Tahapan Sidang Skripsi: Ini Proses Yang Harus Kamu Lakukan

Skripsi adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa agar dapat memperoleh gelar sarjana. Biasanya proses skripsi dilakukan setelah menempuh berbagai mata kuliah dengan jumlah tertentu sesuai dengan bidang studi yang diambil. Tahapan sidang skripsi harus dilakukan secara runtut supaya memenuhi kriteria kelulusan. Proses sidang skripsi dalam setiap kampus berbeda tergantung pada ketentuan masing-masing. Namun perbedaan itu tidak jauh berarti antara satu dan lainnya.

Tahapan Sidang Skripsi: Ini Proses Yang Harus Kamu Lakukan

Terkadang proses sidang skripsi dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi para mahasiswa. Wajar jika diantara mereka banyak yang gugup, berdebar, hingga grogi ketika sudah mulai mencapai fase ini. Rasa was-was karena takut tidak lulus sidang bisanya selalu menghantui. Padahal sebenarnya, sidang skripsi itu tidak semenakutkan yang mereka pikirkan. Asalkan mengikuti tahapan sidang skripsi dengan baik, biasanya mahasiswa akan bisa lulus meskipun dengan revisi.

Proses dan Tahapan Sidang Skripsi Yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Buat kamu para mahasiswa yang masih semester awal ataupun tengah-tengah. Pasti banyak yang masih bingung seperti apa sih proses dan tahapan sidang skripsi itu. Sebenarnya sidang skripsi hampir mirip dengan presentasi atau seminar. Namun para mahasiswa memaparkan hasil karya tulis skripsinya dihadapan para dosen untuk diuji originalitasnya. Tahapan dan proses selengkapnya, silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Menyelesaikan Skripsi Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam memulai tahapan sidang skripsi adalah dengan menyelesaikan karya tulis skripsi terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah mendapat tanda-tangan persetujuan dari para dosen pembimbingmu. Jika belum, maka kamu masih harus melakukan proses revisi atau perbaikan sebelum skripsimu siap untuk dipresentasikan. Agar skripsi cepat selesai kamu bisa baca artikel tentang Tips Cepat Mengerjakan Skripsi yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Membayar Biaya Administrasi

Jika skripsi yang kamu susun sudah siap dengan mendapat tanda-tangan persetujuan dari para dosen pembimbing, maka kamu harus segera membayar biaya administrasi supaya dapat mengikuti proses atau tahapan sidang skripsi berikutnya. Besaran biaya sidang skripsi setiap kampus dan jurusan berbeda-beda. Berapapun biaya administrasinya, yang jelas kamu harus segera membayarnya supaya dapat mengikuti sidang.

Merangkum dan Menguasai Isi Skripsi

Tahapan sidang skripsi selanjutnya adalah mahasiswa merangkum dan menguasai isi skripsi. Apa fungsinya? Silahkan simak penjelasannya setelah poin ini, kamu akan paham dengan sendirinya. Akan ada banyak kejadian tak terduga yang bisa saja kamu alami selama proses sidang skripsi. Maka dari itu merangkum dan menguasai materi menjadi salah satu persiapan yang sangat penting sehingga tidak boleh dilewatkan. Persiapan ini juga dapat menentukan kelulusan kamu dalam sidang tersebut.

Membuat Slide Presentasi Dengan Baik

Manfaat merangkum dan menguasai materi seperti yang dibahas diatas yang pertama adalah kamu dapat membuat slide presentasi dengan baik karena sudah tahu poin-poinnya. Dalam proses atau tahapan sidang skripsi yang satu ini kreatifitasmu dalam menyajikan materi dipertaruhkan. Membuat slide presentasi yang paling baik adalah terlihat jelas, gunakan ukuran huruf yang besar serta tampilkan poin-poin penting. Menaruh teks panjang dalam slide hanya akan membuatmu susah sendiri.

Menjabarkan Skripsi Dalam Presentasi

Manfaat merangkum dan menguasai materi yang kedua adalah kamu akan menjadi lebih mudah ketika menjabarkan materi dalam proses sidang skripsi. Tahapan sidang skripsi yang satu ini menguji mental dan penguasaan materi. Kamu harus bisa membuat para penguji terkesan dengan apa yang kamu sampaikan. Usahakan untuk tidak membahan materi yang kurang kamu pahami karena menimbulkan pertanyaan dari penguji yang akan sulit kamu jawab.

Baca Juga:
  1. Awas! Ini 7 Masalah Saat KKN Yang Sering Dialami Mahasiswa
  2. Wow! Ini 8 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Grogi Saat Presentasi
  3. 7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah

Menjawab Pertanyaan Penguji Secara Jelas

Sesi terakhir dalam tahapan sidang skripsi adalah menjawab pertanyaan dari para dosen penguji. Seluruh pertanyaan yang diberikan kepadamu adalah seputar skripsi dan presentasi yang kamu lakukan. Menjawab pertanyaan penguji dalam proses sidang sebaik ya dilakukan secara lugas dan jelas agar pembimbing yakin bahwa kamu benar-benar menguasai skripsi tersebut. Usahakan untuk menjawab secara relevan.

Melakukan Revisi Jika Dibutuhkan

Tahapan sidang skripsi yang terakhir adalah melakukan revisi jika kamu lulus dengan syarat revisi. Ini adalah hal umum yang terjadi dalam proses sidang skripsi. Setelah sidang sebaiknya kamu segera melakukan revisi pada bagian-bagian yang ditandai oleh penguji. Jika kamu sudah selesai revisi dan dinyatakan lulus, maka kamu berhak mengikuti prosesi wisuda untuk mendapatkan gelar sarjana secara sah.

Penutup

Itulah beberapa tahapan dalam sidang skripsi yang perlu kamu ketahui. Agar dapat lulus dari proses sidang skripsi, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik entah itu dari segi mental, fisik, materi, hingga cara penyampaian kepada para penguji. Sidang skripsi jangan dijadikan sebagai momok yang menakutkan karena dapat membuat mental kamu terganggu. Sebaiknya, lalu prosesnya dengan santai namun bersungguh-sungguh. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan hasil maksimal serta lulus dengan nilai terbaik.

Tahapan Sidang Skripsi: Ini Proses Yang Harus Kamu Lakukan