Karyawan Ingin Berhenti Kerja? Ini Penyebab & Cara Menahannya

Bagi seorang pengusaha, karyawan adalah salah satu bagian penting yang membuat bisnisnya dapat berjalan dengan baik. Memiliki karyawan memang sangat membantu seorang pemilik usaha serta meringankan pekerjaannya. Terlebih jika usaha yang dijalankan sudah besar sehingga banyak divisi yang tidak mampu dikerjakan sendiri. Peran karyawan memang sangat diperlukan. Lalu bagaimana jika ada karyawan yang ingin berhenti kerja?

Karyawan Ingin Berhenti Kerja? Ini Penyebab & Cara Menahannya

Menghadapi masalah karyawan ingin berhenti kerja memang bukan hal yang mudah. Terlebih jika karyawan tersebut merupakan salah satu orang penting yang sangat berpengaruh dalam berjalannya usaha dan sudah bekerja dalam waktu yang cukup lama. Biasanya rasa berat hati ini timbul karena karyawan memiliki etos kerja baik, skill yang baik, pandai, dan sebagainya. Karena faktor ini, maka pemilik usaha ingin menahannya agar tidak berhenti kerja.

Penyebab Kenapa Karyawan Ingin Berhenti Kerja

Berbicara mengenai cara menahan karyawan yang ingin berhenti kerja, tidak akan bisa kita lakukan tanpa mengetahui akar permasalahannya. Biasanya masalah seperti ini terjadi pada karyawan, karena dilatarbelakangi oleh suatu penyebab yang sangat beragam. Sebagai seorang pemilik usaha, anda harus mengetahui serta mencari tahu apa saja faktor yang membuat karyawan memutuskan untuk resign. Seperti halnya berikut ini.

Gaji Yang Tidak Sesuai

Masalah pertama yang dapat membuat karyawan ingin berhenti kerja adalah gaji yang tidak mencukupi. Faktor ini sudah umum dijadikan alasan oleh seorang karyawan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Indikator rendah atau tingginya sebuah gaji, biasanya diukur dengan UMR (Upah Minimum Regional). Jika gaji yang diterima masih dibawah UMR suatu daerah, maka lambat laun hal ini dapat memicu seorang karyawan mencari pekerjaan lain yang gajinya lebih baik.

Jam Kerja Yang Terlalu Panjang

Selain alasan gaji yang tidak sesuai harapan, biasanya penyebab karyawan ingin berhenti kerja juga diakibatkan oleh jam kerja yang terlalu panjang. Ada beberapa karyawan yang memang menikmati jam kerja panjang di masa awal namun semakin merasa tidak nyaman jika sudah lama. Biasanya alasan ini digunakan ketika jam kerja sudah lebih dari 9 jam namun gajinya tidak sesuai. Apalagi dengan jumlah jam kerja yang seperti itu ia tidak mendapatkan bonus lembur sama sekali.

Target Kerja Yang Tak Masuk Akal

Alasan ketiga yang bisa jadi penyebab kenapa karyawan ingin berhenti kerja adalah target kerja yang tak masuk akan. Sebenarnya susah atau mudahnya sebuah target pekerjaan itu relatif. Tergantung bagaimana seorang karyawan tersebut menyikapi dan menghadapinya. Namun ada beberapa karyawan yang lama kelamaan merasa terbebani dengan target kerja yang dianggapnya sudah tidak lagi masuk akal alis terlalu berat baginya.

Ada Konflik Dengan Rekan Kerja

Penyebab lain yang membuat karyawan ingin berhenti kerja adalah adanya konflik dengan rekan kerja. Konflik antar karyawan memang sangat sering terjadi di manapun. Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya mulai dari jenjang karir hingga kesenjangan gaji. Namun yang pasti, masalah ini tidak hanya merugikan sesama karyawan saja tapi juga dapat merugikan perusahaan. Biasanya yang merasa tidak kuatlah yang harus pergi.

Dapat Pekerjaan Yang Lebih Baik

Penyebab terakhir kenapa karyawan ingin berhenti kerja adalah dapat pekerjaan yang lebih baik.  Ini adalah alasan yang sangat umum digunakan seorang karyawan untuk izin resign kepada atasannya. Biasanya, karyawan seperti ini tergoda untuk mencari atau sudah dapat tempat kerja yang jauh lebih besar, gaji lebih tinggi dan juga lebih bonafit. Karyawan yang ini keluar dari pekerjaan sering menggunakan alasan ini karena sifatnya lebih mudah diterima.

Cara Menahan Karyawan Ingin Berhenti Kerja

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan supaya tidak kehilangan karyawan terbaik dan penting adalah sebisa mungkin menahannya untuk mengurungkan niat tersebut. Ini memang bukanlah perkara mudah namun juga bukan hal yang mustahil. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membujuk karyawan ingin berhenti kerja sesuai dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menaikkan Gaji Karyawan Tersebut

Cara pertama yang bisa anda upayakan untuk menahan karyawan ingin berhenti kerja adalah dengan manaikkan gajinya. Cara ini berlaku jika gaji yang anda berikan memanglah tidak terlalu besar. Cobalah untuk negosiasi dan berdiskusi dengan karyawan tersebut. Siapa tahu dengan menaikkan gaji dapat membuatnya tetap tinggal. Jika memang dirasa karyawan tersebut penting dalam perusahaan, maka memberikan gaji tinggi bukanlah sebuah masalah. Cobalah untuk mempertimbangkan hal ini.

Mengatur Ulang Jam Kerja Perusahaan

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat karyawan ingin berhenti kerja tetap tinggal di perusahaan adalah dengan mengatur ulang jam kerja jika dirasa memang terlalu panjang. Jika tidak segera dievaluasi, maka masalah ini juga berdampak pada karyawan lain sehingga dapat memicu keinginan untuk resign juga. Jam kerja yang lebih dari 9 jam memang masuk kategori lembur. Maka dari itu upah yang diterima oleh karyawan juga harus sesuai.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan Didalam Perusahaan
  2. 7 Tips Mengambil Keputusan Dalam Bisnis Dengan Tepat dan Bijaksana
  3. Karyawan Sering Bermasalah? 9 Hukuman Ini Pantas Diberikan

Melakukan Evaluasi Terhadap Target Kerja

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk membuat karyawan ingin berhenti kerja berubah pikiran adalah dengan melakukan perubahan target kerja. Dengan catatan, asalkan target kerja yang sebelumnya memang sudah dievaluasi serta ditemukannya fakta bahwa memang terlalu berat. Dengan pertimbangan dan perhitungan matang yang sudah didiskusikan dengan orang kepercayaan, maka anda dapat menurunkan sedikit target kerja dengan mempertimbangkan berbagai resiko.

Membantu Menyelesaikan Konflik Karyawan

Cara keempat ini bisa anda terapkan pada karyawan yang berhenti kerja jika memang benar penyebabnya adalah konflik. Memang di tempat kerja manapun pasti ditemukan karyawan yang terlibat konflik. Biasanya akan ada salah satu yang tidak kuat sehingga memutuskan untuk resign. Disini anda harus berperan sebagai penengah untuk menyelesaikan masalah. Pastikan anda bisa menawarkan win-win solution kepada keduanya yang terlibat konflik.

Meyakinkan Karyawan Untuk Tetap Tinggal

Cara terakhir ini memang tidak begitu bisa diharapkan untuk mencegah karyawan ingin berhenti kerja. Jika alasannya resign karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dan gaji lebih tinggi, maka akan lebih baik jika mengizinkannya untuk pergi ke tempat baru. Anda boleh saja meyakinkan bahkan merayunya agar tetap tinggal. Namun jika niatnya sudah bulat, sebaiknya di ikhlaskan saja. Ini akan membuat anda dan dia sama-sama lebih baik.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan guna menahan karyawan yang ingin resign. Melihat karyawan ingin berhenti kerja rasanya pasti sangat berat terlebih jika posisinya sangat penting dalam perusahaan. Mencoba "merayunya" untuk tetap tinggal memang wajar dilakukan agar kondisi perusahaan tetap stabil. Namun agar bisa menahannya, anda harus mencari tahu dulu apa sebabnya. Jika sudah tahu akar permasalahannya, maka anda akan lebih mudah untuk membujuk karyawan tersebut agar tidak berhenti kerja.

Karyawan Ingin Berhenti Kerja? Ini Penyebab & Cara Menahannya