus mau mulai mencarikan suasana dengan melakukan hal-hal tertentu.

Ini 5 Tips Baikan Dengan Pasangan Ketika Sedang Bertengkar