Mudah dan Murah! Begini 7 Cara Promosi Usaha Laundry Kiloan

Laundry kiloan menjadi salah satu bisnis jasa cuci pakaian yang paling banyak dijalankan di berbagai daerah mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Meski banyak orang yang butuh jasa laundry, namun terkadang pemilik usaha ini kesulitan dalam mencari pelanggan karena cara pemasaran yang kurang baik. Jika mau mempelajari, sebenarnya ada banyak strategi promosi usaha laundry kiloan yang mudah dan murah. Sehingga bisa digunakan untuk menjangkau pasar secara lebih luas.

Promosi adalah salah satu bagian yang paling sulit dalam bisnis. Hampir separuh dari bisnis yang berhasil terletak pada cara promosi dan pemasaran yang tepat. Hal ini berlaku untuk bisnis apapun, begitu juga dengan bisnis laundry. Perencanaan cara promosi usaha laundry kiloan yang matang dan tepat sasaran akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Namun sayang, hingga saat ini banyak pengusaha jasa cuci-cuci ini yang masih apatis terhadap cara pemasaran mereka. Akibatnya, tidak sedikit yang harus gulung tikar.

 7 Cara Promosi Usaha Laundry Kiloan

Cara Promosi Usaha Laundry Kiloan Yang Efektif Agar Banyak Pelanggan

Memiliki banyak pelanggan adalah dambaan setiap pelaku bisnis. Semakin banyak pelanggan yang menaruh kepercayaan maka akan semakin baik kondisi kesehatan bisnis itu sendiri. Demikian pula pada bisnis laundry, semakin banyak pelanggan maka akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh. Agar bisa memperoleh banyak pelanggan dan menjangkau pemasaran lebih luas, perlu dilakukan cara promosi usaha laundry kiloan secara khusus dengan beberapa langkah seperti berikut ini

Gunakan Papan Nama Yang Besar

Langkah pertama yang bisa kamu terapkan untuk promosi usaha laundry adalah dengan membuat papan nama. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan papan nama yang besar didepan tempat usaha laundry tersebut. Kenapa harus besar? Karena fungsinya adalah menarik perhatian siapa saja yang lewat. Ini adalah cara pemasaran konvensional namun sangat efektif. Membiasakan orang untuk membaca dan melihat tempat usaha kamu akan membuat mereka lama-kelamaan menjadi penasaran dan menanamkannya pada ingatan.

Buat Penawaran Menarik Pada Pelanggan

Salah satu cara promosi paling banyak dilakukan dalam bisnis adalah memberikan penawaran yang menarik pada pelanggan. Untuk promosi usaha laundry kiloan sendiri, kamu dapat membuat beberapa penawaran seperti diskon untuk pencucian dalam jumlah tertentu, gratis cuci satu kilo untuk setiap sepuluh kilo, jasa setrika murah dan lain sebagainya. Yang jelas, cobalah untuk membuat penawaran semenarik mungkin kepada para pelanggan yang ada disekitarmu.

Berikan Pelayanan Lebih Pada Pelanggan

Selain memberikan penawaran menarik, kamu juga harus bisa membuat inovasi dalam pelayanan. Ini adalah salah satu cara promosi usaha laundry yang dapat menarik pelanggan lebih banyak. Contoh beberapa pelayanan menarik untuk pelanggan seperti cuci satu hari jadi, setrika dalam waktu 2 jam, gratis antar dan jemput, jaminan barang tidak tertukar dengan pelanggan lain dan sebagainya. Cari dan pikirkan sebuah pelayanan uang kemungkinan cocok untuk diterapkan pada usaha laundry milikmu.

Manfaatkan Media Sosial Instagram

Media sosial saat ini menjadi salah satu tempat promosi gratis paling banyak digunakan oleh para pengusaha kecil hingga besar. Salah satu yang memiliki basis besar adalah Instagram. Sosmed yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk media promosi usaha laundry kiloan dalam rangka menarik lebih banyak pelanggan. Caranya silahkan buat akun khusus promosi laundry, lalu upload berbagai aktivitas yang berkaitan dengan proses serta keunggulan servis jasa laundry milikmu.

Promosi di Grup Facebook Lokal

Selain sosial media Instagram seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan Facebook untuk promosi usaha laundry kiloan. Dibanding Instagram, Facebook lebih fleksibel. Tidak hanya upload kegiatan laundry di timeline, namun kamu juga bisa promosi di grup-grup lokal yang memiliki banyak anggota. Cara ini lebih praktis dan efektif untuk mendapatkan pelanggan dalam waktu yang cepat. Semakin banyak grup yang kamu jangkau, maka akan semakin baik.

Baca Juga:
  1. 6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli
  2. 7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi
  3. Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram

Kerjasama Dengan Pemilik Kost

Selanjutnya, kamu bisa melakukan promosi usaha laundry kiloan dengan melakukan kerjasama. Partner yang paling cocok adalah para pemilik rumah kost yang ada di daerahmu. Bentuk kerjasama yang bisa kamu gunakan bagi hasil. Sebagai gambaran, pemilik kost menawarkan jasa laundry kepada para penghuni. Jika banyak yang tertarik, maka seluruh pakaian kotor ditampung di rumah pemilik kost yang kemudian kamu ambil setiap hari untuk dikerjakan. Hasilnya dibagi dua, besarnya sesuai kesepakatan.

Buka Cabang di Tempat Lain

Cara lain promosi usaha laundry yang bisa kamu terapkan agar bisnis jasa ini semakin besar adalah dengan membuka cabang di tempat lain. Dengan catatan, cara ini boleh kamu lakukan jika usaha laundry yang pertama sudah mapan dari segi keuangan, pelanggan dan tenaga kerja. Membuka cabang ditempat lain akan membuat jasa laundry menjadi dikenal banyak orang karena seakan-akan ada dimana-mana. Semakin banyak dikenal orang, maka akan semakin banyak pelanggan yang terjaring.

Pakai Jasa Iklan di Media Lokal

Pilihan terakhir dalam melakukan promosi usaha laundry adalah dengan memakai jasa iklan di media lokal. Dengan syarat jika kamu sudah punya anggaran promosi sendiri. Penulis menyarankan untuk memasang iklan di media online seperti portal berita lokal, selebgram lokal, atau grup facebook lokal yang menawarkan iklan berbayar. Jika ada anggaran lebih, kamu bisa memakai iklan banner yang dipasang di pinggir jalan-jalan protokol. Namun, kamu perlu membayarkan pajak reklame terlebih dahulu kepada pemda.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara promosi usaha laundry kiloan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Promosi adalah hal penting dalam berbisnis karena dapat menentukan sebuah keberhasilan. Tak heran jika banyak perusahaan besar berani menggelontorkan dana besar untuk pemasaran. Namun untuk usaha kecil seperti laundry, ada cara tertentu yang lebih mudah dan murah seperti yang sudah disebutkan diatas.

Mudah dan Murah! Begini 7 Cara Promosi Usaha Laundry Kiloan