Daftar Kebutuhan dan Cara Menghemat Anggaran Belanja Lebaran

Lebaran adalah hari dimana umat islam merayakan kemenangan setelah menjalankan puasa selama satu bulan. Untuk menyambutnya, kaum muslim selalu mempersiapkan segala macam keperluan dengan matang. Tidak heran jika banyak diantara mereka sampai rela membuat daftar kebutuhan agar tidak terlewatkan. Meski banyak kebutuhan yang harus dibeli, namun mereka tetap menghemat anggaran belanja lebaran agar tidak berlebihan.

Mulai puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri, hampir semua harga kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian mengalami kenaikan yang disebabkan karena banyaknya permintaan dari pembeli. Oleh sebab itu, wajib dilakukan upaya untuk menyiasati hal ini supaya pengeluaran tidak membengkak. Kita harus mampu mencari cara menghemat anggaran belanja lebaran dengan menyesuaikan daftar kebutuhan.

Gambar Daftar Kebutuhan dan Cara Menghemat Anggaran Belanja Lebaran

Jika dilihat dari kebiasaan, hari-hari menjelang lebaran adalah waktu yang identik dengan belanja. Bukan untuk menghamburkan uang, namun memang banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk menyambut tamu. Setiap Idul Fitri tiba, semua umat islam saling kunjung untuk bersilaturahmi dengan sanak, saudara, tetangga dan kolega. Hal inilah yang menyebabkan jumlah transaksi selalu meningkat pesat ketika mendekati hari lebaran.

Daftar Kebutuhan Pokok Untuk Menyiapkan Anggaran Belanja Lebaran

Ada banyak kebutuhan pokok yang harus disediakan untuk menyambut lebaran. Orang-orang selalu menyiapkan aneka makanan untuk disantap anggota keluarga. Selain itu, berbagai macam makanan ringan juga tersedia untuk menjamu para tamu. Hari lebaran kurang lengkap rasanya tanpa mengenakan baju yang baru. Memang, kebutuhan pokok seperti ini tidak bisa dilewatkan. Berikut ini adalah daftar kebutuhan pokok untuk menyiapkan anggaran belanja lebaran.

Aneka Makanan Ringan Khas Lebaran

Ketika hari raya Idul Fitri, meja ruang tamu akan penuh sesak dengan berbagai wadah yang berisi bermacam-macam makanan ringan mulai dari kue kering, wafer roll, rengginang, kacang-kacangan, kurma, permen dan lain-lain. Membeli aneka makanan ringan khas lebaran tersebut adalah hal wajib untuk menjamu para tamu yang datang untuk bersilatuarhmi.

Masakan Rumah Khas Lebaran

Setiap anggota keluarga pasti memiliki hidangan khas lebaran yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang biasa menyediakan ketupat sayur, opor ayam, sate ayam atau kambing, kare, nasi kuning, nasi uduk dan masih banyak lagi. Setiap keluarga pasti menyantap menu khas mereka sendiri ketika lebaran. Maka dari itu, sediakan anggaran belanja untuk membeli kebutuhan memasak hidangan tersebut.

Baju Baru Untuk Lebaran

Selain makanan, salah satu kebutuhan pokok lain yang wajib dibeli menjelang lebaran adalah baju baru. Hari raya idul fitri kurang meriah rasanya jika tidak mengenakan baju baru. Ini sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menyambut lebaran agar terlihat lebih segar ketika bertemu sanak dan saudara.

Baca Juga:
  1. 12 Tips Belanja Online Agar Menguntungkan Dan Memuaskan
  2. Trik dan Strategi Dagang Supermarket Yang Harus Anda Ketahui  

Pernak-pernik Lebaran

Anggaran belanja untuk lebaran selain kebutuhan pokok berupa makanan dan pakaian adalah pernak pernik lebaran sebagai contoh adalah toples untuk menyimpan makanan ringan. Bagi mereka yang memiliki toples yang sudah tidak layak pakai, akan menjadi hal wajib untuk membeli yang baru lagi. Persiapkan anggaran secukupnya untuk belanja pernak-pernik lebaran yang dibutuhkan.

Memperindah Rumah

Memperindah dan mempercantik rumah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan seseorang menjelang hari raya lebaran tiba. Memberikan sedikit sentuhan pada rumah seperti mengecat menjadi hal yang umum dilakukan. Wajar saja, karena memang setiap orang ingin melihat rumahnya lebih bagus ketika lebaran. Siapkan anggaran untuk membeli cat untuk mempercantik rumah.

Anggaran Untuk Angpau

Lebaran adalah hari yang paling ditunggu-tunggu dan disukai oleh para anak kecil. Pasalnya, pada hari tersebut mereka akan mendapatkan banyak uang saku dari angpau yang diberikan oleh kerabat serta saudaranya. Sebagai salah satu orang tua, jangan lupa menyiapkan anggaran untuk mengisi amplop angpau yang akan dibagikan pada anak-anak.

Kira-kira seperti itulah daftar kebutuhan pokok yang masuk kedalam anggaran belanja lebaran. Untuk memperingati hari besar, memang kita sebagai umat islam memang diwajibkan untuk menyambutnya. Meski kebutuhan yang diperlukan jumlahnya lumayan banyak, namun bukan berarti kita harus menghamburkan uang untuk belanja. Beberapa cara bisa kita lakukan dan terapkan untuk menyiasati hal tersebut agar anggaran belanja lebaran kita tidak membengkak.

Cara Menghemat Anggaran Belanja Untuk Membeli Daftar Kebutuhan Lebaran

Berbelanja banyak kebutuhan tidak harus mengeluarkan banyak uang. Ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan untuk berhemat. Apalagi belanja untuk mencukupi daftar kebutuhan lebaran, tentu menghemat anggaran belanja harus dilakukan mengingat harga-harga barang yang melambung tinggi ketika hari lebaran akan tiba. Berikut ini adalah cara menghemat anggaran belanja untuk membeli daftar kebutuhan lebaran yang bisa menjadi pedoman agar kita tidak boros.

Belanja Dari Jauh-jauh Hari

Kemungkinan terbesar yang akan terjadi ketika hari lebaran sudah dekat, adalah hampir segala macam jenis barang mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dari hari biasa. Hal ini harus diantisipasi dengan cara melakukan belanja dari jauh-jauh hari. Ini adalah salah satu cara untuk menyiasati kenaikan harga agar kita tetap bisa menghemat anggaran belanja lebaran supaya tidak membengkak.

Membeli Yang Paling Dibutuhkan

Jika benar-benar ingin menghemat anggaran belanja lebaran, belilah barang-barang yang paling dibutuhkan saja. Hindari membelanjakan uang untuk mendapatkan barang diluar kebutuhan. Jika perlu, catat daftar kebutuhan lebaran pada secarik kertas dan belanjalah sesuai dengan catatan tersebut. Jangan sekali-kali membeli barang yang tidak tertera pada catatan daftar kebutuhan lebaran.

Baca Juga:
  1. 10 Cara Menghemat Uang Belanja Supaya Tidak Boros
  2. 17 Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Yang Menguntungkan

Buat Anggaran Khusus

Rencanakan secara matang finansial rumah tangga guna menghadapi hari lebaran dari jauh-jauh hari. Sisihkan beberapa bagian dari tabungan sesuai dengan kebutuhan sejak 2-3 bulan sebelum hari lebaran tiba. Buatlah anggaran khusus untuk mempersiapkan kebutuhan lebaran agar bisa dialokasikan dengan tepat. Cara ini cukup efektif untuk menghemat anggaran belanja lebaran sehingga daftar kebutuhan tercukupi tanpa menghabiskan banyak uang.

Selektif Dalam Memilih Diskon

Berbelanja barang kebutuhan lebaran dengan memanfaatkan diskon yang sedang berlangsung adalah hal yang boleh dilakukan. Namun dalam memilih diskon kita diwajibkan untuk sangat selektif. Tujuannya adalah agar kita tidak tertipu dan menyesal terhadap uang yang dikeluarkan jika diskon tersebut hanyalah sebuah “trik”dari pedagang. Alih-alih ingin menghemat menghemat anggaran belanja lebaran, kita malah menghamburkan uang secara tidak sadar.

Boleh Belanja Secara Online

Ketika saat-saat menjelang lebaran, sudah bisa dipastikan seluruh pusat perbelanjaan penuh sesak oleh pembeli yang akan berbelanja. Untuk menghindari hal ini, kita bisa melakukan belanja secara online. Namun jangan dilakukan secara asal-asalan. Pertimbangkan waktu pengiriman dan juga ongkos kirim. Meski lebih mudah dan praktis, tujuan utama untuk menghemat anggaran belanja lebaran harus tetap diperhatikan.

Untuk Kue, Beli Satu Paket

Salah satu kebutuhan yang paling banyak memakan biaya adalah berbelanja makanan dan minuman ringan untuk menjamu tamu ketika hari lebaran. Jika hanya ada beberapa jenis makanan ringan saja, rasanya kurang lengkap. Biasanya kita membelinya dengan banyak jenis dan varian. Lalu bagaimana cara agar bisa mendapat banyak macam makanan namun menghemat anggaran belanja lebaran? Mudah, beli saja satu paket. Biasanya harganya lebih murah ketimbang membeli satuan.

Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Ketika musim lebaran, di toko dan swalayan banyak sekali dipajang berbagai macam produk kue, makanan ringan dan minuman dengan aneka jenis. Kita dapat memilih secara bebas mana saja yang dibutuhkan. Satu hal yang perlu di catat, yaitu perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Ketika keliru membeli produk yang sudah tidak layak konsumsi, rencana untuk menghemat anggaran belanja lebaran akan gagal karena produk tersebut tidak bisa dimakan.

Pilih Barang Yang Paling Sesuai
Ketika membeli kebutuhan fashion berupa pakaian. Pilihlah produk yang paling sesuai. Pertimbangkan dengan matang bahwa produk yang dipilih benar-benar cocok dan sesuai dengan selera. Ketika sudah mendapat pakaian yang sesuai dengan apa yang diinginkan, biasanya rasa untuk ingin membeli pakaian lain akan sedikit berkurang. Cara menghemat anggaran belanja lebaran seperti ini memang agak sulit dilakukan, namun tetap bisa diupayakan.

Gunakan Uang Tunai

Untuk memenuhi daftar kebutuhan lebaran, sediakan uang tunai khusus untuk berbelanja. Hindari membeli barang menggunakan kartu debet atau kartu kredit jika ingin menghemat anggaran belanja lebaran. Penggunaan kartu kredit semacam ini justru malah membuat bengkak anggaran lantaran sulit untuk dikontrol. Pilihan yang paling tepat adalah berbelanja dengan menggunakan uang tunai sehingga kita dapat membelanjakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan.

Disiplin Untuk Berhemat

Kunci terakhir untuk bisa sukses dalam menghemat anggaran belanja lebaran adalah bersikap disiplin terhadap diri sendiri. Ketika sudah menetapkan sebuah anggaran, jangan pernah melanggar ketetapan tersebut supaya pengeluaran dapat terkontrol. Penyebab utama orang boros belanja kebutuhan lebaran adalah tidak disiplinnya mereka ketika membuat anggaran.

Penutup
Itulah beberapa ulasan mengenai daftar kebutuhan dan cara menghemat anggaran belanja lebaran yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam rangka mengatur finansial rumah tangga agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran. Menyambut lebaran dengan mempersiapkan segala daftar kebutuhan itu sah-sah saja. Namun kita juga harus berpikir cerdas dengan menghemat anggaran belanja lebaran secara baik dan benar.

Daftar Kebutuhan dan Cara Menghemat Anggaran Belanja Lebaran