9 Cara Membersihkan dan Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

Keyboard adalah salah satu komponen laptop yang sangat penting sebagai perangkat input data berupa karakter atau perintah tertentu. Tanpa adanya keyboard, pengguna tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu ketika seseorang punya laptop, maka ia harus rajin membersihkan dan merawat keyboard laptop agar awet. Terlebih, tombol-tombol pada keyboard laptop lebih rawan mengalami kerusakan dibandingkan keyboard komputer.

Antara satu merk dan tipe laptop lainnya memiliki desain yang berbeda. Sehingga apabila mengalami kerusakan maka akan lebih sulit untuk mencari spare part yang terlalu spesifik. Karena itulah biaya servis dan juga penggantian komponen keyboard pada laptop memakan biaya yang tidak sedikit meski harga keyboard eksternal jauh lebih murah. Untuk mengantisipasi masalah kerusakan seperti ini, maka jalan alternatifnya adalah dengan membersihkan dan merawat keyboard laptop secara baik dan benar.

Cara Membersihkan dan Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

Beberapa Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak

Tidak bisa dipungkiri bahwa kerusakan pada hardware memang sulit untuk dihindari. Apalagi yang rusak tersebut adalah keyboard laptop yang memiliki ketahanan lebih rendah daripada keyboard biasa. Meski begitu, selalu ada faktor yang membuat suatu komponen elektronik mengalami kerusakan entah itu usia, cara penggunaan ataupun kualitas bahan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop cepat rusak:
  • Penggunaan keyboard laptop yang berlebihan dan kasar.
  • Jarang dibersihkan dari debu dan kotoran yang sering mempel.
  • Suhu laptop yang selalu tinggi atau overheat ketika sedang dipakai.
  • Terlalu sering dipakai untuk bermain game yang banyak pergerakan.
  • Terkena air atau cairan yang membuat konsleting.
  • Usia keyboard laptop yang sudah tua.

Cara Membersihkan dan Merawat Keyboard Laptop Supaya Awet

Dengan melihat berbagai macam faktor penyebab kerusakan keyboard laptop diatas, seharusnya kamu menjadi lebih waspada dan peduli untuk membuat usianya jadi tahan lama. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami masalah keyboard yang bisa membuat tombol-tombolnya jadi tidak bekerja secara normal. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan dan merawat keyboard laptop.

Simpan dan Taruh Laptop Ditempat Bersih

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan dan merawat keyboard laptop adalah dengan menyimpan serta menaruhnya ditempat yang bersih. Bila perlu kamu bisa memakai tas khusus yang terbuat dari kain halus untuk menyimpan laptop. Dengan tas yang menutupi seluruh bagian laptop, diharapkan debu dan kotoran tidak ada yang masuk kedalam. Terkadang kotoran yang menumpuk bisa masuk kedalam keyboard.

Jangan Terlalu Keras Menekan Tombol

Salah satu penyebab kerusakan tombol keyboard laptop karena cara penggunaan yang buruk atau kasar. Salah satu kebiasaan buruk pengguna adalah menekan tombol keyboard dengan keras. Maka dari itu, tinggalkan kebiasaan buruk ini. Sebaiknya tekan tombol keyboard dengan sedikit lebih halus karena ini menjadi bagian dari langkah membersihkan dan merawat keyboard laptop dengan baik dan benar.

Pakai Keyboard Eksternal Saat Bermain Game

Buat kamu para gamers, apakah kamu saat ini sering bermain game dengan keyboard laptop sebagai kontroler? Apabila iya, silahkan tinggalkan kebiasaan ini. Sebaiknya kamu gunakan keyboard eksternal khusus gaming yang memiliki ketahanan lebih baik. Untuk membersihkan dan merawat keyboard laptop memang harus dilakukan secara totalitas. Terlebih untuk menjauhi adalah satu faktor penyebab kerusakannya.

Gunakan Karet Pengaman Keyboard

Tahukah kamu bahwa ada salah satu aksesoris laptop yang bisa melindungi keyboard dan mencegah kotoran masuk ke dalam. Aksesoris tersebut adalah karet pelindung keyboard. Alat ini berupa lembaran karet halus tipis dan elastis yang ditaruh diatas keyboard sehingga menutupi semua tombol. Umumnya karet pengaman ini tembus pandang sehingga semua karakter pada keyboard masih terlihat. Alat ini akan mempermudah kamu dalam membersihkan dan merawat keyboard laptop.

Bersihkan Keyboard Laptop Secara Rutin

Terakhir, langkah yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan dan merawat keyboard laptop agar awet adalah dengan membersihkannya secara rutin. Seperti yang kita ketahui bahwa debu dan kotoran yang masuk ke sela-sela tombol keyboard bisa menyebabkan kerusakan. Apalagi jika laptop lebih sering digunakan maka potensi kotoran dan debu yang masuk juga semakin banyak. Agar tidak menumpuk, maka kamu bisa membersihkannya secara rutin dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Posisikan Laptop Terbalik dalam Keadaan Mati

Pertama, posisikan laptop secara terbalik dengan keyboard mengarah kebawah. Ingat ketika kamu memposisikan laptop seperti ini, pastikan sudah dimatikan terlebih dahulu. Kenapa posisi laptop harus dibalik? Agar kamu mudah membersihkan debu serta kotoran yang didalamnya turun kebawah mengikuti gravitasi.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop
  2. 5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak
  3. Awas Tertipu! Ini 6 Perbedaan Charger Laptop Original dan KW

2. Gunakan Kuas Halus Untuk Menyapu Debu

Untuk membersihkan dan merawat keyboard laptop tahap selanjutnya, kamu bisa memakai kuas halus untuk menyapu debu. Kamu bisa pakai kuas lukis, sikat gigi, atau kuas make up yang terbuat dari bulu halus untuk merontokkan debu dan kotoran yang ada di keyboard. Kamu bisa menyapu debu menggunakan kuas dengan posisi laptop terbalik supaya bersih serta debu dan kotorannya bisa keluar semua.

3. Sedot Debu Dengan Vacum Cleaner

Apabila di rumah memiliki vacum cleaner, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan keyboard laptop lebih lanjut setelah menyapunya dengan kuas. Cara ini akan membuat keyboard menjadi lebih bersih karena kemampuan vacum cleaner yang mampu menyedot debu dan kotoran secara efektif. Namun apabila tidak punya vacum cleaner, kamu bisa beli alat penyedot debu khusus untuk laptop. Cara kerjanya mirip vacum cleaner hanya saja bentuknya lebih kecil dan harganya lebih murah.

4. Gunakan Perekat Pembersih Khusus

Cara membersihkan dan merawat keyboard laptop yang terakhir adalah dengan perekat khusus. Alat ini sebenarnya masih belum cukup populer. Namun beberapa orang mengatakan cara ini cukup efektif dalam mengangkat debu dan kotoran pada laptop. Bentuk alat ini seperti slime, namun bisa membuat kotoran pada keyboard menempel. Perekat pembersih khusus ini bisa kamu beli secara online di beberapa marketpalce dengan harga sangat murah.

Penutup
Itulah penjelasan mengenai beberapa cara membersihkan dan merawat keyboard laptop agar awet serta tahan lama. Buat kamu yang selama ini masih kurang peduli akan perawatan keyboard laptop, mulailah sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Karena kamu akan rugi dan susah apabila tombol-tombol keyboard pada laptop kamu mulai mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi secara normal.

9 Cara Membersihkan dan Merawat Keyboard Laptop Agar Awet