Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Jurusan Pendidikan

Kuliah merupakan pendidikan tertinggi yang ditempuh seseorang dalam menuntut ilmu. Ketika kuliah, seseorang akan dihadapkan sebuah pilihan yakni memilih jurusan atau bidang studi. Salah satu yang paling populer dan banyak diminati di Indonesia adalah bidang studi Pendidikan. Buat kamu yang saat ini akan mulai masuk kuliah, nampaknya jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan. Lalu apa sih kekurangan dan kelebihan kuliah jurusan pendidikan?

Buat kamu yang baru akan menempuh kuliah mungkin sedang galau akan jurusan yang dipilih. Apalagi jika kamu memasukkan pendidikan sebagai salah satu pilihan bidang studi. Tentu kamu akan mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan kuliah jurusan pendidikan tersebut. Meski pada dasarnya semua jurusan juga memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing, namun menentukan sebuah pilihan bidang studi itu cukup sulit. Terlebih ini menyangkut nasib masa depan kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Jurusan Pendidikan

Kelebihan Kuliah Jurusan Pendidikan

Sebelum membahas kelemahan, disini akan kita bahas dulu apa saja kelebihan kuliah jurusan pendidikan tersebut. Akan kita bahas secara singkat dan padat supaya kamu lebih mudah dalam memahaminya. Bidang studi pendidikan sebenarnya memiliki keunggulan yang cukup banyak apabila dikaji lebih jauh. Namun kita akan rangkumkan beberapa diantaranya seperti berikut ini:

1. Bisa Mengajar Dilembaga Pendidikan

Kelebihan kuliah jurusan pendidikan yang pertama tentu saja bisa mengajar di lembaga pendidikan negeri dan swasta seperti sekolah. Umumnya, mahasiswa lulusan pendidikan akan mendapatkan Akta IV yang merupakan tanda bukti agar mereka bisa mengajar. Akta IV ini juga menjadi salah satu syarat supaya kamu bisa menjadi guru dengan status pegawai negeri sipil.

2. Lebih Dihargai di Masyarakat

Siapa saja orang yang berkecimpung di dunia pendidikan pasti akan dihargai di masyarakat. Terlebih dia adalah lulusan pendidikan yang sudah mengajar di sekolah. Hal ini dapat menjadi nilai lebih baginya di mata masyarakat. Seorang guru akan lebih dihargai dalam kehidupan bermasyarakat karena dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Ini adalah kelebihan kuliah jurusan pendidikan yang paling menonjol.

3. Memiliki Kemampuan Berbicara Didepan Umum

Sejak awal masuk kuliah, mahasiswa yang kuliah jurusan pendidikan dilatih untuk berbicara didepan umum dengan metode presentasi dan pidato. Hal ini sangat relevan dengan tugas seorang pendidik yang akan menghadapi banyak orang untuk mengajar. Oleh karena itu, seorang mahasiswa pendidikan harus memiliki kemampuan berbicara didepan umum yang baik supaya bisa menyampaikan materi dengan baik kepada para anak didiknya.

4. Menguasai Ilmu Pedagogi

Apa itu ilmu pedagogi? Adalah sebuah ilmu seni mengajar yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Ilmu pedagogi meliputi strategi mengajar, kreativitas mengemas materi pembelajaran, dan juga keahlian memanfaatkan media pembelajaran. Setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan pendidikan pasti akan dilatih ilmu pedagogi-nya secara tidak langsung dap setiap mata kuliah yang diikuti.

5. Dapat Menjadi Edupreneurship

Kelebihan kuliah jurusan pendidikan yang terakhir adalah dapat menjadi wirausaha dibidang pendidikan atau edupreneurship. Mendirikan lembaga pendidikan non-formal tidak bisa dilakukan sembarang orang, terlebih jika dia tidak memiliki latar belakang dunia pendidikan. Maka untuk menjalankan bisnis akan sangat sulit. Berbeda halnya dengan mahasiswa pendidikan yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tersebut.

Kelemahan Kuliah Jurusan Pendidikan

Setelah kita membahas berbagai macam kelebihan kuliah di jurusan pendidikan diatas, kini saatnya kita bahas kelemahannya. Buat kamu yang mantap memilih kuliah di bidang studi pendidikan, nampaknya beberapa kelemahan berikut ini patut kamu pertimbangkan. Bukan untuk menakut-nakuti tapi hanya sebatas memberikan informasi dunia pendidikan dari sudut pandang yang berbeda.

1. Persaingan Menjadi Guru Semakin Ketat

Setiap tahunnya, lulusan jurusan pendidikan juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan peminat bidang studi ini setiap tahunnya juga mengalami kenaikan. Karena lulusan bidang studi sangat banyak, maka peluang untuk menjadi seorang guru juga akan semakin kecil. Kondisi ini diperparah dengan lembaga pendidikan yang sangat terbatas sehingga jumlah tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Baca Juga:
  1. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya
  2. 9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah
  3. 7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah

2. Masa Depan Yang Kurang Terjamin

Masih berkaitan dengan poin pertama, kelemahan kuliah jurusan pendidikan yang kedua adalah masa depan yang kurang terjamin. Bagaimana tidak, jumlah guru di Indonesia saja saat ini sudah lebih dari cukup. Rata-rata usia mereka juga masih produktif. Pembukaan pendaftaran CPNS untuk bidang pendidikan juga semakin menurun setiap tahunnya. Terlebih jumlah lulusan bidang studi ini malah semakin meningkat.

3. Bayaran Yang Relatif Rendah

Apabila ada pekerjaan menjadi tenaga pengajar diluar PNS seperti guru honorer atau tenaga pendidikan kontrak, bayaran  yang diterima juga relatif rendah. Bahkan upah yang diterima rata-rata masih dibawah UMR daerah tersebut. Bayaran tenaga pengajar non-PNS yang rendah nampaknya sudah menjadi rahasia umum yang banyak diketahui masyarakat.

4. Kuliah Harus Strata 1

Agar memperoleh gelar sarjana pendidikan, maka kamu harus kuliah setidaknya strata 1 yang bisa ditempuh dalam waktu 4 tahun. Hal ini berlaku untuk semua bidang studi pendidikan entah itu matematika, sastra, sejarah, bahasa, teknik informatika dan lain sebagainya. Semuanya sama, agar mendapat gelar S.Pd dan bisa mengajar, maka ia harus lulusan S1.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kuliah jurusan pendidikan yang perlu kamu ketahui. Berbagai pembahasan diatas bisa kamu jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah. Yang perlu kamu ingat bahwa sukses atau tidak seseorang itu bukan bergantung pada jurusan kuliah yang di pilih. Namun tentang bagaimana dia berusaha dan bekerja keras setelah lulus kuliah.

Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Jurusan Pendidikan