Jangan Panik! Ini 5 Tips Menghadapi Atasan Yang Marah

Menjadi karyawan memang harus menghadapi berbagai macam dinamika pekerjaan. Entah itu dari faktor eksternal maupun internal. Salah satunya adalah kamu harus menghadapi atasan yang marah. Biasanya bos yang marah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pekerjaan yang tak kunjung selesai, pelayanan yang buruk, bahkan karyawan yang melakukan kesalahan fatal.

Menemui atasan yang marah adalah hal yang lumrah dalam dunia pekerjaan. Pimpinan di tempat kerjamu juga manusia biasa yang pasti memiliki ketidakstabilan emosi jika menemukan hal yang tidak ia kehendaki. Sebagai bawahan, tugas kamu sebenarnya hanyalah membuatnya sedikit tenang agar semua akar permasalahannya bisa ditemukan dan dicari solusinya. Dengan begini kamu bisa terhindar dari resiko pemberhentian kerja.

Jangan Panik! Ini 5 Tips Menghadapi Atasan Yang Marah

Menghadapi atasan yang marah tidak boleh dilakukan dengan panik. Jika panik saat menghadapi bos yang sedang emosi, salah-salah kamu malah membuat dia semakin tambah marah. Oleh karena itu, sikap tenang memang sangat dibutuhkan supaya kamu tetap bisa berpikir jernih dalam mengambil langkah. Namun, beberapa bawahan salah dalam menghadapi dengan tidak bersabar dan memaksa mencari solusi pada saat situasi yang sedang memanas.

5 Tips Menghadapi Atasan Yang Marah Akibat Kesalahanmu

Kamu tidak perlu takut dan khawatir dengan kejadian buruk yang akan menimpamu karena sudah membuat bos menjadi emosi akibat dari kesalahanmu. Daripada berpikiran negatif lebih baik kamu cari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Kamu bisa menerapkan beberapa tips untuk menghadapi atasan yang marah akibat kesalahanmu berikut ini.

Jangan Langsung Panik

Hal pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan  adalah tidak boleh panik. Ketika panik saat menghadapi atasan yang marah, kamu tidak akan bisa berfikir jernih dalam bertindak. Malahan dapat memberi dampak buruk padamu karena berpotensi membuat kesalahan lebih besar lagi. Sebisa mungkin tenangkan hati dan pikiramu ketika berhadapan dengan atasan yang marah. Sikap tenang akan membuatmu bisa menghadapinya dengan baik.

Segera Minta Maaf

Kedua, jika kamu memang merasa bersalah sebaiknya segera minta maaf. Menghadapi atasan yang marah tidak bisa kamu lakukan tanpa minta maaf terlebih dahulu. Biasanya kejujuranmu dan ketulusanmu dalam meminta maaf akan lebih dihargai. Cara ini kemungkinan besar dapat membuat bosmu jadi lebih tenang. Setelah itu, berjanjilah untuk tidak mengulangi perbuatanmu dan juga buatlah komitmen tanggung jawab atas kesalahanmu tersebut.

Dengarkan Apapun Keluh Kesahnya

Setiap atasan yang marah memiliki sifat yang beda-beda dalam mengekspresikan emosinya. Jika ia termasuk tipikal orang yang cerewet sebaiknya dengarkan saja apapun keluh kesahnya. Kamu tidak usah mengeluarkan kata-kata apapun sampai ia mengajukan pertanyaan untukmu. Dengan membiarkan ia mengekspresikan emosinya, biasanya ketika sudah selesai rasa marahnya akan sedikit mereda. Dengan syarat atasan kamu tidak berlebihan dan tidak sampai megeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

Sadari Kesalahan Yang Kamu Buat

Kesalahan memang tidak dapat ditutup-tutupi apalagi jika sudah diketahui oleh orang lain. Maka hal paling baik yang bisa kamu pilih adalah menyadari kesalahan tersebut. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan perlakuan lebih baik ketik menghadapi atasan yang marah. Seorang karyawan yang menyadari kesalahan dan akan mencoba jadi lebih baik biasanya akan membuat hati bosnya menjadi lebih tenang.

Jangan Protes Terlebih Dahulu

Cara selanjutnya untuk menghadapi atasan yang marah adalah dengan tidak mengeluarkan kata-kata protes terlebih dahulu. Tahan semua sanggahanmu ketika atasanmu sedang marah meskipun itu kamu gunakan untuk membela diri. Pernyataan yang kontra justru dapat membuat situasi jadi lebih panas. Lebih baik kamu berdiam dulu dalam beberapa waktu hingga muncul kesempatan untuk berbicara.

Beri Waktu Dia Agar Lebih Tenang

Selain menahan diri dari protes seperti yang sudah dijelaskan diatas, langkah kamu selanjutnya untuk menghadapi atasan yang marah adalah dengan memberinya waktu untuk menenangkan diri. Ini adalah langkah penting untuk membuat suasana menjadi lebih baik. Setinggi apapun rasa amarah seseorang pasti akan reda seiring berjalannya waktu. Begitu juga dengan atasanmu yang emosinya sedang naik.

Baca Juga:

  1. 6 Cara Mudah Mengatasi Stress Dan Bosan Akibat Pekerjaan
  2. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya
  3. 8 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat


Bicarakan  Jika Keadaan Sudah Kondusif

Ketika semua sudah kondusif, kamu bisa coba untuk membicarakan semuanya. Menghadapi atasan yang marah memang harus ekstra sabar. Salah satunya adalah dengan menunggu keadaan menjadi lebih dingin. Berdiskusi dengan kepala dingin seperti ini akan membuat kedua belah pihak lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan solusi terbaik.

Perbaiki Kesalahanmu

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan ketika menghadapi atasan yang marah adalah dengan memperbaiki diri. Berjanjilah dan mintalah waktu yang  cukup kepadanya untuk memperbaiki kesalahan yang sudah kamu perbuat. Namun kamu jangan menyia-nyiakan kesempatan ini, buktikan kepadanya jika kamu memang memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi.

Penutup

Itulah beberapa tips untuk menghadapi atasan yang sedang marah karena kesalahan yang kamu perbuat. Kamu tidak perlu merasa terpuruk ketika melakukan kesalahan dalam bekerja sehingga membuat bos emosi. Setiap orang pasti pernah melakukan salah, sehingga itu adalah hal wajar jika cuma sekali dua kali. Yang jelas, kamu harus mencoba untuk jadi lebih baik.

Jangan Panik! Ini 5 Tips Menghadapi Atasan Yang Marah