12 Tips Belanja Online Agar Menguntungkan Dan Memuaskan

Di era digital seperti saat ini, semua aktivitas manusia selalu berkaitan dengan teknologi. Pola kehidupan masyarakat pun ikut berkembang, salah satunya adalah cara berbelanja. Transaksi jual beli konvensional yang mengharuskan penjual dan pembeli bertatap muka secara langsung, kini sudah berubah menjadi lebih modern dengan sistem online. Sekarang, belanja online dianggap menguntungkan dan memuaskan karena menawarkan berbagai kemudahan.

Semakin meningkatnya orang yang melakukan belanja online membuat para pelaku usaha memanfaatkan kesempatan dengan membuka online shop. Pertumbuhan online shop di indonesia menunjukkan angka yang signifikan selama beberapa waktu kebelakang ini. Kemudahan dalam melakukan bisnis online menjadi alasan utama munculnya banyak pengusaha baru yang mendirikan online shop sebagai mata pencaharian.

Gambar 12 Tips Belanja Online Agar Menguntungkan Dan Memuaskan

Banyaknya jumlah online shop seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para pembeli agar belanja online yang dilakukan lebih menguntungkan dan memuaskan. Selama ini, para konsumen online shop selalu dihantui oleh perasaan was-was jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebenarnya, hal ini bukanlah sebuah masalah jika seseorang melakukan belanja online dengan cara-cara yang benar.

Bagaimana Cara Belanja Online Agar Menguntungkan Dan Memuaskan?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya belanja online lebih menguntungkan dan memuaskan. Namun kebanyakan orang belum mengetahui hal itu. Rata-rata pembeli online hanya asal berbelanja sehingga menyebabkan mereka kecewa setelah menerima barangnya. Sudah saatnya kita menjadi pembeli yang cerdas dengan melakukan berbagai prosedur yang baik sebelum belanja online. Berikut ini adalah 12 tips yang bisa diterapkan dalam belanja online agar menguntungkan dan memuaskan.

Pastikan Online Shop Memiliki Reputasi Baik

Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi pada sebuah online shop, ketahui terlebih dahulu bagaimana reputasinya. Jika melakukan pembelian di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lain sebagainya, pilihlah para penjual dengan rating terbaik. Biasanya ada tanda bintang pada akunnya. Semakin banyak tanda bintang maka toko tersebut statusnya semakin baik.

Namun jika melakukan transaksi dengan online shop personal yang ada di media sosial seperti facebook atau instagram, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana reputasi penjual tersebut. Pertama, lihat jumlah pengikutnya. Biasanya online shop yang memiliki reputasi bagus selalu memiliki jumlah pengikut yang banyak. Kedua, baca ulasan dan komentar konsumennya. Semakin banyak tanggapan positif dari para pembeli, maka online shop tersebut memiliki reputasi bagus dan bisa dipercaya.

Bandingkan Harga, Cari Yang Paling Murah

Salah satu kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari banyaknya online shop yang ada di internet adalah untuk membandingkan harga sebuah produk serupa dari satu akun ke akun yang lainnya. Setiap penjual pasti memiliki suplayer yang berbeda-beda sehingga harga yang di patok antar online shop satu dan yang lainnya juga berbeda. Ambil kesempatan ini untuk memilih barang dengan harga paling murah ketika belanja online agar menguntungkan dan memuaskan.

Perhatikan Gambar Produk Dengan Seksama

Ketika ingin membeli sebuah barang dari online shop, coba perhatikan gambar yang dipajang pada akun tersebut secara seksama. Dengan melihat gambar secara teliti, kita dapat memastikan bahwa barang tersebut adalah produk yang benar-benar diincar atau bukan. Kenali dengan baik ciri-ciri produknya. Jangan sampai keliru memilih barang yang akan dibeli karena dapat menimbulkan penyesalan nantinya. Lalu ketika sudah yakin dan mantab dengan pilihan, hubungi penjualnya untuk transaksi.

Minta Gambar Asli Jika Dibutuhkan

Ketika gambar yang dipajang di online shop kurang membuat yakin. Jangan segan-segan untuk meminta gambar asli produk tersebut kepada penjual. Minta juga foto dari beberapa sisi yang berbeda untuk dapat mengetahui detailnya. Meminta gambar asli dari adalah hal yang wajar dilakukan pembeli untuk mengetahui produk secara jelas.

Gambar adalah satu-satunya alat yang dapat digunakan pembeli untuk mengetahui produk di online shop. maka dari itu, pastikan gambar yang disajikan sesuai dengan produk incaran supaya belanja online bisa lebih menguntungkan dan memuaskan.

Baca Deskripsi Produk Dengan Teliti

Selain mencermati gambar produk dengan seksama, baca juga deskripsi yang memberikan informasi produk dengan teliti. Jika perlu, baca secara berulang untuk memastikan tidak ada informasi yang terlewatkan. Cerna semua informasi yang diberikan oleh penjual melalui deskripsi untuk membantu memantabkan pilihan selain melihat gambar. Pastikan semua deskripsi produk yang digunakan penjual untuk menunjang gambar sudah sesuai dengan apa yang diincar.

Perhatikan Detail Produk Secara Rinci

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika belanja online agar menguntungkan dan memuaskan adalah memperhatikan setiap detail produk yang akan dibeli secara rinci. Jangan pernah melewatkan hal-hal kecil yang dapat mempengaruhi kinerja ataupun fungsi produk sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli. Teliti sebelum transaksi akan menghindarkan pembeli dari penyesalan yang bisa datang ketika barang sudah diterima.

Baca Juga:
  1. 10 Cara Aman Belanja Online di Instagram
  2. Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM 
  3. 11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba

Tanyakan Informasi Yang Belum Jelas Kepada Penjual

Ketika menemukan informasi yang belum jelas atau belum tertera pada online shop, jangan ragu-ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjualnya. Malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya akan membuat belanja online menguntungkan dan memuaskan. Prinsip ini harus dipegang erat ketika melakukan belanja online supaya dapat mengetahui produk secara pasti. Intinya, gali informasi produk sedetail mungkin dengan cara bertanya.

Tanyakan Ukuran Jika Diperlukan

Jangan lupa untuk menanyakan ukuran dari produk yang akan dibeli jika diperlukan. Biasanya, tips pada poin ini digunakan untuk mereka yang sedang berbelanja kebutuhan fashion seperti pakaian, tas, sepatu dan celana di online shop. Sebelum memutuskan untuk membayar, pastikan terlebih dahulu ukuran yang dipilih sudah sesuai dengan keinginan. Selain kebutuhan fashion memastikan ukuran sebelum membeli juga berlaku untuk produk-produk tertentu.

Minta Kesepakatan Garansi Sebelum Membayar

Salah satu resiko yang bisa saja menimpa pembeli online adalah keadaan barang yang cacat baik itu dari produksi maupun rusak akibat pengiriman. Sebagai pembeli yang cerdas, buatlah kesepakatan dengan penjual untuk berjaga-jaga jika nanti resiko ini menimpa. Dengan adanya kesepakatan garansi, proses penggantian barang yang cacat atau rusak bisa di proses dengan mudah tanpa harus ada kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Selera

Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika memilih sebuah produk adalah warna. Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing terhadap warna. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sesuai dengan selera ketika belanja online agar menguntungkan dan memuaskan hati. Jika tidak ingin kecewa, jangan memaksakan diri untuk membeli produk dengan warna yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pilih Jasa Pengiriman Terbaik

Shipping atau yang biasa disebut sebagai pengiriman barang adalah satu dari sekian banyak proses yang harus dilewati dalam transaksi online. Pengiriman biasanya terletak di akhir proses setelah pembeli membayarkan sejumlah uang sesuai barang yang dibeli. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya pengiriman adalah jasa pengiriman yang dipilih. Oleh karena itu, pilihlah jasa pengiriman terbaik dan terpercaya agar barang yang dibeli sampai dengan selamat.

Pilih Sistem Pembayaran Yang Mudah

Isu yang paling sering dikeluhkan pembeli online shop adalah sulitnya sistem pembayaran. Ada satu cara pembayaran yang paling mudah dan aman yaitu COD (Cash on Delivery). Maksudnya adalah pembayaran dilakukan ketika barang sudah sampai ditangan pembeli bisa kepada orang yang mengantarkan barang. Namun sayangnya tidak semua online shop bisa menggunakan cara ini.

Jika tidak cara COD tidak tersedia, berarti pembeli harus melakukan pembayaran secara transfer. Dalam melakukan transfer, pilihlah online shop yang menyediakan beberapa rekening dari bank berbeda agar bisa disesuaikan dengan bank yang kita gunakan. Melakukan transfer ke bank yang sama akan menghindarkan dari biaya administrasi tambahan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer. Pertama, dengan menggunakan mobile banking yang bisa diakses langsung dari smartphone. Kedua, transfer menggunakan mesin ATM terdekat. Ketiga, transfer melalui teller bank. Untuk pembeli yang masih awam, lebih baik memilih cara yang ketiga dengan datang langsung ke bank. Disana akan ada satpam dan karyawan bank yang dengan senang hati membantu.

Penutup
Belanja online sebenarnya sangat mudah dilakukan. Apalagi jika dilakukan dengan cara-cara yang benar, belanja online akan menjadi lebih menguntungkan dan memuaskan. Tidak usah takut melakukan belanja di online shop dengan alasan barang yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. 12 tips diatas bisa diterapkan dalam belanja online agar menguntungkan dan memuaskan. Selamat berbelanja.

12 Tips Belanja Online Agar Menguntungkan Dan Memuaskan
  1. Nice Info thank you i luv ur article, please take a time for visiting our Website

    http://goldengamat.biz || http://obatasamlambung.store/

    BalasHapus