Cara Mencari Follower Aktif di Instagram Untuk Online Shop Baru

Sosial media menjadi sebuah media promosi paling powerfull di era digital saat ini. Salah satu media sosial yang sangat potensial untuk promosi toko atau biasa dikenal dengan online shop adalah Instagram. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya produsen dan suplier besar yang sukses menjaring banyak konsumen dengan menjual produk mereka di Instagram. Tak tanggung-tanggung, mereka juga memiliki basis follower aktif yang sangat banyak bahkah jumlahnya mencapai ratusan ribu hingga jutaan. Lalu bagaimana dengan nasi online shop baru?

Cara Mencari Mencari Follower Aktif di Instagram Untuk Online Shop Baru

Banyak pelaku bisnis online shop baru yang merasa pesimis ketika melihat kompetitor mereka di Instagram. Ini adalah hal wajar, namun tidak boleh dijadikan alasan untuk takut memulai membuka toko online baru. Justru online shop besar tersebut harus kita jadikan sebagai alat pacu meraih keberhasilan, terlebih jika kita mampu menjalin kerja sama dengan mareka. Kalah jumlah follower aktif Instagram bukan berarti kamu yang baru mulai akan kalah dalam mendapat rejeki.

Cara Mendapatkan dan Mencari Follower Aktif di Instagram Untuk Online Shop Baru

Banyak pemilik online shop baru yang beranggapan bahwa jumlah follower aktif itu sangat penting. Hal ini memang benar namun tidak mutlak. Jumlah follower aktif Instagram yang besar akan membuat produk yang di unggah berpotensi dilihat orang banyak yang berarti juga meningkatkan jangkauan kepada target pasar menjadi lebih luas.

Mencari follower aktif di Instagram memang bisa dibilang cukup sulit, terlebih jika online shop yang dirintis tergolong masih baru. Meyakinkan target pasar agar percaya dengan online shop baru amat sangat susah karena belum memiliki reputasi. Namun kamu yang baru mulai merintis online shop berbasis Instagram tidak perlu risau, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan guna menjaring follower aktif sesuai dengan target pasarmu. Simak pembahasan berikut.

Dimulai Dengan Membuat Akun Online Shop Yang Informatif

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun Instagram yang kamu gunakan sebagai basis online shop menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan memberikan informasi yang paling penting kepada calon konsumen pada bio. Sebagai contoh kamu dapat mencantumkan keunggulan produk yang kamu jual misalkan "Harga mulai 20 ribuan", "Produk lokal rasa import", "Pusat pakaian termurah" dan sejenisnya.

Selain hal diatas, kamu juga harus mencantumkan alamat dimana online shop kamu berasal. Ini penting, namun banyak pemilik olshop baru yang mengabaikannya. Selain alamat, tambahkan pula kontak yang dapat memudahkan konsumen untuk menghubungi kamu. Kontak tersebut bisa via telepon, WhatsApp, Email, Telegram, dan lain-lain.

Buat Desain Portofolio Instagram Yang Menarik

Apa itu desain portofolio? Adalah sekumpulan unggahan produk di Instagram yang didesain dengan konsep tertentu. Biasanya konsep portofolio memiliki ciri khas atau keunikan tertentu. Sebagai contoh adalah akun Instagram resmi marketplace Tokopedia. Disana kamu akan melihat unggahan yang selalu menarik dengan tone yang senada warna hijau. Seperti yang kita tahu bahwa Tokopedia memiliki ciri khas warna hijau.

Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang mulai merintis online shop baru di Instagram. Dimana foto unggahan gambar produk asal-asalan dan selalu melakukan hard selling. Dengan isi akun yang seperti ini akan membuat siapa saja malas untuk follow. Alhasil online shop baru yang seperti ini kesulitan mendapatkan follower aktif dengan cepat.

Gunakan Mode Akun Instagram Privat

Cara ini bisa dibilang benar dan juga bisa dibilang salah. Ada dua sisi yang bisa saling mengisi. Jadi gini, ketika akun olshop kamu di privat, secara tidak langsung kamu "memaksa" akun lain untuk follow jika ingin mengetahui isi unggahan online shop barumu. Namun cara ini akan berhasil memancing follower aktif jika informasi yang ada di bio ditulis secara benar dan menarik. Kekurangan dari cara ini adalah unggahanmu tidak tampil pada kolom pencarian secara random.

Hubungkan Online Shop Dengan Akun Facebook

Tahukah kamu bahwa dengan menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook akan membuat teman Facebook-mu yang menggunakan Instagram akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu juga menjadi pengguna Instagram. Hal ini perlu kamu manfaatkan dengan baik untuk menjaring teman dari facebook-mu yang juga menggunakan Instagram. Cara ini dapat membuat online shop kamu mendapat puluhan hingga ratusan follower aktif dalam satu hari.

Baca Juga:
  1. Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram
  2. 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Follow Akun Lain Sesuai Target Pasar

Salah satu cara konvensional namun masih terbukti efektif adalah dengan follow akun-akun lain yang sesuai dengan target pasarmu. Sebagai contoh, jika kami jualan pakaian wanita, maka kamu dapat follow pengguna Instagram wanita sebanyak-banyaknya. Dengan follow seperti ini paling tidak orang lain akan mengetahui online shop-mu.

Selain itu kamu juga dapat mencari follower yang sesuai dengan target pasar ke akun onlshop lain yang barang dagangannya mirip denganmu. Misal jika kamu jualan baju wanita, maka kamu dapat mencari akun online shop yang juga menjual pakaian wanita untuk kemudian kamu ambil followernya. Dengan begini kamu akan mendapatkan follower aktif tertarget sesuai dengan target pasarmu.

Mintalah Teman Terdekatmu Untuk Turut Mempromosikan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencari follower aktif adalah dengan mengajak teman terdekatmu yang memiliki follower dengan jumlah banyak untuk turut mempromosikan online shop baru milikmu. Semakin banyak teman yang bersedia mempromosikan, maka kesempatanmu untuk mendapatkan follower aktif juga menjadi semakin besar. Cara ini lumayan efektif untuk membuat online shop baru mendapatkan follower aktif.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna mencari follower aktif Instagram untuk online shop baru. Meski cukup sulit, namun bukan berarti hal ini mustahil untuk dilakukan. Ingat! Online shop besar yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan follower aktif, dulunya juga memulai dengan follower dari nol. Jadi terus berusahalah mencari follower aktif sambil tetap berjualan. Cepat atau lambat follower aktifmu akan semakin bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu.

Cara Mencari Follower Aktif di Instagram Untuk Online Shop Baru